Sukses

Makanlah Kiwi dengan Kulitnya, Ini Manfaatnya

Buah kiwi memiliki rasa yang asam sekaligus menyegarkan. Tapi, pernahkah Anda membayangkan makan kiwi bersama dengan kulitnya?

Klikdokter.com, Jakarta Mengonsumsi apel utuh tanpa dikupas adalah sesuatu yang tidak perlu diperdebatkan lagi karena memang diperbolehkan. Tapi bagaimana dengan makan kiwi beserta kulitnya yang berbulu itu? Apa bisa?

Selama ini Anda mungkin makan kiwi dengan mengupasnya terlebih dahulu. Tak terbayangkan tentunya memakan buah kiwi bersama dengan kulitnya yang berbulu itu. Tapi ternyata, kulit kiwi bisa dimakan dan manfaatnya luar biasa bagi kesehatan.

"Ya, makan kulit kiwi termasuk aman," ujar Maggie Moon, R.D., seorang ahli gizi dan penulis The MIND Diet, dilansir Women’s Health. Namun, seperti halnya buah atau sayuran lainnya, Anda tentu harus mencuci dulu kulitnya.

"Untuk makan kiwi, cuci dan telan semuanya bersama kulitnya, itu menaikkan serat hingga 50 persen," tambah Moon. Menurutnya, serat yang ada di kulit kiwi membuat Anda kenyang sehingga membantu menurunkan berat badan, dan secara alami menurunkan kolesterol “jahat” (LDL).

Moon juga menjelaskan bahwa kulit kiwi mengandung beberapa folat, nutrisi penting yang membantu mencegah cacat lahir tertentu dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Anda juga akan mendapatkan antioksidan vitamin E, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah sakit dan memperbaiki kondisi kulit.

Cara memakan buah kiwi

Makanlah seluruh kiwi Anda seperti apel, telan daging buah dan kulit secara bersamaan! Kata Moon, itu adalah bagian dari menikmati manfaat buah kiwi. Kulit kiwi yang berwarna hijau standar memiliki tekstur fuzzy (keriting, halus, atau berjumbai) dengan rasa ringan.

Jika Anda ingin kulit yang terlalu intens untuk dimakan, carilah kiwi emas atau kuning. Menurut Moon, varietas-varietas ini memiliki kulit yang lebih halus dan tipis sehingga lebih enak untuk dimakan. Anda pun tidak akan merasa seperti mengunyah rambut-rambut.

Jika Anda merasa tidak siap untuk memakan kiwi seperti memakan apel, ada pilihan lain. Moon menyarankan Anda untuk memotong kecil-kecil kiwi agar kulitnya tak begitu terasa saat digigit, lalu mencampurnya dengan salad.

Selain kulit, Anda juga bisa makan inti kiwi. "Ini bagian yang paling lembut dan paling manis dari buahnya, dan akan sangat sayang jika Anda melewatkannya," ujar Moon.

Kemudian Moon menyarankan variasi lain dalam menikmati kiwi dan kulitnya. Dia menyebut bahwa masukkan saja seluruh kiwi ke dalam blender sebagai bagian dari smoothie pagi Anda.

Smoothie adalah penyeimbang yang hebat untuk cita rasa dan tekstur kiwi yang asam menantang. Masukkan kiwi utuh ke blender Anda, bersama dengan setengah cangkir susu almon, setengah cangkir yoghurt, pisang matang kecil, dan aduk hingga lembut dan lembut," pungkas Moon.

Nah, itu adalah khasiat dari buah kiwi sekaligus kulitnya. Bagi Anda yang memiliki alergi kiwi, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri. Ya, ada banyak kasus alergi kiwi dengan gejala mulut gatal-gatal. Mereka yang punya sindrom alergi oral dan riwayat batu ginjal juga perlu menjauhi kiwi.  

Jadi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tersebut dan belum yakin dengan khasiat memakan kulit kiwi, jangan memaksakan diri. Tapi untuk Anda yang tak punya keluhan apa pun, pemberani sekaligus penasaran, silakan mencoba dan rasakan manfaatnya!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar