Sukses

Bebas Drama Sakit Perut Saat Joging di Car Free Day

Sangat tidak enak tentunya saat sedang joging di Car Fee Day Anda mengalami sakit perut. Cari tahu cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Hari Minggu harinya car free day (CFD)! Biasanya, sejak sebelum matahari terbit warga sudah bersiap-siap berangkat untuk beraktivitas fisik. Saat CFD, ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan, mulai dari lari, jalan sehat, berbagai macam senam, bersepeda, hingga yoga. Jika Anda memilih untuk melakukan olahraga intensitas ringan seperti joging, waspadalah pada sakit perut yang bisa timbul saat lari. Yuk cari tahu langkah apa yang bisa dilakukan agar bebas sakit perut saat joging di CFD!

Sebagian orang pernah mengalami sakit perut saat joging. Tentunya ini tidak nyaman, dengan perut terasa seperti ditusuk karena nyeri yang cukup hebat. Tak jarang, sakit perut ini harus memaksa Anda untuk berhenti berlari.

Ketika sakit perut menyerang saat joging, Anda akan butuh waktu hingga nyeri tersebut hilang. Kondisi ini bisa berdampak pada mood Anda untuk melanjutkan olahraga. Maka dari itu, kenalilah penyebab dan cara mengatasi sakit perut yang bisa muncul kala berlari ini, sehingga Anda bisa terus joging sampai jarak tempuh sudah yang direncanakan.

Penyebab timbulnya sakit perut saat joging

Dikatakan oleh dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, sakit perut saat lari biasanya dirasakan di perut bagian samping dan tengah.

  1. Sakit perut samping

Hampir sebagian besar orang yang pernah lari pernah merasakan sakit perut samping yang juga disebut sebagai side stitch. Sakit perut samping ini biasanya dirasakan di perut sebelah kanan. Menariknya, pelari profesional pun masih bisa mengalami ini saat berlari.

Menurut dr. Reza, penyebab utama nyeri perut bagian samping saat berlari adalah perenggangan dari jaringan ikat yang terdapat dalam perut. Selain itu, gangguan elektrolit dalam darah juga dapat menyebabkan nyeri perut samping pada pelari.

  1. Sakit perut bagian tengah

Sakit perut bagian tengah juga sering melanda para pelari. Nyeri perut pada bagian tengah ini biasanya terjadi akibat pola napas yang salah. Pola napas selama berlari harusnya mengikuti ritme lari untuk mengurangi risiko kram pada perut.

Selain itu, makan dan minum terlalu banyak sebelum lari juga meningkatkan kemungkinan Anda mengalami sakit perut saat berlari akibat perenggangan lambung. Saat Anda berlari, sebagian besar darah akan menuju otot, sehingga darah yang menuju saluran pencernaan untuk mencerna makanan akan berkurang. Akibatnya, dapat terjadi gangguan pencernaan. Dalam kondisi tersebut, Anda akan lebih mudah kembung dan sakit perut selama berlari.

1 dari 2 halaman

Agar tidak sakit perut saat joging, lakukan ini!

Langkah paling utama agar Anda tidak mengalami sakit perut saat joging adalah dengan melakukan pemanasan yang tepat. Pemanasan tak hanya berfokus pada otot-otot kaki saja, tetapi juga meliputi perut agar otot-otot perut dan jaringan ikat di dalamnya dapat meregang dengan baik sebelum berlari.

Tak hanya itu, dr. Reza juga menyarankan Anda untuk mengatur pernapasan dengan baik demi mencegah nyeri perut saat joging. Caranya, tarik napas dalam-dalam beberapa kali sebelum mulai joging. Selama mulai joging, atur napas Anda, kemudian letakkan tangan pada bagian perut. Rasakan naik dan turunnya perut saat Anda mengatur napas selama berlari.

Selain yang teknis seperti yang disebutkan di atas, apa yang Anda konsumsi sebelum joging juga perlu diperhatikan. Hindari terlalu banyak makan dan minum sesaat sebelum joging. Makan berat dan banyak minum sebaiknya dilakukan paling cepat 2 jam sebelum joging, sehingga saat joging tiba lambung sudah kembali kosong. Makanan yang dianjurkan adalah makanan sehat yang terdiri dari buah dan sayur untuk menunjang performa dan mengurangi risiko sakit perut saat joging.

Mendekati waktu joging, konsumsilah makanan dalam porsi sedikit seperti beberapa potong buah. Tak hanya itu, pastikan kebutuhan cairan Anda cukup sebelum joging dengan minum air putih yang cukup, yakni sekitar 500 ml (ingat, lakukan ini 2 jam sebelum mulai joging). Selama berlari, Anda disarankan untuk minum 50-100 ml air putih setiap 15 menit.

Jika perut sakit saat joging, atasi dengan cara ini

Kalau berbagai langkah pencegahan sudah dilakukan tapi Anda tetap merasakan sakit perut saat lari, kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

Pertama-tama, turunkan kecepatan Anda dari joging hingga berjalan. Untuk mengatasi sakit perut samping, tarik napas dalam-dalam selama 5 menit. Kemudian, usahakan untuk mengeluarkan udara dari dalam lambung dengan berserdawa untuk mengurangi rasa sakit perut akibat timbunan gas dalam lambung. Beristirahatlah sejenak dan minum yang cukup untuk mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Apa pun aktivitas fisik yang dilakukan saat car free day, termasuk joging, akan sangat mengasyikkan dan tentunya menyehatkan. Apalagi jika dilakukan bersama dengan teman atau keluarga! Karena banyak menyerang pelari, pastikan Anda mengantisipasi terjadinya sakit perut saat joging dengan baik, sehingga Anda bisa mencapai target jarak tempuh yang Anda rencanakan dengan nyaman.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar