HomeGaya hidupPerawatan Pria5 Hal Ini Bisa Bikin Penis Mengecil
Perawatan Pria

5 Hal Ini Bisa Bikin Penis Mengecil

Rieke Saras, 19 Okt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain karena udara dingin, penis juga bisa mengecil karena lima hal ini!

5 Hal Ini Bisa Bikin Penis Mengecil

Selain bisa membesar seperti saat ereksi, penis juga dapat menciut. Ada banyak faktor yang menyebabkan penis mengecil, mulai dari usia hingga kondisi kesehatan tertentu. Namun, kondisi penis mengecil ini bisa lho diatasi jika kamu mengetahui penyebabnya.

Dilansir Healthline dan Tonic Vice, berikut lima hal yang dapat menyebabkan ukuran penis berkurang dari waktu ke waktu.

Faktor Penyebab Penis Mengecil

Beberapa kondisi dapat menyebabkan ukuran penis membesar dan mengecil. Normalnya, ukuran penis berkisar antara 9,3 sampai 17,9 cm. Namun seiring bertambahnya usia, ukuran penis bisa semakin mengecil.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan ukuran penis pria mengecil:

1. Penuaan

Semakin bertambahnya usia, penis dan testikel kamu akan menjadi sedikit lebih kecil. Mungkin bisa menciut hingga 5 atau 5 ½ inci ketika mencapai usia 60-an atau 70-an. Hal ini dipicu oleh penumpukan deposit lemak di arteri yang mengurangi aliran darah ke penis.

2. Luka kecil yang berulang

Luka kecil pada penis yang berulang, misalnya saat aktivitas seks atau olahraga, dapat menyebabkan jaringan parut menumpuk. Hal ini juga bisa mengurangi ukuran penis sekaligus ukuran ereksi.

Artikel Lainnya: Faktor yang Memengaruhi Ukuran Penis Pria

3. Kegemukan

Jika berat badan kamu bertambah, terutama di sekitar perut bagian bawah, penis mungkin akan terlihat lebih pendek. Itu karena tumpukan tebal lemak mulai menyelimuti batang penis. Pada pria yang sangat gemuk atau obesitas, lemak bahkan dapat menutupi sebagian besar penis.

4. Operasi prostat

Hingga 70 persen pria mengalami pemendekan penis setelah menjalani operasi pengangkatan kelenjar prostat. Prosedur ini disebut dengan prostatektomi radikal. Namun, para ahli belum tahu mengapa penis jadi memendek setelah tindakan tersebut. Salah satu penyebabnya mungkin karena kontraksi otot yang abnormal di selangkangan pria yang menarik penis lebih jauh ke dalam tubuh.

5. Memiliki penyakit Peyronie

Pada penyakit Peyronie, penis akan sangat melengkung sehingga membuat hubungan seksual menjadi menyakitkan atau bahkan tidak bisa melakukannya sama sekali. Peyronie tak hanya dapat mengurangi panjang penis, tetapi juga ketebalannya.

Cara Mengatasi Penis yang Semakin Mengecil

Untuk menangani penis yang mengecil, kamu harus tahu dulu penyebab di baliknya. Jika karena penuaan, ketahuilah bahwa fungsi ereksi tetap dapat dijaga dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

Artikel Lainnya: Amankah Memperbesar Penis dengan Minyak Kayu Putih?

Memelihara fungsi ereksi penting karena dapat mengisi penis dengan darah kaya oksigen, sehingga mencegah penis memendek.

Jika penis mengecil akibat operasi pengangkatan prostat, kamu harus bersabar dan menunggu. Dalam banyak kasus, penis yang memendek ini akan kembali ke bentuknya yang semula dalam 6 hingga 12 bulan.

Sementara pada penyakit Peyronie, kamu dapat mengurangi atau menghilangkan jaringan parut di bawah permukaan penis dengan obat-obatan, operasi, ultrasound, dan langkah-langkah lainnya.

Jadi, ingin penis sehat dan tidak mengecil sebelum waktunya? Terapkanlah pola hidup sehat dalam keseharian kamu. Jika memang memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan ukuran penis mengecil atau berubah, jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter agar dapat ditangani.

[RS/ RVS]

prostatereksiPriaPeniskelenjar prostatPenis MengecilObesitas

Konsultasi Dokter Terkait