Sukses

5 Hal Ini Bisa Bikin Penis Mengecil

Selain karena udara dingin, penis juga bisa mengecil karena lima hal ini!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian besar pria, penis adalah segalanya. Urusan penis yang tiba-tiba mengecil pun bisa jadi persoalan hidup dan mati. Ya, selain bisa membesar seperti saat ereksi, penis juga dapat menciut. Ada banyak faktor yang membuat penis mengecil.  Dilansir Healthline dan Tonic Vice, berikut lima hal yang dapat menyebabkan ukuran penis Anda berkurang.

  1. Penuaan

Semakin bertambahnya usia, penis dan testikel Anda akan menjadi sedikit lebih kecil. Mungkin bisa menciut hingga 5 atau 5 ½ inci ketika mencapai usia 60-an atau 70-an. Hal ini dipicu oleh penumpukan deposit lemak di arteri yang mengurangi aliran darah ke penis.

  1. Luka kecil yang berulang

Luka kecil yang terjadi secara berulang pada penis, misalnya saat aktivitas seks atau olahraga, dapat menyebabkan jaringan parut menumpuk. Hal ini juga bisa mengurangi ukuran penis sekaligus ukuran ereksi.

  1. Kegemukan

Jika berat badan Anda bertambah, terutama di sekitar perut bagian bawah, penis mungkin akan terlihat lebih pendek. Itu karena tumpukan tebal lemak mulai menyelimuti batang penis Anda. Pada pria yang sangat gemuk atau obesitas, lemak bahkan dapat menutupi sebagian besar penis.

  1. Operasi prostat

Hingga 70 persen pria mengalami pemendekan penis setelah menjalani operasi pengangkatan kelenjar prostat. Prosedur ini disebut dengan prostatektomi radikal. Namun, para ahli belum tahu mengapa penis jadi memendek setelah tindakan tersebut. Salah satu penyebabnya mungkin karena kontraksi otot yang abnormal di selangkangan pria yang menarik penis lebih jauh ke dalam tubuh.

  1. Memiliki penyakit Peyronie

Pada penyakit Peyronie, penis akan sangat melengkung sehingga membuat hubungan seksual menjadi menyakitkan atau bahkan tidak bisa melakukannya sama sekali. Peyronie tak hanya dapat mengurangi panjang penis, tetapi juga ketebalannya.

Penanganan untuk penis mengecil

Untuk menangani penis yang mengecil, Anda harus tahu dulu penyebab di baliknya. Jika karena penuaan, ketahuilah bahwa fungsi ereksi tetap dapat dijaga dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, dan menghindari konsumsi alkohol secara berlebih. Memelihara fungsi ereksi penting karena ereksi mengisi penis dengan darah kaya oksigen, sehingga mencegah penis memendek.

Jika penis mengecil akibat operasi pengangkatan prostat, Anda harus bersabar dan menunggu. Dalam banyak kasus, penis yang memendek ini akan kembali ke bentuknya yang semula dalam 6 hingga 12 bulan.

Sementara pada penyakit Peyronie, Anda dapat mengurangi atau menghilangkan jaringan parut di bawah permukaan penis dengan obat-obatan, operasi, ultrasound, dan langkah-langkah lainnya.

Dalam menjaga kesehatan penis dan mencegahnya mengecil sebelum waktunya (misalnya karena faktor usia), sebenarnya tak terlalu sulit. Gaya hidup sehat tentunya harus diterapkan dengan konsisten, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga rutin, mengelola stres dengan baik, menghindari rokok dan membatasi asupan alkohol, dan sebagainya.

Oya, jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan penis. Jika Anda belum disunat, bersihkanlah kulup penis secara rutin dengan sabun dan air mengalir. Hal ini penting karena tak hanya menjaga kesehatan seksual Anda, tetapi juga pasangan.

Jadi, ingin penis Anda sehat dan tidak mengecil sebelum waktunya? Terapkanlah pola hidup sehat dalam keseharian Anda. Jika memang Anda memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan ukuran penis mengecil atau berubah, jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter agar dapat ditangani.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar