Sukses

6 Hal yang Harus Ada di Tas Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Pastikan beberapa perlengkapan ibu hamil menjelang persalinan ini sudah masuk ke dalam tas yang akan Anda bawa ke rumah sakit.

Klikdokter.com, Jakarta Momen kelahiran bayi tentunya menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi Anda para ibu hamil. Memesan ruang inap, menata kamar bayi, dan bebagai persiapan menjelang persalinan sudah dilakukan. Tapi, coba Anda cek sekali lagi, apakah perlengkapan yang dibutuhkan sudah masuk semua ke dalam tas bersalin?

Persiapkan barang-barang ini

Memasuki trimester ketiga kehamilan, sebagai calon ibu dan ayah, Anda bersama pasangan sebaiknya melakukan persiapan untuk menyambut kehadiran bayi. Meskipun tanggal kelahiran telah ditetapkan oleh dokter kandungan dan kebidanan, akan lebih baik bila Anda mempersiapkan tas bersalin sedini mungkin.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang sebaiknya ada di dalam tas bersalin Anda, selain berbagai dokumen yang dibutuhkan tentunya.

  1. Pakaian ganti

Masukkan setidaknya pakaian untuk 3 hari guna mempersiapkan 3 hari pertama setelah melahirkan. Persiapkan baju dan celana berbahan dasar kain yang nyaman. Sediakan juga kain jarit atau sarung untuk memudahkan gerak ibu hamil saat persiapan menjelang persalinan ketika air ketuban mulai pecah.

Selain itu, dr. Dyan Novita Anggraini dari KlikDokter menyarankan Anda untuk membawa baju atasan yang memiliki kancing depan untuk memudahkan saat menyusui si Kecil. Jangan lupa juga menyertakan beha khusus menyusui dan pakaian dalam, ya!

  1. Perlengkapan bayi

Perlengkapan ini biasanya memang sudah disiapkan oleh rumah sakit. Tapi, Anda juga bisa berjaga-jaga dengan membawanya sebagai cadangan. Mulai dari popok, peralatan mandi, sarung tangan beserta kaus kaki bayi, selimut, hingga topi.

Sarung tangan sangat diperlukan, sebab bayi akan sering mencakar bagian wajahnya sendiri. Selain itu, topi bayi juga dibutuhkan si Kecil untuk mencegah terjadinya kehilangan panas pada bagian tubuhnya. Pilih topi yang berbahan lembut agar si Kecil tetap nyaman.

Perlengkapan bayi yang tak kalah penting adalah popok. Dilansir dari situs kesehatan ibu dan anak Babyologist, bayi baru lahir akan mudah buang air, sehingga diperlukan stok popok bayi untuk dibawa ke rumah sakit. Anda disarankan untuk memilih popok kain untuk meminimalkan terjadinya ruam pada kulit bayi.

  1. Kain Bedong

Menurut Babyologist, kain bedong atau bedung berfungsi untuk melindungi tubuh si Kecil dari suhu udara yang rentan membuatnya mengalami hipotermia atau kedinginan. Pilih kain bedung yang nyaman untuk buah hati Anda, dan pelajari cara yang benar untuk menggunakannya.

  1. Pembalut

Setelah persalinan, beberapa ibu mengalami perdarahan ringan seperti di kala menstruasi. Jadi, masukkan pembalut juga untuk berjaga-jaga.

  1. Peralatan mandi ibu

Bawalah peralatan mandi yang mungkin dibutuhkan ibu agar tetap merasa nyaman meski harus menginap di rumah sakit selama beberapa hari untuk masa pemulihan.

  1. Benda kesayangan

Barang ini yang sering kali terlewat. Karena terlalu fokus dengan barang-barang persiapan persalinan, biasanya ibu hamil melupakan barang yang mendukung kenyamanannya selama di rumah sakit.

Jadi, jangan lupa untuk memasukkan bantal duduk, pemutar musik, atau novel favorit untuk membuat Anda merasa nyaman selama menunggu kelahiran buah hati.

Mempersiapkan kelahiran buah hati adalah saat-saat yang menyenangkan. Namun, terkadang juga bisa membuat ibu hamil cemas. Oleh sebab itu, persiapkanlah segala sesuatunya dengan baik, termasuk perihal isi tas bersalin. Komunikasikan dengan calon ayah untuk membantu Anda mempersiapkannya. Dengan demikian, Anda dapat menjalani masa-masa menjelang persalinan hingga pulang dari rumah sakit dengan tenang dan aman. Baca juga artikel lainnya di sini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar