Sukses

10 Dukungan Suami Saat Istri Hamil Muda seperti Meghan Markle

Bagi para suami, berikan dukungan ini saat istri Anda hamil muda – seperti Meghan Markle - supaya kehamilan terus lancar.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar bahagia tengah menyelimuti Kerajaan Inggris setelah Meghan Markle diumumkan hamil muda dengan usia kandungan sekitar 3 bulan. Pengumuman itu dilakukan berbarengan dengan kunjungan Meghan dan Pangeran Harry di Australia. Dalam kasus hamil muda seperti Meghan, dukungan suami sangat dibutuhkan istri untuk menunjang kelancaran kehamilan hingga persalinan.

Tentunya, kehamilan merupakan sesuatu yang dinantikan oleh pasangan yang telah menikah. Dalam fase trimester awal kehamilan istri, dukungan dari suami sangat dibutuhkan, agar istri merasa merasa mendapat dukungan baik secara fisik atau emosional.

Keluhan kehamilan pada trimester pertama

Menurut dr. Grace Valentine dari KlikDokter, kehamilan merupakan masa transisi besar dalam hidup seorang ibu. Pada trimester pertama kehamilan terjadi beberapa perubahan pada tubuh ibu hamil.

Umumnya pada awal kehamilan, ibu hamil akan merasa cepat lelah. Itu wajar terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan kehamilan itu sendiri. Ibu hamil mungkin merasa ingin tidur lebih lama. Setelah itu, energinya akan kembali lagi di trimester kedua.

Gejala lain yang juga sering muncul di awal kehamilan adalah morning sickness atau mual muntah. Ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Beberapa hal tertentu juga dapat meningkatkan kemungkinan morning sickness, seperti mencium aroma atau mengecap rasa tertentu. Umumnya keluhan akan membaik setelah mencapai trimester kedua.

Selain itu, beberapa perubahan juga kerap terjadi, seperti sering buang air kecil. Ini karena ukuran rahim yang semakin membesar sehingga mendesak kandung kemih yang terletak di depan rahim.

Lalu, suasana hati ibu hamil juga sering berubah-ubah. Perubahan suasana hati (mood swings) biasanya disebabkan karena perubahan hormonal yang memengaruhi neurotransmiter (zat kimia di dalam otak), perubahan metabolisme, dan variasi perasaan  jelang menjadi orang tua.

Pada fase ini, ibu hamil juga menjadi sulit ketika buang air besar. Menurut dr. Grace kondisi ibu hamil yang susah BAB terjadi karena proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat.

Dukungan yang bisa diberikan suami

Karena beberapa perubahan di atas, dukungan dari suami diperlukan agar istri tidak mengelolanya sendirian. Berikut ini beberapa dukungan yang bisa di berikan suami untuk istri yang sedang hamil, yaitu:

  • Ikut membekali diri dengan informasi-informasi seputar kehamilan.
  • Datang bersama saat kontrol kehamilan, atau mengingat jadwal pemeriksaan rutin istri.
  • Membantu dalam mengambil keputusan selama kehamilan.
  • Menenangkan istri saat sedang mengalami keluhan, misalnya morning sickness.
  • Komunikasi yang baik, misalnya dengan menanyakan apa yang dibutuhkan, dirasakan, dan diinginkan.
  • Tunjukkan kasih sayang dengan memberikan pelukan dan bergandengan tangan.
  • Menyiapkan camilan sehat dalam porsi kecil, ini bertujuan agar istri mendapat asupan makanan meski sedang mual.
  • Membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah.
  • Membantu istri membuatkan susu.
  • Mengingatkan istri untuk minum vitamin.

Nah, itulah beberapa dukungan yang bisa diberikan suami kepada istri yang sedang hamil muda. Pada trimester awal kehamilan, beberapa perubahan terjadi pada tubuh wanita dan ini dapat menjadi hal yang menantang bagi maupun Anda. Dukungan suami tentu akan memberikan banyak manfaat sehingga proses kehamilan berjalan dengan lancar sampai persalinan. Jadi tidak hanya Pangeran Harry yang bisa memberikan dukungan kepada istrinya – Meghan Markle – yang sedang hamil muda. Anda pun bisa melakukan hal yang sama untuk istri tercinta.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar