Sukses

Hamil Muda seperti Meghan Markle, Bolehkah Makan Nanas?

Banyak mitos yang beredar seputar kehamilan. Salah satunya, tentang boleh atau tidak makan nanas saat hamil muda seperti Meghan Markle.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kondisi hamil muda seperti yang tengah dialami oleh Meghan Markle, Duchess of Sussex, pasti menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Sebab, Anda juga bisa meniru gaya berpakaian ala Markle selama hamil, yang tentunya akan semakin membuat kehamilan Anda menyenangkan. Agar tetap sehat, Anda disarankan banyak makan buah. Tapi bagaimana dengan buah nanas? Amankah dikonsumsi saat hamil muda?

Banyak orang berkata, makan buah nanas saat hamil muda bisa menggugurkan kandungan dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Lantas sebenarnya, apakah ibu hamil memang dilarang keras untuk menyantap buah segar tersebut?

Fakta tentang nanas

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc dari KlikDokter, di luar hubungannya dengan kehamilan, sebetulnya nanas merupakan buah yang bernutrisi dan bervitamin.

Nanas mengandung serat yang tinggi dan lemak yang rendah. Buah ini juga  mengandung vitamin B1 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf. Nanas juga kaya akan vitamin B6 yang dapat mengatasi anemia, serta vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun dan berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan copper (cuprum) pada nanas juga baik untuk kesehatan rambut dan mata. Tak hanya itu, kandungan zat mangan (Mn) di dalamnya juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Dan, buah nanas yang kaya akan bromelain (enzim proteolitik) ini dapat melunakkan dan memecah protein pada lambung, sehingga mempercepat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Selain baik untuk pencernaan, zat bromelain pada nanas disinyalir bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Sebelum Anda menghakimi buah segar ini sebagai penyebab utama dari keguguran, sudah terlihat, kan, bahwa nanas itu sebenarnya buah yang sangat berkhasiat? Jadi, kira-kira kenapa, ya, nanas dibilang bisa menggugurkan kandungan?

1 dari 2 halaman

Kaitan nanas dengan kehamilan

Satu-satunya kemungkinan yang memperkuat pernyataan bahwa nanas bisa menggugurkan kandungan berasal dari adanya zat bromelain. Menurut dr. Fiona Amelia MPH dari KlikDokter, kandungan zat bromelain pada nanas memang bisa melunakkan dan memicu kontraksi pada rahim, sehingga menyebabkan keguguran. Namun, kondisi tersebut baru bisa terjadi apabila ibu hamil mengonsumsi 7 buah nanas dalam sehari.

Sementara itu, kandungan bromelain paling banyak ditemukan di tengah buah nanas, khususnya pada nanas yang masih belum matang sempurna (kulitnya masih berwarna agak kehijaun). Mengonsumsi beberapa potong nanas matang dan hanya memakan bagian atasnya tidak akan mengganggu kehamilan Anda.

Kendati demikian, tetaplah berhati-hati dalam mengonsumsi nanas, terutama jika Anda pernah memiliki riwayat keguguran di masa lampau, memiliki rahim yang tidak kuat, dan menderita gastritis.

Sebaiknya, konsultasikan dulu kepada dokter jika ingin menyantap buah segar tersebut dan lebih aman apabila Anda mengonsumsinya setelah melewati masa trimester pertama, bukan saat Anda hamil muda.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan nanas? Untuk menjawab pertanyaan apakah benar bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi nanas, jawabannya adalah benar, dengan catatan, jika dikonsumsi secara berlebihan lebih dari 7 buah nanas per hari.

Sedangkan, jika ibu hamil hanya mengonsumsi nanas sedikit saja dan buah tersebut sudah matang betul, makan nanas tidak perlu membuat khawatir. Tapi ingat, makanlah nanas bila sudah berkonsultasi dengan dokter dan memang diperbolehkan.

Jadi, buat Anda yang tengah hamil muda seperti Meghan Markle, tak perlu terlalu cemas soal boleh makan nanas atau tidak. Karena, Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi buah tersebut asalkan tidak berlebihan dan sudah benar-benar matang. Jika ingin lebih tenang dan yakin lagi, lakukan konsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan Anda, ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar