Sukses

Ini Manfaat Memelihara Kaktus bagi Kesehatan

Kini kaktus mulai digemari untuk dikoleksi bahkan dikonsumsi. Ini manfaat tanaman gemuk berduri tersebut untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Tak tersedianya halaman rumah yang memadai terkadang menghalangi hobi Anda untuk memelihara tanaman. Sementara itu, ada pula orang yang ingin mengoleksi tanaman, tetapi malas untuk merawatnya. Nah, dua hal tersebut sebenarnya sama-sama bisa dipenuhi oleh satu jenis tanaman, yaitu kaktus – khususnya kaktus mini.

Selain bentuknya yang beraneka ragam dan hemat tempat, kaktus mini rupanya juga tidak memerlukan perawatan ekstra seperti tanaman hias pada umumnya! Tuh, Anda jadi makin tertarik memelihara kaktus, kan? Untuk membulatkan tekad Anda, yuk simak manfaat memelihara kaktus seperti dilansir Red Online UK berikut ini.

1. Baik untuk pernapasan

Selama proses fotosintesis, tanaman akan melepaskan oksigen. Sedangkan pada malam harinya, sebagian besar tanaman akan melepaskan karbon dioksida. Itulah mengapa sebaiknya Anda mengeluarkan tanaman yang ada di dalam rumah, terutama kamar, saat malam hari.

Kendati demikian, hal tersebut nyatanya tidak berlaku untuk semua jenis tumbuhan sukulen (termasuk kaktus) serta beberapa tanaman lain, seperti anggrek dan pohon pinang karena mereka dapat menghasilkan oksigen sepanjang malam! Simpanlah tanaman tersebut di kamar tidur agar Anda mendapatkan cadangan oksigen ekstra dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

2. Bisa membersihkan udara

Kaktus berfungsi sangat baik untuk membersihkan udara serta membuang racun. Penelitian yang dilakukan NASA menemukan bahwa tanaman tersebut mampu menghilangkan 87 persen senyawa organik volatil (VOC), seperti benzena dan formaldehida yang kerap kali ditemukan pada karpet, asap rokok, tas belanjaan, buku, dan tinta. Meletakkannya di perpustakaan atau di percetakan buku tentu dapat meminimalkan paparan dari zat beracun yang telah disebutkan.

3. Membantu mencegah penyakit

Sekitar 10 persen kelembapan di atmosfer adalah air yang dikeluarkan oleh tumbuhan. Hal yang sama berlaku untuk rumah Anda. Semakin banyak tanaman yang dimiliki, semakin lembap rumah Anda sehingga bisa terhindar dari kulit kering, batuk kering, dan sakit tenggorokan.

Bahkan, penelitian dari Agricultural University of Norway menemukan bahwa meletakkan beberapa tanaman kaktus atau jenis sukulen lain bisa menurunkan risiko terkena penyakit di kantor sebanyak 60 persen!

4. Meningkatkan fokus

Selain mempercantik tampilan meja kerja Anda, menurut sebuah studi dari University of Michigan, meletakkan tanaman kaktus atau jenis sukulen lainnya di dekat Anda bisa meningkatkan retensi memori sebanyak 20 persen.

5. Memulihkan sakit dengan lebih cepat

Meletakkan kaktus atau sukulen lainnya di ruangan dapat mengurangi gejala flu, sakit kepala, dan batuk. Menurut para peneliti dari Kansas State University, pasien rumah sakit yang kamarnya diberikan tanaman tersebut membutuhkan lebuh sedikit obat penghilang rasa sakit, memiliki tekanan darah dan denyut jantung yang lebih normal, serta lebih sedikit mengalami kecemasan dan kelelahan.

1 dari 2 halaman

Kaktus juga bisa jadi superfood

Tak cuma bisa dijadikan tanaman peliharaan, dilansir Medical Daily, kaktus ternyata dianggap sebagai superfood-nya Amerika Latin dan sedang naik daun di Amerika Serikat. Bagaimana tidak? Kaktus mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan, termasuk vitamin C, E, A, zat besi, kalsium, dan karotenoid yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Adapun manfaat kaktus apabila dikonsumsi meliputi:

  • Mengurangi gejala hangover

Sebuah studi dari Tulane Health Science Center dari New Orleans pada tahun 2004 melaporkan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak kaktus lima jam setelah mengonsumsi alkohol mengalami gejala hangover yang lebih ringan.

  • Menurunkan kolesterol dan menetralkan gula darah

Para peneliti Prancis pada tahun 2007 melaporkan bahwa mengonsumsi jenis kaktus pir berduri bisa menurunkan kolesterol “jahat” (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol “baik” (HDL). Selain itu, kaktus pir berduri juga bisa menurunkan kadar gula darah pada diabetesi tipe 2.

  • Menurunkan berat badan

Suplemen ekstrak kaktus dapat membantu menurunkan berat badan dengan bertindak sebagai diuretik tanpa menguras mineral tubuh.

  • Melindungi sel otak

Karena kaya akan flavonoid, kaktus bisa mengurangi kerusakan sel otak akibat radikal bebas.

  • Membantu melawan sel kanker

Fitokimia pada daun kaktus dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara, prostat, usus besar, dan hati.

Meski mengonsumsi kaktus belum konvensional di Indonesia, tak ada salahnya nanti Anda mencicipi kuliner atau mengonsumsi suplemen ekstrak kaktus saat bepergian ke Amerika! Dan mulailah dulu dengan meletakkan beberapa jenis sukulen, termasuk kaktus, di rumah atau meja kerja Anda supaya manfaat yang telah dijelaskan di atas bisa segera Anda rasakan. Selamat memelihara kaktus!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar