Sukses

Penyebab Tangan Tampak Tua dan Keriput di Usia Muda

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa mengalami penuaan lebih cepat. Ketahui penyebab tangan tampak tua dan keriput di sini.

Saat mendengar istilah kulit keriput, penuaan, dan kusam, bagian apakah yang pertama kali terpikirkan oleh Anda? Pasti wajah, kan? Memang, bagian kulit yang paling sering dimanjakan adalah kulit wajah. 

Berbagai jenis skin care mulai dari tabir surya, pelembap, krim pencerah, hingga serum antipenuaan, semuanya Anda gunakan di wajah. Padahal, ada bagian lain yang juga memerlukan perawatan yang sama, yakni tangan. Ya, kulit tangan keriput di usia muda bisa dialami oleh siapa saja. 

Apabila Anda tidak merawat tangan dan kuku, maka kondisi keriput bisa saja terjadi. Cari tahu penyebab tangan keriput dan cara mengatasinya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

1. Bintik-Bintik Penuaan

Penyebab tangan tampak keriput adalah karena bintik-bintik penuaan. Bintik-bintik penuaan muncul sebagai hasil dari paparan sinar matahari. Umumnya, bintik-bintik ini semakin terlihat jelas pada orang berusia di atas 50 tahun. Akan tetapi, bintik tersebut sebenarnya sudah terlihat samar sejak muda. 

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih jika hendak bepergian ke luar rumah. Tabir surya sangat baik dioleskan setiap dua jam sekali agar perlindungannya tetap optimal.

Namun, bila bintik-bintik penuaan sudah telanjur muncul dan sangat mengganggu penampilan kulit tangan, Anda bisa menggunakan krim mengandung hydroquinone

Penggunaannya harus benar-benar sesuai dengan anjuran dokter. Sebab, bahan pemutih yang terkandung dalam krim tersebut bisa menjadi bumerang apabila digunakan tidak tepat.

Artikel Lainnya: Hindari Ini Kalau Tidak Ingin Cepat Keriput

2. Tonjolan Pembuluh Darah

Apakah Anda memiliki tampilan kulit yang memperlihatkan pembuluh darah dengan jelas dan menonjol? Jika ya, ini merupakan penyebab lain kulit tangan tampak tua.

Sayangnya, tonjolan pembuluh darah ini tidak mudah untuk dihilangkan. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menentukan keparahan tonjolan pembuluh darah dan penanganan yang bisa dilakukan.

Jika Anda ingin menyamarkannya saja untuk sementara, penggunaan concealer bisa jadi solusinya.

2 dari 4 halaman

3. Sisik di Kulit

Sisik yang dimaksud di sini bukanlah sisik seperti yang ada di tubuh hewan. Sisik ini berupa permukaan kasar akibat kulit yang terlalu kering. Adanya sisik juga menjadi penyebab tampilan kulit tua dan tidak sehat.

Kabar gembiranya, masalah kulit yang satu ini bisa diatasi dengan mudah. Caranya adalah dengan mengaplikasikan pelembap secara teratur dan dibarengi dengan asupan hidrasi yang cukup.

Hati-hati dengan pilihan sabun mandi yang digunakan, sebab beberapa sabun, seperti sabun antiseptik, bisa menyebabkan kulit lebih mudah mengering. Selain itu, jangan lupa menggunakan pelembap yang tepat setelah mandi untuk menjaga kadar kelembapan kulit.

Artikel Lainnya: Penyebab Kulit Leher Kendur dan Cara Tepat Mengatasinya

4. Kuku Mulai Menguning

Menguning dan timbulnya rasa nyeri di kuku disebabkan oleh infeksi jamur dan layak diperiksakan ke dokter. Sebaliknya, jika penyebabnya bukan jamur, ada kemungkinan bahwa menguningnya kuku Anda disebabkan oleh hal lain, misalnya efek samping penggunaan cat kuku. 

Maka, berhati-hatilah dengan bermacam zat kimia yang digunakan ke kuku Anda. Sebab, tampilan tangan yang lebih tua juga bisa terjadi karena adanya masalah kuku menguning.

3 dari 4 halaman

5. Kuku Mudah Patah

Paparan bahan kimia, perubahan cuaca, bahkan genetika dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic Dermatology, cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi biotin secara rutin agar kuku menjadi lebih kuat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kadar asupan gizi lainnya secara seimbang.

Artikel Lainnya: 6 Tanda Penuaan yang Menggambarkan Usia Anda

6. Kulit Tangan Kusam dan Tidak Bercahaya

Bila tidak dirawat, kulit tangan bisa jadi kusam dan tidak bercahaya. Apalagi tangan berperan besar dalam berbagai aktivitas kita, sehingga paparan berbagai zat kimia sangat mungkin menerpa tangan. Maka, jelaslah bahwa kulit tangan juga perlu perawatan.

Langkah yang tepat adalah dengan menggunakan krim khusus untuk perawatan tangan. Selain itu, ada baiknya Anda segera menggunakan pelembap setelah mencuci tangan. Salah satu komponen krim pelembap yang baik adalah ceramide.

7. Kulit Keriput 

Tidak hanya wajah yang bisa mengalami keriput, melainkan juga tangan. Tangan keriput juga bersumber dari penyebab yang sama dengan wajah. Beberapa penyebab tangan keriput dini adalah terlalu sering mencuci tangan dengan sabun yang ‘keras’, dehidrasi kronis, paparan sinar matahari berlebih, serta paparan asap rokok secara terus menerus.

Oleh sebab itu, hindari faktor-faktor di atas demi mencegah tangan keriput yang muncul terlalu dini.

Itu dia tujuh hal yang bisa membuat tampilan tangan dan kulit tangan Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan Anda bisa lebih peduli terhadap penampilan tangan dan tidak lupa untuk merawatnya. 

Tampilan kulit tangan yang sehat dan terawat juga  dapat menunjang seluruh penampilan Anda. Ketahui informasi dan tips kesehatan lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar