Sukses

Penyebab Terganggunya Jam Biologis Tubuh

Terganggunya jam biologis tubuh bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Kenali penyebab jam biologis tubuh terganggu.

Klikdokter.com, Jakarta Umumnya setiap orang memiliki rutinitas harian yang terjadwal. Jika rutinitas ini berubah sedikit saja, dampaknya bisa terasa, seperti Anda bangun lebih siang, sulit tidur, atau sulit berkonsentrasi. Ini tandanya jam biologis Anda terganggu. Kondisi itu biasanya disebut sebagai circadian rhythm disorders atau gangguan ritme sirkadian.

Ada sejumlah tanda bahwa Anda memiliki gangguan ritme sirkadian, dan umumnya ini melibatkan masalah jam tidur dan jam bangun Anda. Tubuh beroperasi pada ritme harian terhadap suhu dan tingkat hormon yang mengatur ketika Anda tidur dan bangun. Akan jadi masalah ketika ritme ini tidak aktif, ini dapat mengganggu pola tidur Anda.

"Gangguan ritme sirkadian adalah ketika jam biologis Anda tidak sinkron dengan lingkungan, seperti jet lag ketika Anda tidak bepergian" ujar psikolog klinis dan dokter tidur, Dr. Michael Breus kepada Bustle.

Meskipun gangguan masing-masing sedikit berbeda, mereka semua melibatkan pergeseran waktu dalam siklus tidur atau bangun Anda. Ini bisa disebabkan oleh sesuatu yang terjadi secara internal, tetapi itu juga bisa menjadi hasil dari sesuatu yang eksternal, seperti jet lag atau kerja shift.

Mengetahui apa akar masalahnya terkait gangguan ritme sirkadian Anda adalah hal paling penting. Ini karena gangguan ritme sirkadian dapat memiliki efek jangka panjang, termasuk risiko gangguan kardiovaskular dan metabolisme yang lebih besar.

1 dari 2 halaman

Tanda Anda mengalami gangguan jam biologis tubuh

Setelah membaca pemaparan di atas, apakah Anda curiga bahwa jam biologis Anda terganggu? Coba selidiki dengan mengenali tanda-tandanya di bawah ini.

1. Tidur lebih awal dan bangun di tengah malam

"Jika Anda mengantuk dan pergi tidur lebih awal dari kebanyakan orang dan terbangun di tengah malam, kemudian Anda tidak bisa tertidur kembali. Anda mungkin mengalami sindrom advance sleep phase (ASP)," ujar dr. Nate Watson, dokter tidur dan ahli saraf kepada Bustle.

Dengan adanya ASP, jam tubuh Anda bergeser lebih awal, sehingga tidur lebih awal (sekitar jam 6-8 malam) dan bangun sangat pagi (sekitar jam 3-4 pagi). Gangguan ritme sirkadian ini lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia.

2. Cuma bisa tidur pada akhir pekan

Kebalikan dari ASP, ini disebut dengan delayed sleep phase syndrome (DSP). Dalam hal ini, Anda tidak bisa tidur nyenyak pada hari Anda bekerja dan hanya bisa tidur dengan nyaman saat akhir pekan. Gangguan ini cenderung terjadi lebih banyak pada remaja.

3. Jam tidur Anda tidak menentu

"Jika Anda memiliki tidur yang tidak menentu, yang mana tidur Anda tidak tidak terpusat pada malam hari, melainkan “tersebar” sepanjang siang dan malam, bisa jadi Anda mengalami gangguan tidur atau bangun tidak teratur (atau disebut juga irregular sleep-wake syndrome),” kata dr. Nate.

4. Jam kerja shift

Mereka yang bekerja dengan sistem waktu shift harus terjaga sepanjang malam dan tidur pada siang hari. Kondisi ini bisa mengakibatkan sulit tidur.

"Jika Anda mengalami kesulitan tidur pada siang hari dan kesulitan untuk tetap terjaga larut malam selama kerja shift, Anda mungkin memiliki gangguan tidur kerja shift (shift work sleep syndrome). Ini dapat menyebabkan kurang tidur kronis," ungkap dr. Nate.

5. Anda tidak bisa tidur saat bepergian

Jet lag adalah salah satu gangguan ritme sirkadian paling umum. Biasanya ini terjadi setelah Anda harus melewati beberapa zona waktu dan ini benar-benar tidak bisa membuat Anda tidur nyenyak.

"Jika Anda mengalami kesulitan tidur setelah bepergian ke arah Timur melalui beberapa zona waktu, atau jika Anda mengalami kesulitan untuk tetap terjaga setelah bepergian ke arah Barat melewati beberapa zona waktu, Anda mungkin mengalami gangguan tidur jet lag. Semakin banyak zona waktu yang Anda lewati, semakin sulit untuk tidur. Namun, begitu Anda kembali ke rumah, jadwal tidur akan kembali normal," dr. Nate menjelaskan.

Lima hal di atas adalah deretan penyebab yang membuat jam biologis tubuh Anda terganggu. Jika Anda berpikir mengalami salah satu gangguan ritme sirkadian di atas, bicaralah dengan dokter Anda untuk menemukan masalah dan mendapatkan kembali kualitas tidur yang baik.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar