Sukses

Diet Hanya Makan Buah, Sehatkah?

Buah memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Tapi, bagaimana jika Anda hanya diet dengan makan buah setiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Buah sering kali dianggap sebagai “pasangan” sayur sebagai makanan tersehat yang pernah ada. Ya, tak bisa dimungkiri kalau buah memang banyak manfaatnya untuk tubuh. Tapi harap waspada untuk Anda yang rutin diet buah. Jika Anda hanya makan buah saja setiap hari, manfaat tersebut bisa berbalik jadi ancaman, lho!

Ini juga yang dialami oleh aktor asal Amerika Serikat, Ashton Kutcher. Suami dari Mila Kunis ini sempat masuk rumah sakit akibat masalah pankreas, karena menjalani diet fruitarian alias hanya makan buah setiap hari. Diet ini dia lakukan demi mendalami perannya sebagai Steve Jobs dalam film biopik “Jobs”.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, seberapa buruk diet buah terhadap kesehatan manusia? Jika berkaca pada kasus Aston Kutcher, Anda tidak salah jika akhirnya malah merasa ngeri dengan jenis diet seperti itu.

Tubuh juga perlu zat gizi lainnya

Berdasarkan laporan Livestrong, buah sering digunakan untuk "pembersihan" tubuh atau didesain untuk mendetoksifikasi sistem. Akan tetapi, tak selamanya buah bermanfaat.

"Ketika Anda hanya makan buah, Anda tidak memasukkan banyak nutrisi berharga ke dalam diet Anda," ujar Marisa Moore, ahli gizi dan juru bicara dari lembaga Academy of Nutrition and Dietetics.

"Protein adalah salah satu nutrisi yang utama yang terlintas dalam pikiran. (Tanpa protein) Anda kehilangan berat badan. Protein bertindak seperti blok bangunan untuk otot dan kulit dan organ Anda," sambung Marisa Moore.

Moore juga menegaskan bahwa hal yang sama berlaku untuk lemak. Meskipun mereka sering dianggap sebagai perusak tubuh, lemak justru memainkan peran penting dalam kadar hormon dan fungsi otak.

Bagaimana dengan kerusakan pankreas yang dialami Ashton setelah menjalani diet buah? Apakah memang ada hubungan antara keduanya?

Ya, ada. Buah mengandung banyak gula alami, yang perlu dikontrol oleh insulin dalam tubuh. Adalah tugas pankreas untuk melepaskan insulin itu. Menurut Moore, pankreas Kutcher mungkin terlalu banyak bekerja jika tubuhnya kelebihan gula.

Kemudian, banyak yang bertanya-tanya apakah diet buah menjadi penyebab kematian Steve Jobs. Sebagaimana diketahui, pria yang disebut sebagai "Bapak Iphone" itu meninggal karena kanker pankreas. Meski begitu, itu belum bisa dibuktikan secara medis.

Menurut American Cancer Society, para ilmuwan masih belum memahami penyebab pasti dari kanker pankreas. Beberapa mutasi DNA yang diwariskan mungkin memainkan peran, serta bahan kimia di lingkungan atau terkait diet.

1 dari 2 halaman

Risiko penyakit akibat diet buah

Laura Jeffers, MEd, RD, LD, seorang ahli diet, tidak merekomendasikan Anda untuk melakukan diet buah. Menurutnya, diet buah adalah salah satu yang paling ketat dan berisiko timbulkan malnutrisi bagi pelakunya.

Menurut Jeffers, diet buah mungkin ampuh bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tapi efeknya hanya sementara. Berat badan akan kembali setelah Anda menghentikan diet ini.

Inilah beberapa masalah kesehatan yang bisa menghinggapi Anda jika menjalani diet buah, seperti ditulis Jeffers kepada Cleveland Clinic:

1. Diabetes

Untuk pasien diabetes atau pradiabetes, diet buah-buahan bisa berbahaya. Buah-buahan mengandung begitu banyak gula sehingga makan terlalu banyak dapat berdampak negatif terhadap kadar gula darah. Diet buah juga bisa berdampak buruk bagi orang dengan gangguan pankreas dan ginjal.

2. Kerusakan gigi

Kandungan gula tinggi pada buah dapat memicu kerusakan gigi. Sebagai contoh, apel memiliki potensi untuk menjadi korosif seperti permen atau soda. Beberapa buah, seperti jeruk, sangat asam dan dapat mengikis enamel gigi.

3. Kekurangan nutrisi

Buah-buahan memiliki kadar vitamin B12, kalsium, vitamin D, yodium, dan asam lemak omega-3 yang rendah. Hal ini dapat menyebabkan anemia, kelelahan, kelesuan, dan disfungsi sistem kekebalan tubuh. Kalsium rendah juga bisa menyebabkan osteoporosis.

4. Kelaparan

Dengan mengandalkan buah-buahan saja, mungkin akan mendorong tubuh Anda pada mode kelaparan. Jika tubuh Anda merasa kelaparan, ia otomatis akan memperlambat metabolismenya sebagai upaya menghemat energi untuk fungsi-fungsi vital lainnya.

Buah memang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Akan tetapi, tidak disarankan jika hanya diet dengan memakan buah saja untuk asupan harian. Pasalnya, buah tidak menyediakan nutrisi lengkap yang justru bisa mengganggu kesehatan Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar