Sukses

Cara Berhenti Merokok Ini Harus Anda Coba

Merokok memang kebiasaan buruk yang sulit dihentikan. Tapi, sudah coba cara berhenti yang ini?

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang sebenarnya sudah tahu dampak buruk dari merokok. Tapi apa daya, menghentikan candu nikotin memang sulit. Padahal, seperti yang telah Anda pahami, banyak sekali organ yang bisa rusak akibat kebiasaan buruk yang satu ini, mulai dari jantung hingga tenggorokan. 

Meskipun ada rokok mild yang katanya lebih ringan, hal tersebut juga sama berbahayanya. Dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, rokok mild sebenarnya tidak ada bedanya dengan rokok biasa.

“Rokok berlabel mild tidak lebih aman. Sebab ketika mengonsumsi rokok rendah tar, maka perokok tersebut akan melakukan teknik pengisapan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan nikotinnya,” kata dr. Alvin.

Lebih lanjut, dr. Alvin menjelaskan bahwa teknik pengisapan rokok mild jatuhnya akan menjadi lebih panjang, dalam, hingga mengisap lebih banyak. Pada akhirnya, perokok akan mendapatkan kandungan tar yang sama banyaknya dan tetap memiliki risiko untuk terkena berbagai penyakit.

1 dari 3 halaman

Gangguan kesehatan akibat merokok

Satu hal yang patut Anda ingat adalah rokok merupakan salah satu penyumbang kematian terbesar di dunia. Berdasarkan pemaparan dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, selain penyakit jantung dan kanker, rokok dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan lainnya seperti:

  1. Gangguan kesuburan

Asap rokok menyebabkan testis tak dapat membuat sperma dengan baik. Sperma yang dihasilkan menjadi lebih sedikit, bentuknya tidak normal, dan gerakannya lambat. Sedangkan pada wanita, asap rokok menyebabkan indung telur tidak dapat mengeluarkan sel telur pada waktunya sehingga kesuburan pun terganggu.

  1. Age-related macular degeneration (ARMD)

ARMD merupakan kelainan pada retina mata yang biasanya terjadi pada orang tua yang terpapar asap rokok dalam waktu yang lama. ARMD menyebabkan penurunan fungsi penglihatan yang tak dapat disembuhkan. Bahkan penderitanya bisa mengalami kebutaan karena penyakit ini. Sekali ARMD sudah terjadi, maka kondisi tersebut akan berlangsung seumur hidup.

  1. Bayi lahir prematur dan lahir dengan berat rendah

Paparan asap rokok dapat mengganggu suplai oksigen dari ibu ke janin. Akibatnya janin tidak bertumbuh kembang dengan optimal. Janin menjadi berukuran lebih kecil dibandingkan yang seharusnya, perkembangan otaknya terganggu, dan berpotensi untuk lahir prematur atau lahir dengan berat badan lahir di bawah normal.

2 dari 3 halaman

Menghentikan kebiasaan merokok dengan pendekatan lain

Anda tentu tidak ingin mengalami beragam gangguan kesehatan di atas akibat rokok, bukan? Anda mungkin sudah pernah beberapa kali menghentikan kebiasaan merokok, namun selalu gagal.

Memang, ada banyak pendekatan konvensional yang dilakukan untuk berhenti merokok walau upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Dilansir Best Life, seorang ahli hipnoterapi klinis yang ahli soal kecanduan, Fiona Lamb, mengaku memiliki cara yang cukup efektif.

Pertama-tama, dia menyarankan untuk mengganti merek rokok Anda, karena jika rasanya berbeda dengan yang biasa digunakan, itu akan mulai merusak kebiasaan Anda karena beda cita rasa. Ia menilai cara pertama ini cukup signifikan untuk memulai  berhenti merokok.

Kedua, Anda perlu mengumpulkan tekad untuk menunda rokok pertama Anda. Pasalnya, yang menurunkan ketergantungan nikotin adalah menekan hasrat diri sendiri untuk tidak membakar sebatang dua batang di pagi hari.

Ketiga, Anda harus mengurangi kafein karena minum terlalu banyak kopi dalam sehari mampu meningkatkan jumlah ketegangan dalam sistem saraf. Jika sudah tegang, maka hasrat untuk merokok yang dianggap mampu merelaksasi tubuh malah semakin menjadi-jadi.

Penting juga untuk diingat bahwa percobaan pertama berhenti merokok bisa membuat Anda kehilangan rasa tenang. “Jika sudah begitu, minumlah segelas susu sambil merokok,” kata Lamb. Mengapa?

Menurut sebuah studi 2007, sementara alkohol dan kopi makin meningkatkan rasa rokok, sedangkan produk susu seperti susu dan keju membuat sebatang rokok terasa tidak enak. Jadi, jika Anda ingin berhenti, cobalah memasangkan rokok berikutnya dengan segelas susu.

Tak hanya itu, dilansir WebMD, cara lain yang bisa ditempuh untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan minum banyak air dan makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Menurut F. Joseph McClernon, PhD, psikolog dari  Duke University  beberapa cara ini – bagi sebagian perokok – dianggap bisa merusak rasa rokok yang mereka nikmati. Metode yang sama juga disarankan oleh Scott McIntosh, PhD, dari University of Rochester di New York.

Gagasan mereka adalah untuk membuat para perokok lebih mengaktifkan tangan dan mulutnya dengan menikmati asupan lain – seperti sayuran, buah dan susu – sebelum berhenti merokok. Diharapkan dengan cara itu, para perokok akan merasakan sensasi tidak nikmat ketika merokok. 

Yakin, tidak mau berhenti merokok sekarang juga? Jika pendekatan konvensional tidak membuahkan hasil, Anda bisa menerapkan cara-cara yang telah kami jelaskan di atas. Tapi jika belum manjur juga, berkonsultasi dengan dokter dapat menjadi pilihan untuk menentukan strategi yang efektif untuk Anda. 

[RS/ RVS]

1 Komentar