Kesehatan Bayi

Penyebab Bayi Muntah Saat Tumbuh Gigi dan Penanganannya

drg. Wiena Manggala, 21 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Teething atau proses tumbuh gigi pada bayi bisa menyebabkan terjadinya keluhan muntah. Mengapa demikian? Cari tahu di sini.

Penyebab Bayi Muntah Saat Tumbuh Gigi dan Penanganannya

Teething atau tumbuh gigi adalah proses alami yang dialami setiap bayi. Kondisi ini bisa bikin orang tua khawatir karena bayi tumbuh gigi biasanya merasa tidak nyaman dan mengalami gejala lainnya.

Gigi pertama bayi mulai tumbuh pada usia 6-12 bulan. Pada proses teething ini, kedua gigi bagian depan yang terletak pada rahang bawah biasanya muncul pertama kali diikuti dengan kemunculan gigi lainnya.

Beberapa bayi mungkin tidak mengalami gejala sama sekali saat gigi mereka tumbuh. Namun, sebagian bayi mengalami gejala teething, seperti peningkatan air liur, ruam pada wajah, demam, dan diare. Lalu, apakah tumbuh gigi juga bisa menyebabkan bayi muntah? Ya, muntah adalah salah satu gejala yang sering dikaitkan dengan proses tumbuh gigi si kecil. 

Kenapa bayi tumbuh gigi muntah? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut, ya!

Penyebab Bayi Muntah Saat Tumbuh Gigi

Gusi Bayi Putih, Apakah Akan Tumbuh Gigi

Bayi muntah saat tumbuh gigi menandakan adanya kondisi selain teething yang sedang dialami bayi. Infeksi bakteri, virus, maupun alergi bisa jadi penyebab bayi muntah saat tumbuh gigi.

Berdasarkan American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD), teething mengurangi kekebalan pasif yang dimiliki bayi sehingga si kecil rentan terkena penyakit dan mengalami muntah.

Untuk itu, pastikan bayi Mama mendapatkan pasokan cairan yang memadai, cukup istirahat, serta selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Penanganan Bayi yang Muntah saat Teething

Bayi Sering Muntah, Pertanda Apa?

Ada sejumlah hal yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi bayi yang muntah saat giginya sedang tumbuh gigi, di antaranya:

1. Pijatan Lembut

Mama bisa memberikan pijatan lembut pada gusi bayi. Caranya dengan menggunakan jari tangan yang sudah dibalut kasa hangat.  

Pijatan lembut berguna untuk mengurangi rasa nyeri, tidak nyaman, dan gusi yang bengkak.

Artikel lainnya: Cara Tepat Merawat Gigi dan Mulut Bayi

2. Kompres Dingin

Aplikasikan kompres dingin, sendok dingin, atau teether dingin pada gusi bayi. Pastikan suhunya tidak terlalu dingin atau beku, ya! Suhu yang terlalu dingin atau beku justru dapat membuat bayi tidak nyaman.

3. Makanan Padat Dingin

Rasa nyeri yang dirasakan bayi bisa berkurang ketika si kecil diberikan makanan padat dingin. Mama bisa memberikan potongan makanan dingin, seperti buah-buahan atau sayuran. Pastikan ukuran makanan yang Mama berikan tidak terlalu kecil sehingga bisa mengurangi risiko anak tersedak.

4. Hindari Penggunaan Obat dengan Kandungan Benzokain

Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, memperingatkan agar tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit topikal dengan kandungan benzokain untuk mengatasi anak tumbuh gigi. Sebab, jika obat ini tertelan, anak Mama berisiko mengalami overdosis.

Artikel lainnya: Gigi Bayi Tidak Rata, Ini Penyebab dan Cara Atasinya!

Kapan Perlu ke Dokter?

Ilustrasi Berkonsultasi dengan Dokter Mengenai Bayi Sering Berkeringat

Dengan perawatan sederhana seperti kompres dan pijat ringan, muntah yang dialami bayi tumbuh gigi sebenarnya bisa diatasi di rumah. Namun, jika si kecil mengalami demam tinggi, lesu, sangat gelisah, dan muntah terus-menerus lebih dari 12 jam, segera periksa ke dokter. Sederet gejala tersebut bisa menandakan adanya infeksi atau alergi makanan. 

Meskipun teething adalah fase yang tidak ringan, bayi Mama tetap harus melalui periode ini. Pastikan Mama selalu mendampingi, menjaga, dan memantau setiap proses tumbuh kembang anak agar si kecil bisa melaluinya dengan mudah. 

Keluhan bayi muntah saat tumbuh gigi juga bisa Mama konsultasikan kepada dokter spesialis gigi anak. Lebih praktis, gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu dan si kecil.

(ADT/JKT)

Kesehatan Bayi

Konsultasi Dokter Terkait