Sukses

Vitamin C dari 8 Buah dan Sayur Ini Lebih Banyak daripada Jeruk

Jangan cuma mengadalkan jeruk sebagai sumber vitamin C. Ada buah dan sayur yang punya lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Ini dia!

Klikdokter.com, Jakarta Vitamin C sudah diketahui memiliki berbagai manfaat positif bagi tubuh, seperti menunjang sistem daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penyakit, dan menambah kandungan antioksidan di dalam tubuh. Sebagai sumber vitamin C, umumnya pikiran tertuju pada jeruk. Padahal, ada buah dan sayur lain yang ternyata menawarkan vitamin C lebih banyak daripada jeruk.

Kalau satu buah jeruk berukuran standar umumnya mengandung 70 mg vitamin C, buah dan sayur di bawah ini memberikan Anda lebih banyak vitamin C. Yuk mulai tambahankan buah dan sayur yang disebutkan di bawah ini sebagai variasi sumber vitamin C dan zat gizi lainnya.

  1. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini mengandung 132 mg vitamin C per porsi. Sebagai tambahan, beberapa penelitian ada yang menunjukkan bahwa brokoli dapat membantu untuk mencegah terjadinya kanker.

  1. Pepaya

Buah yang diketahui baik untuk pencernaan ini mengandung 88,3 mg vitamin C per porsi. Ada pula penelitian yang menunjukkan hasil bahwa pepaya dapat memperlancar aliran sinus, mencerahkan kulit, serta memperkuat tulang.

  1. Stroberi

Semangkuk stroberi mengandung 84,7 mg vitamin C. Selain itu, stroberi juga memiliki kadar asam folat dan zat gizi lainnya yang diketahui baik untuk kesehatan jantung Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan stroberi untuk membantu upaya memutihkan gigi.

  1. Nanas

Dengan kandungan 78,9 mg vitamin C dalam satu porsi, buah nanas juga mengandung bromelain, yaitu enzim pencernaan yang dapat membantu memecah makanan dan mengurangi perut kembung.

  1. Kiwi

Kandungan vitamin C dalam kiwi cukup tinggi, yaitu 137,2 mg. Selain itu, buah yang berasal dari tanah Tiongkok ini juga kaya akan kandungan kalium dan tembaga.

  1. Mangga

Buah tropis ini tak hanya enak dan segar, tapi juga mengandung 122,3 mg vitamin C per porsi. Mangga juga dikenal sebagai sumber utama vitamin A yang berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Kembang kol

Kerap disajikan dengan cara dikukus, direbus, atau dihancurkan (dibuat pure atau dijadikan sebagai pengganti nasi), satu porsi kembang kol memiliki kandungan vitamin C sebanyak 122,7 mg.

  1. Jambu biji

Jambu biji atau yang nama kerennya adalah guava ini juga kaya akan vitamin, dengan kandungan per porsi bisa mencapai 377 mg.

Pentingnya vitamin C untuk kesehatan tubuh

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, vitamin C bisa didapat dari konsumsi berbagai buah dan sayur. Umumnya, rekomendasi asupan harian vitamin C adalah sekitar 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Beberapa manfaat yang diketahui bisa Anda rasakan dari mengonsumsi vitamin C antara lain:

  • Membantu meningkatkan antioksidan dalam tubuh
  • Melawan tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Melawan faktor risiko penyakit jantung
  • Mencegah kekurangan zat besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi
  • Menunjang daya tahan tubuh dengan membantu sel darah putih berfungsi dengan baik.

Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, tak hanya melulu buah jeruk. Sajikan juga buah dan sayur yang disebutkan di atas sebagai variasi dari menu harian Anda. Ini tak hanya memastikan asupan vitamin C tetap terjaga, tapi juga mencegah rasa bosan karena pilihan yang tersaji di meja makan atau bekal ke kantor menjadi lebih bervariasi.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar