Sukses

4 Tips agar Tak Mudah Cedera Saat Tampil di Panggung

Jimin BTS mengalami cedera otot leher dan punggung. Supaya tak cedera seperti dia, ini tips yang bisa Anda terapkan.

Klikdokter.com, Jakarta Cedera yang dialami oleh salah satu personel boy band BTS, Jimin, menyita perhatian penggemarnya. Dia dikabarkan mengalami cedera di bagian leher dan punggung, yang memaksanya absen, termasuk pada talk show dengan Graham Norton.

Jimin dan rekan-rekannya di Bangtan Boys (BTS) memang sangat berisiko mengalami cedera, karena mereka harus bernyanyi sambil menari dalam setiap penampilan. Salah satu cedera yang mungkin terjadi adalah cedera otot.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, pada seseorang seperti Jimin, cedera otot besar seperti otot paha dan betis, serta otot punggung dan leher, memang memiliki angka kejadian yang lebih tinggi. Cedera otot yang dialami Jimin pun bisa terjadi sebagai akibat dari kurangnya pemanasan sebelum berlatih atau sebelum tampil di atas panggung.

Tak sebatas itu, cedera otot juga dapat terjadi akibat adanya kesalahan atau melakukan gerakan mendadak saat sedang bergerak. Postur tubuh sehari-hari yang keliru juga dapat menyebabkan terjadinya cedera otot leher maupun punggung, seperti halnya Jimin BTS.

Mengurangi risiko cedera

Risiko cedera seperti yang dialami Jimin BTS dapat diperkecil dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Lakukan pemanasan secara menyeluruh sebelum mulai menari, dan sertakan peregangan.
  2. Minum banyak air putih sebelum, selama, dan sesudah tampil di panggung
  3. Kenakan sepatu yang pas secara profesional, sesuai dengan gaya Anda saat di panggung. Sepatu yang tepat mendistribusikan beban, menyerap benturan, dan mendukung kaki Anda dengan baik
  4. Pastikan Anda beristirahat cukup di sela-sela jadwal yang padat. Ini akan membantu meminimalkan nyeri otot atau kekakuan.

Selain yang telah disebutkan, jangan lupa juga untuk memperhatikan tentang kebugaran dan postur tubuh, serta teknik bergerak saat di panggung. Pastikan Anda tidak melakukan gerakan mendadak, yang bisa meningkatkan risiko cedera otot.

Pertolongan saat terjadi cedera

Cedera ketika tampil di panggung sangat mungkin terjadi. Jika memang demikian, berikut upaya pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan:

  • Langsung berhenti ketika bagian tubuh tertentu terasa sakit. Terus memaksakan diri untuk bergerak hanya akan membuat cedera semakin buruk.
  • Obati semua cedera jaringan lunak, seperti memar, keseleo, dan otot tertarik dengan cara RICE (Rest, Ice, Compresion, dan Elevation). Gunakan empat langkah pertolongan pertama itu dengan segera, agar dapat mengurangi rasa sakit, membatasi pembengkakan, dan melindungi jaringan yang terluka. Ini semua akan membantu mempercepat proses penyembuhan.
  • Jangan lakukan aktivitas terlebih dahulu sampai benar-benar pulih dari cedera Anda

Menjadi seorang penyanyi sekaligus penari seperti Jimin BTS memang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami cedera otot, terutama di leher dan punggung. Untuk Anda yang sehari-seharinya dituntut untuk bergerak ekstra aktif, jangan khawatir karena cedera seperti ini bisa dicegah.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar