Sukses

13 Tips Makan Sehat di Akhir Pekan

Jangan jadikan akhir pekan sebagai waktu untuk makan sembarangan. Ini tips makan sehat untuk Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa akhir pekan sudah di depan mata! Mungkin Anda dan teman-teman sudah berencana berwisata kuliner di Sabtu ini dan sejenak melupakan pola makan sehat. Tapi coba pikir lagi, jangan sampai tindakan tersebut hanya bikin Anda menyesal. Anda bisa mengalami kenaikan berat badan dan tubuh menjadi kurang bugar akibat mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kadar gulanya.

Nah, daripada mengalami kondisi tersebut, lebih baik terapkan 13 tips makan sehat yang dilansir dari Popsugar.com ini agar tubuh Anda tetap langsing dan bugar.

1. Minum air lemon hangat

Awali hari dengan minuman simpel ini. Buat secangkir air hangat dan campurkan dengan perasan lemon yang bisa menyeimbangkan pH tubuh. Minuman ini bisa menenangkan pikiran, tubuh, sekaligus menyehatkan pencernaan Anda!

2. Masak sendiri

Masaklah makanan sehat di rumah, jangan tergoda untuk memesan makan via ponsel supaya terhindar dari makanan berlemak yang menguras kocek Anda.

3. Cukupi asupan sayur dan buah

Tingkatkan asupan nutrisi di akhir pekan dengan lebih banyak menyajikan sayur dan buah. Semangkuk buah-buahan bisa Anda jadikan menu sarapan. Dan siangnya, Anda bisa menyajikan protein hewani bersama dengan semangkuk aneka sayuran hijau.

4. Katakan tidak pada makanan olahan

Jangan tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji lagi. Berikanlah setidaknya satu hari penuh dengan makanan sehat karena di hari biasanya, sudah Anda isi dengan makanan olahan yang praktis.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Pilih karbohidrat yang sehat

Penuhi asupan karbohidrat dengan karbohidrat kompleks, misalnya umbi-umbian. Ya, Anda bisa mengganti roti tawar dan nasi putih dengan nasi merah, kentang kukus atau rebus, atau gandum (oatmeal).

6. Jangan ngemil sambil nonton

Tahan hasrat untuk mengemil, apalagi sambil menonton acara kesayangan. Bisa-bisa Anda tak sadar telah menghabiskan satu stoples biskuit dan satu kemasan besar keripik karena terlalu asyik menonton.

7. Terapkan akhir pekan tanpa gula

Karena di hari-hari biasa Anda sudah sering mengonsumsi kopi dengan gula atau teh dengan gula, akhir pekan ini cobalah untuk setop dulu. Takut lemas karena tidak mendapat asupan gula? Anda bisa menggantinya dengan gula alami yang terkandung dalam buah-buahan.

8. Buat camilan sendiri

Tetap ingin ngemil di akhir pekan? Cobalah buat camilan sehat sendiri. Sekarang sudah banyak, kok, resep camilan sehat yang bisa Anda dapatkan di internet, misalnya saja cara membuat biskuit oatmeal. Selain tanpa bahan pengawet, kadar gulanya pun bisa Anda takar sendiri sesedikit mungkin. Bahkan, mentega yang berlemak itu bisa Anda ganti dengan minyak zaitun.

9. Singkirkan alkohol dan soda

Tahan hasrat Anda untuk minum minuman alkohol dan minuman bersoda. Ya, meski akhir pekan kerap kali identik dengan pesta dan minuman tersebut, tak ada salahnya kan untuk “puasa” terlebih dulu? Sebab, selain kosong gizi, minuman tersebut mengandung kadar gula berlebih. Bisa-bisa, usaha Anda untuk mendapatkan tubuh langsing rusak karena minuman yang satu itu.

10. Minumlah lebih banyak air putih

Salah satu cara termudah untuk mendukung akhir pekan yang sehat adalah dengan menghidrasi tubuh Anda sendiri. Banyak minum air putih di akhir pekan bisa membersihkan tubuh dari racun dan menghasilkan pencernaan yang lebih sehat.

11. Hindari saus (dressing) kemasan

Meski Anda disarankan untuk memasak makanan di rumah, tetapi hindarilah saus-saus kemasan seperti saus tomat, saus cabai, ataupun mayones. Lagi pula, dalam secangkir mayones mengandung sebanyak 1.440 kalori! Cukup banyak, bukan? Jadi, jangan sampai menu sayuran hijau Anda “rusak” gara-gara tercampur oleh banyak mayones.

12. Pilihlah bahan makanan organik

Pestisida, herbisida, dan hormon dapat mengganggu sistem endokrin Anda sehingga memicu terjadinya peningkatan berat badan dan peradangan. Meski harganya jauh lebih mahal, tak ada salahnya, kan, sesekali Anda mengapresiasi diri dengan bahan makanan sehat tersebut?

13. Bawa bekal sendiri saat kumpul-kumpul

Terakhir, jika tak sanggup menolak ajakan pergi dari teman-teman, terima saja ajakan tersebut. Tetapi dengan catatan, Anda tetap membawa makanan sehat yang sudah Anda masak sendiri itu sebagai bekal makan siang atau makan malam Anda. Jangan tergoda untuk mencicipi makanan berlemak yang mereka pesan. Karena sekalinya itu sudah dirasakan oleh lidah Anda, pasti Anda akan ketagihan dan melupakan bekal makanan tersebut.

Itulah langkah rahasia agar Anda tetap langsing di akhir pekan. Ingat, jangan pernah menjadikan akhir pekan sebagai waktu untuk “menggemukkan badan” karena pasti Anda akan menyesal keesokan harinya. Cobalah terapkan 13 tips makan sehat ini secara rutin. Dan siapa tahu, Anda malah jadi bisa menginspirasi teman-teman untuk ikutan langsing dan bugar seperti Anda!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar