Sukses

7 Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak

Langit-langit mulut terasa sakit dan bengkak? Cari tahu penyebabnya di bawah ini!

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu organ di dalam mulut yang jarang diketahui orang adalah palatum, atau langit-langit mulut. Langit-langit mulut ini terletak di bagian rahang atas rongga mulut. Bagian dari mulut ini bisa menimbulkan masalah seperti peradangan dan bengkak jika tidak hati-hati. Apa saja yang bisa menyebabkan langit-langit mulut bengkak? 

1. Trauma

Salah satu penyebab paling umum dari bengkaknya langit-langit mulut adalah karena trauma (cedera). Hal ini bisa terjadi karena mengonsumsi makanan dengan suhu yang sangat panas sehingga menyebabkan kulit tipis pada langit-langit mulut berwarna kemerahan dan disertai rasa seperti terbakar.

Selain itu, pembengkakan juga dapat terjadi karena mengonsumsi makanan yang keras seperti keripik atau potongan makanan yang tajam. Jika tak dilakukan hati-hati, ini memang bisa melukai langit-langit mulut.

2. Infeksi gigi

Gigi yang berlubang dan dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan terjadinya abses pada ujung akar gigi, terutama gigi bagian atas. Abses umumnya berisi cairan nanah. Abses yang tidak dirawat atau diberi penanganan dapat menjalar hingga langit-langit. Karena itu, segeralah ke dokter gigi jika mengalami gigi berlubang.

3. Sariawan

Sebelum sariawan muncul, pembengkakan pada langit-langit mulut dapat terjadi. Tidak hanya pada bibir dan dinding mulut bagian dalam, sariawan juga bisa muncul di langit-langit mulut yang keras.

4. Dehidrasi

Dehidrasi membuat mulut menjadi kering sehingga langit-langit mulut dapat mengalami pembengkakan. Penyebab umum dari dehidrasi adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh dan mengonsumsi obat-obat tertentu.

Dehidrasi juga bisa dipicu oleh ketidakseimbangan elektrolit. Ketika kadar elektrolit menjadi lebih rendah atau terlalu tinggi, hal ini dapat memunculkan sejumlah gejala, termasuk pembengkakan pada langit-langit mulut.

5. Iritasi

Meski kasus ini jarang, pembengkakan pada langit-langit mulut bisa juga menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius, seperti asam lambung. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya aliran balik dari dalam lambung menuju rongga mulut.

6. Kanker mulut

Pembengkakan pada langit-langit mulut juga dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan yang serius, seperti kanker mulut.

7. Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebih dapat menimbulkan ketidaknyamanan serta pembengkakan di langit-langit mulut. Hal itu terjadi karena alkohol mendorong tubuh untuk melepaskan banyak urine yang dapat membuat Anda menjadi dehidrasi. Dehirasi dapat membuat mulut menjadi kering sehingga terjadilah bengkak di langit-langit mulut.

Dalam beberapa kasus, pembengkakan pada langit-langit mulut dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika tidak hilang dalam beberapa hari atau seminggu, segeralah ke dokter untuk didiagnosis.

Untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada langit-langit mulut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti:

  • Tidak makan makanan yang masih panas

Jika makanan atau minuman tersebut masih panas, tunggulah hingga suhunya agak lebih dingin.

  • Mengunyah makanan perlahan

Makanan yang keras tak hanya menyakiti gigi, tapi juga merusak gusi dan kulit di langit-langit mulut.

  • Hindari stres

Sariawan bisa muncul saat stres. Lakukan langkah-langkah untuk menangani stres, seperti olahraga, meditasi, dan latihan pernapasan dalam. Jika Anda merasa membutuhkan, carilah bantuan dari terapis profesional.

Jangan lupa untuk selalu rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Ini penting agar setiap keluhan, termasuk pembengkakan langit-langit mulut, bisa terdeteksi sejak dini dan mempermudah penanganan. Tak lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi secara teratur, tidak merokok, dan minum air cukup.

[RS/ RVS]

1 Komentar