Sukses

Usir Malas Usai Asian Para Games dengan 5 Olahraga Ini

Asian Para Games telah usai. Tetapi, bukan berarti Anda tidak bersemangat lagi untuk aktif bergerak. Ayo, usir rasa malas dengan berolahraga!

Klikdokter.com, Jakarta Asian Para Games 2018 sudah resmi berakhir pada Sabtu (13/10), ditandai dengan upacara penutupan. Seminggu ini, Asian Para Games mungkin membuat Anda bersemangat untuk aktif berolahraga. Akan tetapi, ketika ajang tersebut selesai, Anda mungkin akan kembali malas beraktivitas fisik. Ayo, usir rasa malas itu dengan kembali melakukan olahraga favorit Anda!

Anda pasti sudah tahu betul manfaat sehat olahraga. Tapi, tak semua orang mau melakukannya secara rutin dan teratur. Alasannya banyak, bisa karena bosan, tidak punya waktu cukup, atau malas.

Sebenarnya, cukup bahaya jika Anda melewatkan hari tanpa berolahraga. Menurut para ahli, beraktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik serta jiwa. Ini karena olahraga membuat metabolisme tubuh menjadi lancar, juga meningkatkan mood alias suasana hati Anda.

Atas dasar itu, Anda harus memacu diri agar mau berolahraga. Itu bisa dilakukan dengan beberapa hal, salah satunya adalah bergabung ke dalam grup olahraga yang Anda sukai.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan olahraga beregu yang bisa membuat hati Anda senang sekaligus menyehatkan:

  1. Joging

Joging adalah jenis olahraga yang sangat digandrungi masyarakat saat ini. Selain mudah, olahraga yang satu ini juga tergolong murah.

Joging dapat memperkuat jantung dan sistem pembuluh darah. Di samping itu, joging juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, serta membuat kerja jantung lebih efisien.

Jika Anda ingin joging, lakukanlah bersama keluarga, teman, atau pasangan. Itu bisa membuat lebih semangat dan termotivasi untuk melakukannya. Jika perlu, bergabunglah dengan komunitas lari yang biasanya memiliki jadwal lari tetap.

  1. Bersepeda

Dikatakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, bersepeda memiliki manfaat sehat seperti olahraga lari.

“Bersepeda juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki keterbatasan dalam lari. Bersepeda akan memberikan manfaat pada tubuh yang sangat mendekati berlari, dengan risiko gangguan pada sendi jauh lebih kecil,” katanya.

  1. Futsal

Futsal adalah olahraga sepakbola 5 lawan 5, dengan ukuran lapangan yang lebih kecil.  Olahraga beregu ini terbukti mampu meningkatkan kapasitas serta kesehatan paru-paru Anda.

Dengan bermain futsal, tingkat kebugaran dan kesehatan pembuluh darah Anda juga akan meningkat secara keseluruhan. Bahkan, jika futsal dimainkan dalam waktu sekitar 40 menit, itu dapat membakar hingga 800 kalori!

  1. Basket

Basket merupakan permainan cepat yang melibatkan banyak variasi. Olahraga ini dapat membantu Anda membakar sebanyak 630–750 kalori dalam satu jam. Selain itu, basket juga mampu membangun daya tahan tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, mengembangkan konsentrasi dan disiplin diri, serta membangun otot tangan.

  1. Voli

Bermain voli memengaruhi persentase lemak tubuh dan rasio otot seluruh tubuh dengan cara yang positif. Menurut FitnessHealthZone.com, 45 menit bermain voli mampu membakar hingga 585 kalori, yang menghasilkan penurunan berat badan secara signifikan selama jangka waktu yang panjang.

Selain itu, bermain voli juga turut mengurangi risiko darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung dan diabetes. Kegiatan fisik yang terlibat dalam bermain bola voli juga akan memperkuat tubuh bagian atas, lengan dan bahu serta otot-otot paha dan kaki bawah.

Nah, itu adalah beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membunuh rasa malas setelah berakhirnya Asian Para Games. Lakukanlah secara rutin dan teratur bersama rekan-rekan, agar kesehatan dan tubuh yang bugar juga bisa dimiliki secara bersamaan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar