Sukses

Ini Dia Segudang Manfaat Sehat Buah Naga

Tahukah Anda bahwa buah naga memiliki banyak manfaat sehat yang tidak Anda sangka? Simak di sini selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang tahu buah naga. Buah dengan bentuk unik dan rasa yang menarik ini ternyata memiliki banyak manfaat sehat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Pada awalnya, buah naga terdapat pada daerah gurun atau daerah dengan iklim kering. Namun kini buah naga telah banyak dibudidaya di Indonesia, terutama di daerah-daerah dengan strukur tanah yang kering dan berpasir.

Buah naga memiliki beberapa varian, sebagian berwarna putih dan sebagian lagi berwarna ungu-kemerahan (nila). Meski berbeda, buah naga memiliki manfaat sehat yang secara umum meliputi:

  • Kaya kandungan cairan

Meski hidup di derah kering, buah naga merupakan salah satu tempat penyimpanan air bagi tumbuhan kaktus. Ini berarti, buah naga mengandung kadar cairan yang cukup tinggi.

Hal itu membuat buah naga dapat mencegah dehidrasi, juga memberikan sensasi kesegaran saat dikonsumsi. Hal inilah yang membuat masyarakat suka mengonsumsi buah naga, baik langsung dimakan, dijadikan jus, atau dicampur dengan buah-buahan lain sebagai es buah.

  • Sumber zat besi

Buah naga juga memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah sebagai sumber zat besi bagi tubuh. Seratus gram buah naga mengandung 1,9 miligram zat besi atau setara dengan 11 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa.

Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin itu sendiri berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel yang ada pada tubuh. Dengan kadar hemoglobin yang tercukupi, anemia tidak akan terjadi.

Tak hanya itu, kandungan zat besi pada buah naga juga mampu menunjang tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan si Kecil. Jadi, jangan ragu bila ingin memberikan buah naga pada anak Anda, ya!

  • Kaya vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Faktanya, jumlah vitamin C dalam buah naga ternyata tiga kali lipat lebih banyak daripada yang ada pada wortel. Pada buah naga berukuran 100 gram terkandung 21 mg vitamin C, atau sebanding dengan 34 persen kebutuhan vitamin C harian orang dewasa,

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga, selain berfungsi untuk menjaga kebugaran, daya tahan tubuh, dan kesehatan kulit, juga dapat beperan untuk membantu penyerapan zat besi di dalam saluran cerna.

Itu dia beberapa manfaat sehat buah naga yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Jika Anda ingin merasakan sendiri manfaat-manfaat tersebut, tak ada salahnya untuk menjadikan buah naga sebagai konsumsi sehari-hari. Akan tetapi, Anda harus tetap ingat untuk membatasi asupan buah naga agar tidak berlebihan. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar