Sukses

Penyebab Badan Lemas Usai Bertanding Olahraga

Atlet yang berlaga di Asian Para Games berpeluang untuk mengalami badan lemas usai bertanding. Cari tahu apa penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Keluhan badan lemas bisa saja menghinggapi para atlet seusai bertanding di ajang Asian Para Games 2018. Apalagi dengan jadwal pertandingan yang padat, khususnya untuk atlet yang bertanding di beberapa kategori. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab badan lemas?

Tidak seperti Asian Games yang diadakan selama 2 minggu, Asian Para Games ini diselenggarakan dengan waktu yang lebih pendek, yakni seminggu. Ada juga beberapa cabang olahraga yang harus diselenggarakan setiap hari. Ini tentu akan membuat atlet yang turun di beberapa kategori akan merasa kelelahan.

Belum lagi atlet-atlet luar negeri yang harus pulang ke negaranya masing-masing dengan jarak tempuh jauh dan waktu yang sangat lama. Faktor-faktor tersebut akan menambah peluang mereka merasakan badan lemas.

Asian Para Games sendiri akan ditutup pada Sabtu (13/10) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Selanjutnya, para atlet harus mengembalikan kondisi tubuh mereka karena tentu masih ada ajang-ajang lainnya.

Penyebab badan lemas

Badan lemas memiliki beragam penyebab. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, inilah beberapa faktor yang dapat memicu badan lemas:

1. Otot dipaksa bekerja keras

Dalam ajang olahraga seperti Asian Para Games, setiap atlet akan mengerahkan seluruh tenaga untuk mendapatkan hasil yang baik. Ini juga berefek pada penggunaan otot yang berlebihan, sehingga meningkatkan produksi asam laktat. Asam laktat yang menumpuk inilah yang membuat tubuh menjadi lemas.

2. Jadwal pertandingan yang padat

Ini sangat jelas. Jadwal pertandingan yang sangat padat seperti di ajang Asian Para Games bisa berefek pada tubuh yang lemas. Saat pemulihan belum maksimal, atlet sudah harus bertanding lagi keesokan harinya. Hal ini nantinya bisa membuat badan lemas karena efek kelelahan yang menumpuk.

3. Istirahat kurang

Tak jarang, para atlet harus bertanding sampai malam hari dan besok paginya sudah harus kembali bertanding di arena. Ini tentu bisa membuat badan terasa lelah, apalagi jika istirahat kurang. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan tidur cukup dan berkualitas.

4. Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja, termasuk atlet yang bertanding di Asian Para Games. Mereka bisa stres karena beban untuk berprestasi. Ini bisa menyebabkan stres secara fisik dan psikis. Stres memicu pelepasan radikal bebas dalam tubuh yang berujung tubuh akan kehilangan energi.

1 dari 2 halaman

Badan lemas bisa segera diatasi

Badan lemas setelah berlaga di Asian Para Games bisa diatasi. Selain istirahat yang cukup, lewat beberapa asupan yang baik, tubuh pun bisa kembali bugar. Menurut

dr. Sepriani Trimurtini Limbong dari KlikDokter ada beberapa pilihan makanan yang dapat membantu mengatasi badan lemas, seperti:

  • Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan cepat adalah: kentang, nasi merah, roti gandum, dan serealia gandum. Semua bahan makanan tersebut mengandung serat yang berguna untuk mencegah dan mengatasi keluhan badan lemas.

  • Protein yang cukup

Protein berhubungan dengan pembentukan hormon, regenerasi sel, dan pembentukan otot. Jadi, dengan memenuhi kebutuhan protein setiap hari, badan lemas tak akan terjadi lagi. Protein bisa didapatkan dari tahu, tempe, daging merah, telur, ikan, kacang kedelai, keju, dan susu.

  • Vitamin dan mineral

Bagi Anda yang sedang mengalami badan lemas, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi, seperti sayur dan buah-buahan.

Badan lemas yang terjadi usai bertanding olahraga adalah hal yang wajar, terlebih untuk para atlet yang mengikuti ajang sebesar Asian Para Games. Tapi jangan biarkan kondisi tersebut berlarut-larut, ya. Segeralah atasi jika tak mau aktivitas Anda terganggu.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar