Sukses

5 Menu Sehat untuk Penderita Artritis

Tak hanya bergizi, makanan dan minuman berikut ini juga dapat diolah menjadi berbagai menu yang nikmat untuk penderita artritis.

Klikdokter.com, Jakarta Artritis adalah kondisi peradangan pada sendi yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Gangguan kesehatan yang satu ini memiliki beragam jenis, termasuk artritis rematoid, gout artritis, dan lain sebagainya. Gangguan kesehatan ini dapat ditangani dengan mengonsumsi berbagai menu sehat.

Artritis rematoid atau yang dikenal dengan sebutan artritis rematik, dapat menimbulkan masalah di beberapa sendi dalam waktu yang sama. Pada tahap awal biasanya peradangan sendi ini mengenai sendi-sendi kecil seperti pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Selanjutnya ia bisa mengenai sendi, bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher.

Artritis rematik vs artritis gout

Perlu Anda ketahui, gejala artritis rematik meliputi nyeri sendi baik bila disentuh atau tidak, pembengkakan sendi, tangan yang kemerahan, dan badan lemas. Selain itu dirasakan pula kekakuan sendi di pagi hari yang bertahan hingga 30 menit, demam, hingga penurunan berat badan yang tidak wajar.

Sementara gout, atau yang populer disebut asam urat adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh.

“Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Gout kronik alias jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan asam urat di dalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal,” ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr Mega menjelaskan bahwa gejala awal dari artritis gout adalah tubuh area tertentu terasa panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada ibu jari kaki.

Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut, penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan.

“Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama,” tambah dr. Mega.

1 dari 2 halaman

Berantas penyakit artritis dengan menu sehat ini!

Bagi Anda yang telah menderita artritis, tak perlu bingung dalam memiliki menu. Agar kesehatan Anda terjaga, utamakan asupan lewat daftar makanan di bawah ini:

  1. Ikan

Para ahli merekomendasikan Anda untuk makan ikan setidaknya 3 hingga 4 ons ikan sebanyak dua kali dalam seminggu. Ikan kaya akan kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan sendi tubuh. Anda bisa mencoba ikan seperti salmon, tuna, mackerel dan herring.

  1. Kedelai

Tidak terlalu suka dengan ikan? Dapatkan manfaat asam lemak omega-3 dari makanan yang mengandung kacang kedelai, contohnya tahu atau edamame. Kedelai rendah lemak, tinggi protein, penuh serat, serta baik untuk tubuh Anda.

  1. Produk susu

Produk susu rendah lemak, seperti susu, yoghurt dan keju yang dikemas dengan kalsium serta vitamin D, sanggup meningkatkan kekuatan tulang. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda tak dapat mengonsumsi produk susu, pilih makanan kaya kalsium dan vitamin D lainnya seperti sayuran hijau.

  1. Brokoli

Kaya vitamin K dan C, brokoli juga mengandung senyawa bernama sulforaphane yang dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan osteoartritis. Brokoli juga kaya akan kalsium dan bermanfaat untuk membangun kekuatan tulang.

  1. Teh hijau

Setelah disuguhkan makanan, kini saatnya minum sajian yang satu ini. Teh hijau dikemas dengan polifenol, kandungan antioksidan yang diyakini mengurangi peradangan.

Studi lainnya menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam teh hijau bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG), sanggup memblokir produksi molekul yang menyebabkan kerusakan sendi.

Bagi Anda yang menderita artritis, konsumsilah deretan menu sehat di atas yang aman dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsultasikan pula pada dokter Anda terkait kondisi artritis yang dimiliki, sehingga mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar