Reproduksi

Benarkah Ukuran Penis Pengaruhi Kesuburan Pria?

dr. Atika, 12 Okt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Semakin kecil ukuran penis, semakin kecil pula tingkat kesuburan yang dimiliki seorang pria. Benarkah anggapan tersebut?

Benarkah Ukuran Penis Pengaruhi Kesuburan Pria?

Ukuran penis sering dijadikan sebagai indikator kejantanan oleh seorang pria. Misalnya, penis yang lebih besar dihubungkan sebagai simbol pria perkasa yang tingkat kesuburannya di atas rata-rata. Sebaliknya, ukuran penis yang kecil dikaitkan dengan tingkat kesuburan (fertilitas) yang lebih rendah.

Apakah hal tersebut benar adanya? Benarkah medis setuju dengan anggapan bahwa ukuran penis berpengaruh pada tingkat kesuburan seorang pria?

Ukuran penis dan tingkat kesuburan pria

Dalam sebuah penelitian didapatkan fakta bahwa kebanyakan pria merasa tidak puas dengan ukuran penis mereka, dan mengharapkannya lebih besar lagi. Bahkan tidak sedikit pria yang mencari cara untuk memperbesar penis dengan obat-obatan atau tindakan lain, sekalipun ukuran penis mereka masih terbilang normal. Penelitian Lever et al tahun 2006 juga menemukan kaitan antara ukuran penis dengan kepuasan fisik lain, seperti wajah dan penampilan tubuh secara keseluruhan.

Namun, apa artinya ukuran penis bila semata-mata dihubungkan dengan kepuasan atau persepsi subjektif seseorang atas dirinya. Hal yang mungkin lebih signifikan adalah kaitannya dengan kesuburan. Apakah benar bahwa pria dengan penis kecil akan lebih sulit mendapat keturunan?

Hingga saat ini, penelitian yang mengaitkan tingkat kesuburan pria dengan ukuran penis belum banyak dilakukan. Penelitian-penelitian yang ada lebih mengarah pada pengaruh jarak anogenital (AGD)―jarak antara batas skrotum belakang dengan anus― terhadap tingkat kesuburan pria.

Salah satu penelitian yang menilik kaitan antara AGD dan perkembangan genital dilakukan oleh Eisenberg et al tahun 2011. Penelitian yang dipublikasi di PLOS One itu mencoba mengaitkan antara jarak AGD dan kesuburan pria.

Untuk diketahui, tim ahli yang tergabung dalam penelitian tersebut juga memasukkan panjang penis sebagai aspek yang ditelaah. Kesuburan dalam penelitian ini diwakili dengan status partisipan (sudah memiliki anak atau belum), serta parameter semen (jumlah sperma, motilitas sperma, dan jumlah sperma yang motil).

Setelah dilakukan, penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa pria dengan AGD yang pendek memiliki tingkat kesuburan yang rendah. Para peneliti juga menemukan bahwa AGD berhubungan secara signifikan dengan jumlah dan motilitas sperma pria. Namun, di sisi lain, hubungan antara panjang penis dengan jumlah maupun motilitas sperma tidaklah ditemukan.

Mengapa AGD dapat menunjukkan kesuburan? Alasan di balik hal ini bermula dari sebuah penelitian terhadap hewan, yang menyatakan bahwa panjang genital berkaitan dengan pemberian agen-agen yang mengganggu kerja hormon androgen (hormon reproduksi pria). Terhadap tikus yang terpapar phthalate, diketahui terdapat penekanan jumlah androgen janin sehingga ukuran testis dan sel testis juga tidak normal.

Phthalates itu sendiri adalah komponen yang banyak terdapat di produk rumah tangga, terutama plastik. Ini pula yang menjadi salah satu penyebab peningkatan kesadaran untuk membatasi paparan phthalates (salah satunya dari plastik) terutama terhadap ibu hamil.

Jadi, apakah ukuran penis pengaruhi kesuburan pria? Jawabannya: masih belum dapat dipastikan. Dengan kata lain, ukuran penis masih belum terbukti menjadi salah satu indikator yang memengaruhi tingkat kesuburan pria. Masih dibutuhkan penelitian yang lebih mendetail untuk dapat memastikan hal ini.

Setelah mengetahui fakta medis ini, pria yang memiliki ukuran penis tergolong kecil diharapkan tidak perlu langsung menganggap bahwa dirinya tidak subur. Sebab, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa tingkat kesuburan pria dipengaruhi oleh ukuran penis.

Bila memang Anda memiliki penis dengan ukuran kecil dan merasakan gangguan kesuburan, jangan buru-buru ambil kesimpulan. Akan lebih baik bila Anda dan pasangan periksa ke dokter terlebih dahulu. Dengan memeriksakan kedua belah pihak secara saksama, faktor penyebab gangguan kesuburan yang Anda rasakan dapat diketahui dengan lebih pasti.

[NB/ RVS]

Ukuran PenisKesuburanPenisKesuburan Priagangguan kesuburan

Konsultasi Dokter Terkait