Sukses

Cara agar Anak Tidur Tepat Waktu

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Untuk itu, terapkan cara ini agar buah hati Anda bisa tidur tepat waktu.

Mengarahkan anak untuk tidur tepat waktu kadang jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Si Kecil pun tak jarang tidur terlambat karena berbagai alasan.

Faktor dari anak maupun orang tua dapat berperan dalam terjadinya kebiasaan tidur terlambat ini. Mulai dari kebiasaan bermain anak, pola tidur orang tua yang terlalu larut, hingga paparan gadget.

Padahal, banyak manfaat yang dapat diterima anak ketika mereka tidur tepat waktu, yaitu kecukupan waktu istirahat, keluarnya hormon pertumbuhan saat tidur yang lebih optimal, hingga bangun pagi dengan lebih nyaman dan tidak terburu-buru.

Meski sulit untuk mengubah kebiasaan yang sudah tertanam, tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Anda bisa mulai mengusahakannya dari sekarang!

Untuk membantu Anda, berikut adalah tips agar anak tidur tepat waktu:

1 dari 4 halaman

1. Hindari Penggunaan Gawai Menjelang Waktu Tidur

Dilansir dari jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), cahaya biru dari gawai dapat menekan sekresi hormon melatonin yang seharusnya berfungsi mengatur pola tidur, sehingga mengacaukan jam biologis.

Meski semua cahaya bisa berdampak buruk, cahaya biru pada gawai memberikan efek paling kuat di antara cahaya lainnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menghindari penggunaan gawai selama 30 menit sampai 1 jam sebelum anak-anak tidur. Dengan begitu, diharapkan anak dapat jatuh tertidur dengan lebih mudah.

Artikel Lainnya: Cara Jitu Agar Anak Berani Tidur Sendiri

2. Meredupkan Pencahayaan di Kamar Tidur Anak

Pencahayaan di kamar tidur anak juga dapat memengaruhi kualitas tidur mereka. Membiarkan lampu menyala di kamar tidur anak pada malam hari bisa menghambat pelepasan melatonin dan membuat anak jadi susah tidur.

Untuk membuat anak tidur tepat waktu, caranya bisa dengan meredupkan pencahayaan kamar. Ini dilakukan demi menciptakan suasana tidur yang lebih kental.

3. Usahakan agar Anak Tidur pada Jam yang Sama

Tips lainnya agar anak tidur tepat waktu adalah dengan membangun jam tidur yang sama setiap harinya. Orang tua bisa berdiskusi dengan anak seputar jam tidur yang tepat dan baik untuk semua pihak.

Setelahnya, upayakan untuk konsisten menerapkan jam tidur yang hampir sama setiap harinya.

Dengan menerapkan hal tersebut, anak akan paham dan setuju untuk menyesuaikan kegiatan yang dilakukannya demi menunjang jam tidur yang semakin dekat.

2 dari 4 halaman

4. Melakukan Kegiatan yang Menenangkan Sebelum Tidur

Apakah ketika jam tidur sudah semakin dekat, Anda dan anak-anak justru bermain perang bantal? Hati-hati, ada dua kemungkinan akibatnya.

Pertama, kegiatan melelahkan akan membuat mereka letih (dan harapannya anak mudah tertidur). Kedua, mungkin juga anak semakin ‘terbangun’ dan bersemangat.

Maka, untuk membuat anak tidur tepat waktu, caranya adalah dengan menyesuaikan situasi dan kondisi menjelang jam tidur.

Sebaiknya tidak ada kegiatan yang terlalu melibatkan aktivitas fisik sebelum tidur. Hindari juga adanya suara-suara yang terlalu keras, seperti musik atau televisi beberapa saat sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Usia Berapa Anak Sebaiknya Belajar Tidur Sendiri?

5. Mandi Sebelum Tidur Malam

Anda dapat memasukkan mandi sebelum tidur sebagai rutinitas ‘pengantar tidur’ anak.

Mandi, khususnya dengan air hangat, dapat memberikan perasaan relaks dan tenang. Akhirnya gejolak semangat anak untuk bermain akan reda secara perlahan-perlahan, dan tubuh anak siap untuk tertidur.

6. Membaca Sebelum Tidur

Membaca buku sebelum tidur juga merupakan kegiatan pengantar tidur yang sangat efektif. Selain itu, ada pula bonus penguatan ikatan emosional antara anak dan orang tua dengan aktivitas ini.

Nah, jangan lupa juga untuk menjadi selektif dalam memilih tema buku yang sesuai. Pilihlah topik buku yang tidak memicu emosi tinggi dalam diri anak.

3 dari 4 halaman

7. Jaga Asupan di Malam Hari dan Menjelang Tidur

Banyak sumber yang menyebutkan bahwa makan camilan manis sebelum tidur dapat menyebabkan lonjakan tingkat energi anak, sehingga menyebabkan mereka menjadi sulit tidur. Apakah Anda pernah melihat kejadian seperti ini di rumah?

Bila si Kecil lapar menjelang waktu tidur, berikan camilan seperti roti panggang gandum, apel, atau biskuit gandum, dan batasi sekitar 60 menit sebelum tidur.

Menerapkan cara ini akan membuat anak bisa pergi tidur dengan rasa nyaman tanpa terganggu oleh perut yang penuh.

Artikel Lainnya: Bunda, Ini Tips agar Anak Mau Tidur Siang

8. Siapkan Tempat Tidur yang Nyaman

Tips berikutnya agar anak mau tidur tepat waktu adalah upayakan tempat tidur si Kecil nyaman. Ketika kasur terasa nyaman, bersih, dan rapi, maka dapat mengundang anak untuk tidur.

Ketika anak sudah berusia lebih besar, Anda bisa menata tempat tidur dengan boneka lembut favorit anak. Dengan begini, anak merasa nyaman untuk tidur.

Selain kasur yang nyaman, penting juga untuk memperhatikan ketebalan selimut anak. Sesuaikan jenis selimut dengan suasana kamar dan preferensi anak.

9. Orang Tua Juga Perlu Menyesuaikan Kegiatan

Ada kalanya jam tidur anak sudah semakin dekat, tapi orang tua masih aktif dan banyak kegiatan. Padahal, sebagian anak masih harus didampingi agar bisa tidur tepat waktu. Khususnya pada anak usia dini, mereka masih sangat membutuhkan orang tua untuk menemani tidur.

Jadi, pastikan Anda menyediakan waktu luang untuk mendampingi si Kecil tidur. Dengan begitu, ia akan memperoleh kebiasaan tidur tepat waktu.

Demikianlah deretan tips agar anak Anda bisa tidur tepat waktu. Jangan sepelekan waktu tidur anak, karena durasi dan kualitas tidurnya akan memengaruhi kesehatan serta aktivitas mereka esok hari. Terapkan berbagai kiat di atas agar si Kecil terbiasa tidur tepat waktu, sehingga proses tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Ingin tahu tips-tips lainnya seputar tumbuh kembang anak? Unduh aplikasi Klikdokter untuk membaca artikel-artikel kesehatan lainnya.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar