Sukses

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bikin Anda Rentan Kena Flu

Siapa, sih, yang mau terkena influenza atau flu? Sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang bikin Anda rentan flu. Apa saja? Cek di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Mengalami hidung tersumbat, pilek, sakit kepala, badan lemas, demam yang semuanya adalah khas gejala flu, tentu tak ada yang mau karena akan mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan kadang harus istirahat di rumah. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang bikin Anda rentan terkena flu yang tanpa disadari terus Anda lakukan.

Virus influenza menyebar melalui cairan (droplet) yang keluar saat penderita bersin, batuk, atau berbicara. Itu artinya, semakin lama Anda berada di ruangan yang sama dengan orang yang sedang terkena flu, semakin besar pula kemungkinan Anda tertular penyakit tersebut.

“Flu biasanya akan sembuh sendiri seiring berjalannya waktu. Biasanya, waktu yang diperlukan untuk pulih total adalah sekitar 7 hari. Namun, pada tiap orang bisa berbeda-beda. Pengobatan flu sendiri bisanya simptomatik, yang artinya hanya mengobati gejala yang ada,” ujar dr. Rio Aditya kepada KlikDokter.

Kebiasaan-kebiasaan yang bikin Anda rentan sakit flu

Bagaimanapun, terkena flu akan membuat penderitanya tidak nyaman, sehingga kemudian kondisi tubuhnya menurun dan jatuh sakit. Karena flu bisa dialami siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, waspadai penularannya dengan menghentikan kebiasaan berikut ini.

  1. Malas mencuci tangan

Kebiasaan sesederhana mencuci tangan dengan cara yang tepat jangan sampai disepelekan. Pastikan Anda mencuci tangan setidaknya selama 20 detik sebelum mengeringkannya. Biasakan mencuci tangan setelah menyiapkan makanan, batuk atau bersin, dan atau setelah menggunakan ke kamar mandi karena kuman bisa hinggap kapan saja.

  1. Kurang tidur

Stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga salah satu cara yang tepat adalah memenuhi kebutuhan istirahat. Kurang tidur di bawah 7 jam misalnya—apalagi jika Anda doyan begadang—dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan dapat berdampak pada penyakit yang mudah menyerang tubuh, salah satunya flu.

  1. Merokok

Merokok adalah kebiasaan paling berbahaya karena membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Ketika Anda merokok, sistem kekebalan tubuh secara otomatis melemah.

  1. Sering minum minuman beralkohol

Terlalu banyak minum minuman alkohol dapat membuat fungsi sistem kekebalan tubuh terhambat karena perubahan fungsi hati yang mengubah sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan tubuh. Saat sedang musim flu, ada baiknya Anda menghindari, bahkan lebih baik lagi menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini.

  1. Stres

Stres menjadi salah satu faktor utama kekebalan tubuh lemah yang membuat rentan terkena penyakit. Tingkat stres yang tinggi juga dapat menyebabkan depresi dan kecemasan, sehingga risiko terkena flu semakin besar.

  1. Kontak dengan pengidap flu

Melakukan kontak langsung dengan orang yang baru saja terinfeksi flu bisa meningkatkan risiko tertular. Jadi, meski orang tersebut baru pulih dari flu, lebih baik jaga jarak atau gunakan pelindung seperti masker.

  1. Kurang olahraga

Menjaga rutinitas olahraga adalah cara yang terkenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga biasakan melakukan aktivitas ini setidaknya tiga kali seminggu demi membantu mengurangi peluang Anda terkena flu.

1 dari 2 halaman

Cara menangani gejala flu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengobatan flu adalah mengobati gejala-gejalanya. Menurut dr. Rio, ini dia cara mengobati gejalanya.

  • Pilek atau hidung tersumbat: obat dekongestan seperti oxymetazolin, phenylephrine, atau pseudoephedrine.
  • Batuk: Anda bisa menggunakan ambroxol, guaifenesin guaiacolate untuk batuk berdahak, dan dextrometorphan untuk batuk tidak berdahak.
  • Sakit kepala karena flu dapat diatasi dengan menggunakan obat yang mengandung parasetamol.

Ingat, jangan sembarangan minum obat, sebaiknya obat-obat yang dikonsumsi diresepkan oleh dokter yang memeriksa Anda.

Ada banyak cara untuk menghindari diri dari flu. Selain dengan menerapkan pola makan sehat berimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup, cobalah mengingat-ingat apakah Anda masih melakukan tujuh kebiasaan yang disebutkan di atas, yang bisa membuat Anda rentan kena flu? Jika masih, hentikan segera! Apabila Anda sudah terlanjur terkena flu, yang mana Anda mengalami demam lebih dari 38 derajat Celcius, sesak nafpas, dan sulit makan atau minum, segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar