Sukses

5 Kiat Kulit Sehat untuk Atlet Asian Para Games

Berlatih dan bertanding di bawah terik matahari, rentan membuat kulit kering dan rusak. Ini kiat kulit sehat bagi atlet Asian Para Games.

Klikdokter.com, Jakarta Kompetisi olahraga Asian Para Games 2018 sudah dimulai sejak Sabtu (6/10) lalu. Seluruh atlet pun mempersiapkan diri dengan baik, termasuk latihan di luar ruangan. Sayangnya, aktivitas ini rentan merusak kesehatan kulit para atlet. Untuk mewujudkan kulit sehat, mereka membutuhkan kiat khusus.

Tak bisa dimungkiri, saat ini atlet Asian Para Games tengah menjadi sorotan berbagai media. Beragam momen pertandingan pun selalu diabadikan. Oleh sebab itu, selain kehebatan teknik dari si atlet, kondisi kulit yang sehat juga perlu diperhatikan.

Paparan sinar matahari dan polusi, udara tentunya akrab dengan keseharian para atlet. Untuk menjaga kesehatan kulit, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dilakukan, terutama selama perhelatan Asian Para Games 2018:

  1. Mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan

Bila Anda termasuk atlet yang bertanding di cabang olahraga outdoor, menggunakan tabir surya sangat diwajibkan. Pasalnya, terpapar sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya bisa membuat kulit Anda terbakar, memerah, gosong, dan mengelupas! Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

Sebagai seorang atlet dengan metabolisme tinggi, jangan lupa pilih tabir surya yang tahan air dan keringat. Kalau malas mengoleskannya di sekujur tubuh, gunakan saja tabir surya yang kini tersedia dalam bentuk semprotan (spray) supaya lebih ringkas.

"Semakin lama atlet berada di bawah sinar matahari, maka pemakaian tabir surya dianjurkan dilakukan secara berulang untuk memastikan perlindungan kulit tetap optimal." jelas dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. Bila Anda kesulitan untuk melakukannya, pilih tabir surya dengan SPF 50 sebelum beraktivitas.

  1. Menggunakan sabun yang mengandung pelembap

Selain sinar matahari, ada juga zat klorin yang bisa merusak kondisi kulit. Klorin merupakan zat kimia keras yang selalu ditambahkan ke dalam air kolam renang untuk membunuh kuman penyakit. Zat tersebut disinyalir bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Oleh sebab itu, atlet renang wajib membersihkan diri dengan sabun wajah dan tubuh yang mengandung pelembap tinggi. Sesudah mandi, jangan lupa gunakan juga losion pelembap pada wajah dan tubuh agar kesehatan kulit tetap terjaga.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Tubuh yang lelah setelah berlatih seharian memang paling enak diguyur dengan air hangat. Hal ini pun sering dilakukan para atlet untuk menghilangkan rasa pegal. Meski demikian, hindari mandi terlalu lama dengan air yang terlalu panas, karena bisa membuat kulit kering dan mengalami gangguan regenerasi kulit.

Hati-hati, mandi terlalu lama dengan air panas juga bisa membuat kulit wajah mengalami peradangan hingga muncul jerawat. Jadi, lebih baik mandilah dengan air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin (suam-suam kuku). Atur juga durasi waktu mandi agar kulit terhindar dari kekeringan.

  1. Gosok tubuh dengan perlahan

Meski Anda merasakan tubuh lengket dan kotor akibat keringat serta polusi, melakukan scrubbing memang tidak ada salahnya. Tapi, jangan sampai Anda menggosok kulit terlalu keras hingga menyebabkan iritasi kulit.

Jangan sampai niat hati ingin membersihkan daki, tapi yang terkelupas malah lapisan kulit sendiri. Intinya, jangan menggosok terlalu kuat, apalagi menggunakan alat bantu atau handuk yang permukaannya juga kasar. Gosok kulit dengan spons khusus untuk mandi.

  1. Gunakan masker wajah secara rutin

Kalau sudah menerapkan empat hal di atas, Anda juga perlu mengaplikasikan masker wajah setiap seminggu sekali. Bila ingin lebih praktis, Anda bisa mengenakan sheet mask. Nah, kalau ingin membuat masker alami bersama dengan rekan-rekan atlet lainnya, Anda bisa mencoba resep berikut.

Campur 125 ml air hangat dengan 30 gram oatmeal. Tambahkan 2 sendok makan yoghurt, 2 sendok makan madu, dan 1 sendok makan putih telur. Aduk rata, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah masker kering, bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih. Gampang, kan?

Intensitas latihan di luar ruangan yang tinggi dan sorotan media yang tak bisa dihindari membuat atlet Asian Para Games perlu memperhatikan kesehatan kulitnya. Dengan kulit sehat, tentunya para atlet akan lebih nyaman dalam bertanding memperebutkan medali. Tak hanya untuk atlet, berbagai tips di atas juga boleh Anda terapkan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar