Sukses

5 Penyebab Kaki Bengkak yang Wajib Anda Waspadai

Selain diakibatkan cedera tertentu, kaki bengkak bisa disebabkan oleh kondisi-kondisi lainnya. Kenali 5 penyebabnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami kaki bengkak yang membiru atau kemerahan? Secara medis, kondisi ini dapat terjadi akibat banyak faktor, salah satunya adalah karena terbentur sesuatu. Saat terbentur, bagian kaki yang keseleo dapat menjadi bengkak, seperti penjelasan dr. Kartika Mayasari kepada  KlikDokter berikut ini.

“Bengkak karena keseleo sudah bukan merupakan hal yang aneh lagi bagi Anda yang gemar melakukan olahraga fisik. Keseleo merupakan akibat dari peregangan otot yang kurang benar, atau karena peregangan otot yang dilakukan secara berlebihan,” ujarnya.

Selain keselo, kaki juga dapat menjadi bengkak akibat terjangkit penyakit-penyakit tertentu seperti berikut ini:

  1. Edema

Edema adalah istilah medis untuk pembengkakan yang terjadi ketika terdapat cairan yang terperangkap di jaringan tubuh. Biasanya kondisi ini memengaruhi kaki, meski bisa juga terjadi di bagian lain tubuh lain seperti wajah atau perut.

Meski bisa hilang dengan sendirinya, terkadang edema juga terjadi karena adanya penyebab mendasar yang membutuhkan perawatan medis. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi asupan garam dan berbaring sambil mengangkat kaki hingga berada di atas dada.

Namun, jika pembengkakan yang dialami tidak kunjung membaik, bicaralah kepada dokter untuk memeriksa penyebabnya. Sebab, edema juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit lain yang mungkin lebih berat.

  1. Kehamilan

Gejala umum kehamilan pada tahap lanjut adalah kaki dan pergelangan kaki yang membengkak akibat cairan yang tertahan serta peningkatan tekanan pada vena.

Untuk mengobati kaki bengkak selama kehamilan, wanita dapat sesering mungkin mengangkat kaki jika memungkinkan, memakai alas kaki yang nyaman dan mendukung, serta menghindari berdiri untuk waktu yang lama.

Selain itu, kondisi psikis yang tenang dan asupan sehat juga diperlukan untuk mengurangi pembengkakan kaki pada wanita hamil. Tetap tenang, hindari konsumsi garam berlebihan, serta perbanyak minum air untuk membantu mengurangi bengkak yang ada.

Agar lebih nyaman, kenakan pakaian yang mendukung, seperti celana ketat atau stoking kompresi. Hal ini juga mampu membantu meredakan bengkak pada kaki tersebut.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Gagal jantung

Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau adanya kadar lemak yang tinggi dalam tubuh.

“Penyandang gagal jantung mengalami sesak napas dan kaki bengkak. Kaki akan terasa bengkak khususnya setelah beraktivitas lama,” ujar dr. Ellen Theodora kepada KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Ellen turut menjelaskan bahwa penderita gagal jantung biasanya juga cepat merasa lelah. Kegiatan yang seharusnya tidak melelahkan akan terasa berat bagi mereka.

  1. Sirosis hati

Ketika seseorang terkena sirosis hati, komposisi hati akan berubah menjadi lebih banyak jaringan ikat, sehingga hati tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.

Salah satu tanda yang menyertai keadaan sirosis hati adalah berkumpulnya cairan pada rongga perut, atau disebut asites, lalu rembesan cairan tersebut akan menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti kaki.

  1. Kelainan ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh. Gangguan pada ginjal akan berpengaruh terhadap cairan tubuh dan terjadilah sindrom nefrotik. Dijelaskan oleh dr. Ellen, pasien yang mengalami kondisi ini akan mengeluarkan protein dalam jumlah banyak melalui urine.

“Setelah proses ini, protein tubuh akan berkurang, sehingga menyebabkan cairan tubuh keluar dari pembuluh darah dan timbul bengkak pada kaki. Pembengkakan ini biasanya cukup berat dan mempengaruhi seluruh tubuh,” jelasnya.

Kaki bengkak ternyata bisa terjadi karena banyak faktor, bukan hanya disebabkan oleh kaki yang terbentur benda keras atau cedera saja. Bahkan, pembengkakan pada kaki bisa jadi berbahaya bila terkait dengan penyakit tertentu. Jika Anda mengalaminya, segera periksakan kaki yang bengkak untuk mendapatkan penanganan dini yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar