Sukses

Aktivitas 15 Menit Ini Bikin Otak Lebih Sehat

Hari Anda terasa membosankan? Daripada waktu terbuang percuma, lakukan aktivitas 15 menit ini agar otak lebih sehat dan mood juga ikut naik.

Klikdokter.com, Jakarta Usai akhir pekan biasanya banyak orang tak bisa move on dan merasa malas dalam menghadapi hari kerja. Ini tak hanya dirasakan para pekerja, tapi juga pelajar dan siapa pun yang harus kembali pada rutinitas. Saat merasa bosan atau semangat mulai turun, cobalah melakukan aktivitas yang bisa bikin otak lebih sehat. Siapa tahu setelahnya mood Anda juga menjadi lebih baik! Aktivitas apa itus?

Seiring pertambahan usia, berbagai fungsi organ tubuh biasanya bakal menurun secara alami, termasuk otak. Inilah mengapa kesehatan otak merupakan salah satu dari sekian banyak aspek yang mesti Anda jaga sedini mungkin.

Menurut penelitian yang dimuat di “AHA Journals”, otak yang sehat adalah otak yang mampu memecahkan masalah, membuat keputusan, dan mampu mengatur emosi dengan baik. Otak yang sehat bahkan sanggup membuat arteri pada jantung tidak menyempit, sehingga Anda terhindar dari gagal jantung dan masalah-masalah kesehatan lainnya. 

American Heart Association dan American Stroke Association turut mengeluarkan sebuah anjuran untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat, karena hal ini juga memengaruhi kesehatan otak. Anjuran-anjuran itu adalah mengelola tekanan darah, mengendalikan kolesterol, menjaga kadar gula darah tetap normal, rutin melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan yang sehat, mengatur berat badan, dan tidak merokok.

1 dari 3 halaman

Luangkan 15 menit untuk kesehatan otak

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa melakukan meditasi selama 10 menit sehari dapat memberikan dorongan untuk menunjang kesehatan otak. Ada juga penelitian lainnya yang mengungkap bahwa melakukan tai chi dapat secara signifikan meningkatkan metabolisme otak.

Sedangkan penelitian yang berbeda menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat meningkatkan konektivitas saraf dan meningkatkan memori visuospasial serta ketajaman verbal. Masih banyak lagi penelitian terkait yang terus menggali bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan otak.

Jika upaya-upaya yang disebutkan di atas terkesan sulit atau Anda tak punya kesempatan untuk melakukannya, maka satu aktivitas ini - menurut penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal medis “Acta Psychologica” - patut dicoba!

Disebutkan bahwa salah satu cara terbaik untuk merangsang kesehatan otak adalah dengan melakukan joging pendek. Untuk riset tersebut, peneliti merekrut 101 mahasiswa dan meminta setengah dari mereka untuk melakukan joging grup selama 15 menit, sementara sisanya melakukan olahraga lain. Selanjutnya mereka dinilai kecepatan perseptual setiap individu, kontrol perhatian visual, memori kerja, dan fleksibilitas kognitif sebelum dan sesudah latihan.

Menariknya, penelitian tersebut menemukan bahwa partisipan yang melakukan joging tak hanya merasa lebih energik daripada kelompok lainnya, tapi juga menunjukkan banyaknya peningkatan pada kesehatan otak serta kontrol perhatian.

Dengan demikian, studi menyimpulkan bahwa meski hanya joging singkat selama 15 menit, tapi gerak fisik ini ditemukan dapat meningkatkan efisiensi proses kognitif tertentu melalui peningkatan energi. Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi durasi manfaat dan untuk menentukan apakah ini juga berlaku pada kelompok usia lainnya.

2 dari 3 halaman

Pentingnya olahraga untuk kesehatan otak

Berdasarkan penjelasan dari dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, olahraga secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan, meski Anda hanya meluangkan waktu 15 menit untuk berolahraga:

  1. Meningkatkan daya ingat

Saat Anda berolahraga, bagian otak yang paling memberikan respons kuat adalah hipokampus. Hipokampus merupakan bagian dari otak yang berperan dalam menyimpan ingatan. Jadi, jika Anda ingin terus memiliki daya ingat yang baik, rutinlah berolahraga setiap hari.

  1. Meningkatkan daya konsentrasi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, pelajar yang selesai berolahraga menjadi lebih konsentrasi belajar daripada mereka yang tidak berolahraga.

  1. Memperlambat menurunnya fungsi kognitif

Fungsi kognitif adalah kemampuan seseorang dalam daya bahasa, daya ingat, intelegensia, dan visuospasial. Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi kognitif manusia akan berkurang dan risiko menderita demensia pun meningkat.

“Olahraga dapat menurunkan risiko demensia karena berperan menstimulasi sel neuron yang baru,” ujar dr. Dyah singkat.

  1. Memperbaiki suasana hati

Saat olahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bertugas membuat Anda merasa nyaman dan senang. Selain itu, setelah olahraga bagian otak yang bernama amigdala akan mengecil. Kondisi ini berperan dalam mengurangi rasa cemas dan takut.

  1. Mengendalikan stres

Saat Anda sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan epinefrin. Menurut berbagai penelitian, olahraga yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan tingkat stres sekaligus meningkatkan hormon serotonin dan endorfin yang berperan memberikan rasa senang dan nyaman.

Nah, tak ada alasan lagi bagi Anda dengan melewatkan aktivitas fisik. Lewat penelitian, terbukti bahwa dengan joging selama 15 menit saja bisa membantu otak lebih sehat sekaligus memperbaiki mood Anda, agar tetap bisa menjalani hari dengan produktif.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar