Sukses

Stres di Tempat Kerja Ternyata Ada Manfaatnya

Bukannya menambah beban, stres di tempat kerja ternyata bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Merasa kewalahan dengan semua tugas yang dilakukan dan harus menyelesaikanya tepat waktu bisa membuat Anda stres di tempat kerja. Meski terkesan sebagai sesuatu yang tidak baik, ternyata merasakan stres saat di tempat kerja ada manfaatnya juga. Tahukah Anda akan hal ini?

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology menemukan bahwa tingkat stres yang tak ekstrem sebenarnya dapat membantu meningkatkan kinerja Anda di kantor.

“Jika terlalu stres dan Anda benar-benar termakan oleh rasa stres tersebut, maka itu akan menggagalkan kinerja Anda. Di sisi lain, tingkat stres dan kecemasan yang tidak terlalu ekstrem dapat memfasilitasi dan mendorong kinerja Anda di kantor,” kata seorang pakar perilaku organisasi dan rekan penulis studi Universitas Toronto, Julie McCarthy.

Mengelola stres perlu kecerdasan emosional

Terkait temuan tersebut, asisten profesor di Hong Kong Polytechnic University dan penulis utama studi, Bonnie Hayden Cheng mengatakan bahwa hal itu disebut sebagai “pemrosesan pengaturan sendiri”. Proses ini terdiri dari sejumlah aktivitas seperti:

  • Menetapkan standar perilaku yang diinginkan
  • Memiliki motivasi untuk memenuhi standar
  • Memantau setiap pemikiran yang menghambat pencapaian standar
  • Mengembangkan tekad untuk mengendalikan dorongan yang menghalangi pencapaian tujuan.

"Lagipula, jika Anda tidak memiliki stres atau kecemasan dan tidak peduli dengan kinerja, maka Anda tidak akan termotivasi untuk melakukan pekerjaan tersebut," kata Cheng.

Di satu sisi, Cheng juga tahu bahwa mengelola stres adalah perkara yang tidak mudah. Menurutnya, mengelola stres membutuhkan cukup banyak kekuatan batin, kesadaran diri, dan kecerdasan emosional.

"Meski sulit, mengelola stres tentu bisa dilakukan. Caranya adalah dengan mengenali dan mengatasi pemicu stres di tempat kerja, sambil menyadari bagaimana memanfaatkannya untuk mendorong kinerja," kata Cheng.

Hal ini memungkinkan sebuah perusahaan membantu karyawan menggunakan perasaan stres yang mereka rasakan untuk mendapatkan hasil terbaik di pekerjaan yang dilakukan

Tips menjaga kesehatan mental di tempat kerja

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, satu dari enam pekerja kantoran mengalami gangguan mental seperti cemas dan depresi. Jika kondisi seperti itu tidak segera dicarikan jalan keluarnya, maka dapat menyebabkan semangat dan motivasi kerja melemah, atau bahkan meningkatkan keinginan untuk bunuh diri.

Karenanya, jika Anda merasakan ada hambatan berupa gangguan mental di tempat kerja, segera lakukan tindakan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendiskusikannya dengan atasan, dan ceritakan masalah yang sedang terjadi.

Tetapi, jika Anda masih bisa mengatasinya, cobalah untuk berbaur dengan rekan kerja lainnya saat makan siang. Anda juga bisa menawarkan bantuan kepada rekan kerja yang mungkin sedang kerepotan dengan tugas yang sangat banyak. Selain itu, bersosialisasilah dengan rekan kerja lainnya sepulang jam kantor. Anda juga bisa melampiaskan rasa galau dengan melakukan olahraga favorit sepulang kerja.

Sejatinya, stres atau kecemasan karena tekanan pekerjaan merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, jangan sampai perasaan tersebut mengendalikan diri Anda sepenuhnya. Sebaliknya, buatlah diri Anda mampu mengendalikan rasa stres maupun kecemasan, agar nantinya kinerja Anda juga ikut meningkat.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar