Sukses

Sering Traveling, Ini Cara Jaga Kulit Tetap Sehat

Keasyikan traveling, kesehatan kulit kerap dilupakan. Bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit saat traveling? Yuk, ketahui tipsnya di sini.

Momen traveling dengan beragam aktivitas seru dan menyenangkan pasti selalu ditunggu. Tapi, sering kali orang mengabaikan perawatan kulit rutin saat liburan. 

Apalagi, paparan sinar UV yang terus-menerus dapat berdampak buruk bagi kulit. Belum lagi naik-turun pesawat dalam satu hari. Hal ini dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya selama penerbangan.

Rutinitas skin care yang luput mungkin disebabkan oleh faktor keterbatasan waktu, tempat, produk, dan lain-lain. Apa pun alasannya, melewatkan perawatan kulit saat bepergian jauh akan berdampak negatif terhadap kesehatan kulit!

Karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit saat traveling. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1 dari 5 halaman

1. Ketahui Cuaca di Tempat Tujuan

Mengetahui cuaca atau musim di tempat tujuan membuat persiapan skin care jadi lebih baik. Misalnya, bila berkunjung ke negara tropis, bawalah pelembap, sunscreen, dan facial spray untuk menghidrasi kulit agar tidak kering nantinya.

Selain kulit wajah, perlu juga memerhatikan kulit tubuh. Dengan mengetahui cuaca di tempat tujuan, Anda juga bisa menyiapkan jenis pakaian yang sesuai.

2. Kemas Produk Skin Care dengan Baik 

Sebelum bepergian, pastikan mengemas produk-produk perawatan kulit ke dalam tempat-tempat berukuran lebih kecil. Alasannya, tentu saja agar lebih mudah dibawa dan diperbolehkan masuk ke kabin pesawat. Lebih mudah juga kan kalau Anda ingin melakukan perawatan kulit di pesawat?

Selain itu, persiapkan juga benda-benda pelindung lainnya. Misalnya, kacamata hitam, topi, payung, dan tabir surya yang berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Artikel lainnya: Liburan sendirian? Inilah 5 Manfaat Sehat Solo Traveling

3. Gunakan Tabir Surya dalam Cuaca Apa Pun

Ada banyak faktor luar penyebab kulit menjadi tidak sehat, seperti paparan sinar matahari, debu, polusi, cuaca dingin, dan sebagainya. Untuk itu, gunakanlah tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 30.

Tak hanya saat cuaca terik, pemakaian tabir surya juga penting saat mendung. Karena, sebenarnya sinar UV tetap ada saat cuaca berawan. 

Anda dapat mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam. Bisa juga lebih sering bila berkeringat atau melakukan kegiatan yang berpotensi terkena air.

2 dari 5 halaman

4. Jangan Lupa Pelembap

Bepergian di lingkungan yang dingin ataupun adanya pendingin ruangan dapat membuat kulit rentan kering. Karena itu, sebaiknya Anda juga membawa pelembap untuk menjaga kelembapan kulit, apalagi kalau kulit tergolong kering.

Cara menggunakan pelembap juga harus diperhatikan. Setelah mengeringkan wajah dan kulit masih lembap, segera oleskan krim pelembap untuk mengunci kelembapan ke dalam kulit. 

Mengoleskan pelembap ketika wajah sudah kering akan mengurangi manfaatnya.

Artikel lainnya: Traveling dengan Ibu Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

5. Cukupi Asupan Air Putih

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan mencukupi kebutuhan air. Tanpa air yang cukup, tampilan kulit pun bisa kering dan kusam. 

Tak hanya itu, studi juga membuktikan kekurangan air dapat memengaruhi suasana hati dan konsentrasi orang yang mengalaminya.

Maka, penuhilah kebutuhan air Anda selama traveling. Minumlah air minimal delapan gelas per hari untuk menjaga kecukupan hidrasi tubuh.

6. Tetap Merawat Kulit saat Traveling

Jangan malas merawat kulit selama traveling! Lakukan perawatan harian secara tepat dan rutin. 

Sebelum tidur, bersihkan wajah dari riasan, debu, dan polusi yang menempel dengan pembersih. Lalu, cuci wajah dengan sabun muka yang lembut untuk menghilangkan risiko jerawat atau masalah kulit lain.

Kemudian, barulah Anda melanjutkan ke perawatan kulit lainnya, seperti toner, serum, pelembap, krim mata, lip balm, dan lainnya. Hal ini akan menjaga kulit tetap sehat walaupun sedang traveling.

3 dari 5 halaman

7. Jangan Menggunakan Makeup Berlebihan

Makeup yang berlebihan saat traveling sebaiknya dihindari. Karena, cuaca di tempat yang dituju bisa berubah sewaktu-waktu, sehingga berisiko membuat kulit berjerawat. 

Belum lagi saat sudah lelah jalan-jalan. Biasanya timbul rasa malas untuk menghapus makeup.

Dibanding menggunakan makeup, sebaiknya gunakanlah serum wajah, pelembap, dan sunscreen sesuai jenis kulit untuk menjaga kesehatan kulit.

Artikel lainnya: 7 Tips Nyaman Saat Traveling Bagi Penderita Asam Urat

8. Menjaga Pola Makan

Saat traveling, sering kali nafsu makan tidak terkendali. Hal ini bisa menimbulkan jerawat pada wajah, terutama bagi Anda yang berkulit sensitif.

Oleh karena itu, tetap jaga pola makan saat traveling. Usahakan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik. Jadi, tak hanya kesehatan kulit yang terjaga, tapi kesehatan tubuh secara keseluruhan pun terjaga.

9. Jangan Terlalu Sering Memegang Wajah

Sering kali kita tidak sadar memegang muka dengan tangan kotor. Padahal, tidak menyentuh wajah dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat.

Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wajah agar kuman di tangan tidak berpindah ke wajah.

4 dari 5 halaman

10. Tidur Cukup

Mengembalikan stamina tubuh dengan tidur yang cukup sangat dibutuhkan saat traveling. Selain itu, apabila Anda kurang tidur, kulit wajah pun dapat menjadi kusam dan tampak kelelahan.

Usahakan tetap memenuhi kebutuhan tidur yaitu 7-8 jam per hari selama traveling demi kulit yang segar dan sehat.

Saat traveling, pastikan Anda mengikuti cara menjaga kesehatan kulit di atas supaya kulit selalu segar dan sehat, ya.

Bila mengalami masalah kulit yang berkepanjangan, jangan didiamkan saja. Karena bisa-bisa makin parah dan konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit. Pakai Live Chat dari KlikDokter untuk konsultasi ke dokter kulit lebih mudah.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar