Sukses

Tips Gigi Sehat bagi Atlet Asian Para Games

Mau menggigit medali dengan gigi putih yang sehat saat menang bertanding nanti? Bisa! Untuk atlet Asian Para Games, ikuti tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Perhelatan Asian Para Games 2018 sudah di depan mata. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan oleh para atlet, tentu saja menjaga kesehatan gigi. Apalagi jika Anda menang (kami doakan!) dan harus berpose menggigit medali, gigi yang terlihat sehat pasti akan membuat kemenangan terasa makin lengkap.

"Dahulu tradisi menggigit medali emas bertujuan untuk memastikan apakah emas tersebut benar keasliannya atau hanya sebuah batu yang dilapisi emas. Dalam membuktikan keaslian emas, gigitan akan meninggalkan bekas pada permukaannya,” kata drg. Wiena Manggala Putri dari KlikDokter, tentang mengapa atlet suka sekali melakukan pose gigit medali saat kamera pers memotret dirinya.

Saat memberikan momen gigit medali tersebut, tentu akan sangat membanggakan bagi seorang atlet apabila ia bisa menunjukkan gigi putih alami dan sehat. Nah, agar bisa mewujudkan hal itu, simak tips gigi sehat berikut ini.

1. Jauhi minuman penambah energi

Meski Anda seorang atlet yang membutuhkan tenaga ekstra, meneguk minuman berenergi hanya akan memperburuk kesehatan tubuh, tak terkecuali kesehatan gigi. Menurut drg. Wiena, minuman berenergi pasti mengandung gula yang melebihi batas normal dan dapat meningkatkan risiko terjadinya karies.

Lebih parahnya lagi, menurut ahli gigi dari Washington Amerika Serikat, Dr. Sharifian, minum minuman berenergi sebenarnya lebih buruk dampaknya buat kesehatan gigi ketimbang meminum soda! Meski demikian, apabila ada kondisi yang mengharuskan Anda untuk meneguk minuman berenergi itu, gunakanlah sedotan supaya tidak langsung mengenai gigi. Selain itu, kumurlah dengan air atau kunyah permen karet bebas gula untuk menetralkan gigi.

2. Jangan mengunyah es atau membuka barang dengan gigi

Mengunyah es bagi sebagian orang memiliki sensasi nikmat tersendiri. Namun, saat Anda memaksakan gigi untuk mengunyah es, itu sama saja Anda menyuruh gigi untuk memecahkan batu. Sedangkan, gigi manusia tidak dirancang untuk memecahkan benda-benda keras.

Sama halnya jika Anda tetap nekat membuka bungkusan, tutup botol, ataupun mengoyak benda keras lainnya menggunakan gigi. Alhasil, gigi akan mudah goyah, patah, hingga bergeser!

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Hindari menyikat gigi terlalu keras & di waktu yang salah

Setelah Anda mengonsumsi beberapa minuman, mungkin yang terpikir pertama kali oleh Anda untuk membersihkan mulut dan gigi adalah dengan menyikatnya. Tak salah memang. Namun, bila Anda habis mengonsumsi minuman yang bersifat asam, seperti kopi, soda, dan jus buah, janganlah langsung menyikat gigi.

Sebab, sehabis minum minuman tersebut, email gigi akan melemah untuk sementara. Biarkanlah air liur menetralkan atau mencairkan keasaman pada gigi dan mulut selama 45 menit. Setelah itu, barulah Anda diperbolehkan untuk menyikat gigi.

Menyikat gigi pun tidak boleh asal-asalan. Kerap kali karena terburu waktu, Anda menyikat gigi terlalu cepat dan terlalu keras hingga menyebabkan gusi berdarah. Tindakan yang seperti itu juga bisa melunturkan email dan menyebabkan gigi berlubang.

4. Selalu makan makanan sehat dan berkalsium

Saat Anda bersiap untuk menghadapi ajang internasional seperti Asian Para Games, tentu beragam nutrisi harus dipenuhi supaya kondisi tubuh Anda bugar selama pertandingan berlangsung. Selain itu, kalsium juga tidak boleh Anda lewatkan. Alasannya, makanan atau minuman berkalsium seperti susu, yogurt, dan keju disinyalir mampu meremineralisasi gigi geligi.

Hal lain yang perlu diperhatikan, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat hanya akan meninggalkan sisa gula pada gigi yang memicu timbulnya bakteri perusak gigi.

5. Bersih-bersih gigi di malam hari

Meski terdengar simpel, masih banyak orang yang menyepelekan kegiatan bersih-bersih gigi di malam hari. Alasannya? Apalagi kalau bukan malas dan lupa? Padahal, kegiatan ini amat penting untuk menghindarkan gigi Anda dari plak yang membandel. Jadi, pasang alarm pada ponsel pintar untuk mengingatkan Anda melakukan ritual wajib sebelum tidur tersebut!

6. Pergunakan mouth guard

Sebagai seorang atlet, begitu banyak risiko yang bisa terjadi saat pertandingan berlangsung, termasuk terjatuh dan cedera yang bisa menghancurkan gigi Anda. Untuk itu, selalu gunakan mouth guard agar gigi dan rahang terlindungi dari benturan keras yang membahayakan.

Seperti itulah kira-kira tips gigi sehat untuk atlet Asian Para Games. Beberapa cara di atas akan berhasil apabila Anda juga rutin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Ini penting agar kerusakan-kerusakan gigi yang tak kasat mata bisa tertangani sedini mungkin. Dengan begitu, Anda bisa tersenyum lebar atau melakukan pose gigit medali dengan percaya diri setelah berkancah atas nama Tanah Air!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar