Sukses

3 Makanan yang Dianjurkan setelah Operasi Gigi Bungsu

Untuk mempercepat penyembuhan luka setelah operasi gigi bungsu, sebaiknya konsumsi makanan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam dunia kedokteran, tindakan pencabutan gigi bungsu disebut dengan odontektomi. Lama masa penyembuhan setelah operasi gigi bungsu adalah sekitar 1 minggu atau bahkan lebih. Pemulihan ini sangat bergantung pada kepatuhan pasien terhadap anjuran-anjuran yang telah diberikan oleh dokter, termasuk dalam hal makanan.

Odontektomi umumnya dilakukan ketika gigi bungsu tumbuh tidak normal. Biasanya gigi ini tumbuh hanya sebagian saja dengan posisi gigi yang miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali melainkan tertanam di dalam tulang.

Pasca pencabutan gigi bungsu dapat menjadi pengalaman yang menyakitkan bagi pasien. Mengikuti seluruh instruksi yang diberikan oleh dokter dapat meminimalkan risiko komplikasi yang dapat terjadi. Serta membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak yang akan timbul sesudahnya.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan pasien pascaodontektomi adalah pemilihan makanan. Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat setelah pencabutan gigi bungsu sangat vital, karena nutrisi dapat membantu penyembuhan luka. Tapi memang, aktivitas makan akan terasa sulit dan menyakitkan selama beberapa hari ke depan usai operasi.

Berikut ini makanan-makanan yang dapat dikonsumsi setelah pengambilan gigi bungsu, yaitu:

1. Makanan cair

Konsumsilah makanan cair seperti sup setelah tindakan pengambilan gigi bungsu. Makanan jenis ini membuat Anda tidak perlu melakukan pengunyahan dan tidak ada makanan-makanan yang akan masuk ke dalam rongga bekas pencabutan.

Selain sup, Anda juga bisa membuat makanan seperti smoothies dengan campuran buah atau sayuran agar dapat memberikan nutrisi bagi tubuh. Hal yang perlu diingat, hindarilah menggunakan sedotan saat meminumnya karena mengisap menggunakan sedotan dapat merusak bekuan darah dan membuat darah yang keluar dari area bekas pencabutan bertambah banyak.

2. Makanan lembut

Sehari setelah pencabutan, Anda bisa menaikkan tekstur makanan menjadi lebih padat namun tetap lembut. Misalnya bubur, kentang tumbuk, serealia, atau oatmeal. Makanan-makanan tersebut juga bisa menjadi sumber energi bagi Anda. Sebaiknya hindari memakannya saat masih panas, tunggulah hingga hangat.

Mengunyah makanan padat dapat membantu melonggarkan otot-otot pengunyahan. Untuk mengonsumsi makanan tersebut, Anda dapat mengunyah pada satu sisi saja selama beberapa hari. Setelah rasa sakit berkurang, Anda dapat menaikkan tekstur kembali seperti biasanya. Namun bila rasa sakit muncul lagi, bisa kembali ke makanan yang lembut.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang memiliki nilai gizi yang baik. Di dalamnya terdapat protein, vitamin, mineral, serta kalsium yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Makanan ini juga bertekstur lembut sehingga dapat dikonsumsi setelah pencabutan gigi bungsu.

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, untuk mempercepat luka penyembuhan setelah operasi, Anda juga dapat berkumur dengan menggunakan larutan air garam. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan selama masa penyembuhan.

Hindarilah makanan-makanan yang bertekstur keras, lengket, dan bersuhu panas atau dingin, karena makanan-makanan tersebut dapat memperlambat proses penyembuhan.

Jangan lupa untuk tetap membersihkan gigi dan daerah bekas pencabutan secara perlahan, serta lakukan kontrol kembali dengan dokter gigi Anda. Anda juga harus mengonsumsi obat-obatan yang diberikan sesuai anjuran dan istirahat cukup. Mengonsumsi makanan sehat dan tepat saja tidak cukup untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi gigi bungsu.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar