Sukses

5 Kiat agar Kulit Tetap Sehat Meski Gemar Diving

Boleh saja Anda gemar diving, tapi pastikan kesehatan kulit tetap terjaga. Ini dia kiat agar kulit tetap sehat meski hobi menyelami lautan.

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini diving menjadi olahraga air yang kian diminati. Apalagi kegiatan ini tak hanya memungkinkan penyelam menikmati keindahan bawah laut, tapi juga berinteraksi dengan berbagai hewan laut. Meski demikian, saat diving kulit jadi terpapar langsung oleh air laut dan sinar matahari sehingga mengancam kesehatan kulit. Gemar diving boleh saja, tapi jangan abaikan kesehatan kulit.

Berikut di bawah ini adalah beberapa kiat menjaga kesehatan kulit untuk Anda yang gemar diving.

1. Bersihkan kulit setelah selesai diving

Air laut dapat mengandung berbagai kotoran dan kuman. Maka dari itu, sudah sepatutnya Anda segera membersihkan kulit setelah selesai diving. Bilas tubuh dengan air bersih yang mengalir dan sabun antikuman saat mandi. Selain membersihkan badan, cuci juga rambut dengan sampo. Jangan lupa untuk untuk bersihkan kulit wajah dengan sabun pencuci wajah. Apa pun produk yang Anda pakai, pilih yang sesuai dengan jenis kulit (normal, kering, berminyak, atau kombinasi).

2. Selalu gunakan tabir surya

Meski beraktivitas di dalam air dan menggunakan pakaian menyelam berlengan panjang, tapi kulit tetap membutuhkan perlindungan dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan matahari.

Untuk aktivitas diving, pilih tabir surya yang tahan air (water resistant) dan memiliki kekuatan SPF minimal 50. Oleskan tabir surya sejak sebelum Anda keluar ruangan dan menuju kapal untuk berangkat ke lokasi diving. Oleskan juga tabir surya pada bagian kulit yang tidak tertutup oleh pakaian selam. Jangan lupa untuk mengoleskan ulang tabir surya setiap selesai diving dan ketika ingin kembali terjun ke dalam laut.

3. Memilih baju selam dengan tepat

Salah satu perlengkapan penting untuk diving adalah baju selam (wetsuit). Tak hanya berguna sebagai penghangat tubuh, baju selam juga punya fungsi untuk melindungi kulit.

Memakai baju selam dapat meminimalkan paparan langsung sinar matahari terhadap kulit. Bahkan, baju selam berwarna gelap dipercaya dapat menyerap sinar matahari sehingga tidak langsung tembus begitu saja ke kulit. Agar Anda memiliki perlindungan tambahan, pilihlah baju selam yang memiliki perlindungan khusus terhadap sinar UV.

Selain itu, gunakan baju selam yang dapat menutupi seluruh bagian kulit hingga pergelangan tangan dan kaki. Ini juga dapat membantu Anda dalam mengurangi paparan kotoran dan kuman yang terkandung dalam air laut. Apalagi jika yang Anda gunakan adalah baju selam rental, pastikan kebersihannya terjamin.

4. Pakai pelembap

Meskipun diving menghabiskan waktu di dalam air laut, tapi kulit Anda tetap perlu pelembap demi menjaga kesehatan dan keseimbangan kulit. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

5. Cukupi asupan air putih

Selain melakukan empat upaya perlindungan dari luar, minum air putih dalam jumlah bisa menjadi upaya perlindungan kulit dari dalam. Air memiliki peran penting dalam susunan jaringan kulit. Artinya, mencukupi kebutuhan air putih dapat membuat kulit lebih cerah dan kencang. Ingatlah selalu untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari ke mana pun Anda berpergian. Ada rencana diving dalam waktu dekat? Bawa beberapa botol air putih untuk disimpan di ransel dan kapal.

Tantangan pencinta laut dan pantai yang paling sering dikeluhkan adalah kulit dan rambut kering. Diving bukan berarti Anda merelakan kesehatan kulit. Lakukan kiat-kiat di atas agar kulit tetap sehat meski Anda gemar diving di laut lepas. Untuk keselamatan diri, selalu patuhi arahan dari instruktur Anda.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar