Diet dan Nutrisi

13 Manfaat Kacang Almon untuk Kesehatan Tubuh

Aditya Prasanda, 12 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Adeline Jaclyn

Selain rasanya gurih dan lezat, kacang almon memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Yuk, ketahui manfaat kacang almon di sini.

13 Manfaat Kacang Almon untuk Kesehatan Tubuh

Kamu mungkin pernah mengonsumsi kacang almon. Kacang bertekstur renyah ini dikenal memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. 

Selain dikudap langsung, kacang almon sering kali dijadikan pelengkap untuk menambah daya tarik dan kelezatan makanan. Siapa sangka, kacang almon ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Di bawah ini manfaat kacang almond yang perlu kamu tahu.

1. Sumber Nutrisi

Almon mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Di dalam 28 gram almon, terkandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, dan 14 gram lemak. 

Almon juga memiliki 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, dan 32 persen mangan dari asupan yang disarankan. Selain itu, vitamin B2 dan fosfor dalam jumlah cukup juga terkandung di dalam almon. 

Menurut dr. Adeline Jaclyn, kamu sebaiknya mengonsumsi almon sebanyak 85 gram per hari.

“Namun, berhati-hatilah jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan. Sebaiknya, jangan makan almon agar alergi tidak kambuh,” katanya.

2. Mengurangi Risiko Peradangan

Almon kaya vitamin E. Antioksidan yang larut dalam lemak ini bertugas membangun sel-sel di dalam tubuh. Vitamin E juga berperan melindungi tubuh kamu dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan peradangan, penuaan, hingga kanker.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perokok yang rutin mengonsumsi 85 gram almon mengalami pengurangan kadar sel radikal bebas dalam tubuhnya. Sekitar 23-24 persen sel radikal bebas turun setelah almon dikonsumsi setiap hari selama 4 minggu.

3. Menstabilkan Gula Darah

Khasiat kacang almond berikutnya, yaitu menstabilkan kadar gula darah. Tentu ini menjadi kabar baik bagi penderita diabetes

Kandungan magnesium di dalam almon bisa bantu mengontrol gula darah diabetesi (penderita diabetes). Efek positif tersebut juga berasal dari kemampuan kacang almon dalam membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dengan begitu, kadar gula dalam tubuh jadi lebih stabil.

Untuk mendapatkan manfaat almond dalam menstabilkan gula darah, makan kacang dengan ukuran segenggam kecil atau seperempat cangkir. 

Konsumsilah kacang almon panggang agar manfaatnya lebih maksimal. Hindari kacang almon yang diasinkan, dimaniskan, ataupun digoreng, ya!

4. Turunkan Kadar Kolesterol

Beberapa studi menunjukkan konsumsi almon efektif menurunkan kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL). Sebaliknya, konsumsi almon berperan menjaga kadar kolesterol baik atau HDL.

Karena itu, almond aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi, dengan catatan dikonsumsi secukupnya, ya.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kolesterol jahat adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain mengurangi kadarnya, almon juga berperan mencegah oksidasi LDL yang bisa menimbulkan penyakit jantung.

Sebuah riset pada hewan menunjukkan bahwa kulit almon kaya antioksidan polifenol yang bisa mencegah oksidasi kolesterol. Diduga, manfaat tersebut bisa lebih optimal jika almon dikonsumsi bersama vitamin E. 

6. Kurangi Rasa Lapar

Almon tinggi kandungan protein dan serat yang bisa bikin kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi 43 gram almon setiap hari bermanfaat menurunkan rasa lapar dan keinginan makan berlebih.

7. Bantu Turunkan Berat Badan

Meski mengandung kalori yang cukup tinggi, mengonsumsi almon tidak akan menambah berat badan kamu. Pasalnya, manfaat makan kacang almond bisa mempercepat proses metabolisme tubuh. Alhasil, tubuhmu tidak menimbun kelebihan lemak dan gula.

Sebuah riset menemukan, diet rendah kalori dengan mengonsumsi 85 gram almon dapat mengurangi berat badan secara nyata. Hal ini jika dibandingkan dengan diet karbohidrat kompleks.

8. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E pada almon baik untuk kesehatan kulit kamu. Kulitmu akan tampak lebih cerah karena antioksidan bekerja melawan radikal bebas.

Protein dan vitamin pada almon juga bantu menjaga kadar air pada kulit sehingga tampak lembap dan lembut.

9. Mengurangi Kerontokan Rambut

Apakah kamu mengalami rambut rontok? Jika ya, mengonsumsi kacang almon bisa bantu mendukung kesehatan rambut kamu, lho. 

Disampaikan dr. Adeline, kandungan magnesium dalam almon diduga bisa mengurangi kerontokan dan memperbaiki kualitas rambut.

10. Turunkan Tekanan Darah

Magnesium dalam almon juga bisa bantu menurunkan tekanan darah. Jika kamu tidak dapat memenuhi rekomendasi magnesium harian, menambahkan almon ke dalam makanan bisa jadi pilihan.

Kekurangan magnesium pada tubuh berhubungan erat dengan tekanan darah tinggi. Studi menunjukkan, penurunan tekanan darah yang drastis terjadi ketika kamu mengatasi kondisi kekurangan magnesium.

11. Kurangi Risiko Kanker

Manfaat almon berikutnya menurunkan risiko kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang banyak makan kacang-kacangan, termasuk almon memiliki risiko mengalami kanker payudara 2-3 kali lebih rendah. Hal ini jika dibandingkan dengan orang yang tidak makan kacang-kacangan.

12. Mendukung Kesehatan Tulang

Almon mengandung nutrisi yang berperan dalam mendukung kesehatan tulang. Nutrisi yang dimaksud, meliputi kalsium, magnesium, mangan, tembaga, vitamin K, protein, dan seng.

13. Perlambat Perkembangan Alzheimer

Sebuah penelitian dalam New England Journal of Medicine, mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpha-tocopherol sebanyak 2000 IU sehari bisa memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Alpha-tocopherol adalah suplemen vitamin E. Vitamin E juga terkandung dalam almon. 

Mengonsumsi 28 gram almon bisa memenuhi 37 persen kebutuhan harian vitamin E kamu.

Mengonsumsi almon diduga bisa bantu memperlambat perkembangan Alzheimer. Namun, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui kadar aman dan efektif konsumsi almon untuk memperoleh khasiat tersebut.

Nah, sudah tahu, ya, 13 manfaat kacang almond untuk kesehatan. #JagaSehatmu dengan mengonsumsi almon sebagai variasi makanan utama kamu. Lakukan juga olahraga rutin dan beristirahatlah yang cukup.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk tahu takaran almon yang aman dikonsumsi sesuai kondisi. Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter biar lebih praktis.

(JKT)

Almond

Konsultasi Dokter Terkait