Sukses

Tips agar Tubuh Bugar seperti Atlet Asian Para Games

Ingin punya tubuh bugar dan tak gampang sakit? Mungkin tips bugar ala atlet Asian Para Games ini bisa menginspirasi Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda ingin tubuh bugar, sehingga mampu melakukan aktivitas fisik apa pun,  Anda mungkin sering mencari beragam tips dari para atlet mancanegara. Tapi sudahkah Anda mencari tips kebugaran layaknya atlet Asian Para Games?

Ya, keterbatasan fisik yang dimiliki mereka tak menjadi penghalang untuk tetap bugar dan siap bertanding di ajang kompetisi se-Asia itu. Maka, tak ada salahnya Anda “mengintip” tips bugar berikut ini supaya Anda juga bisa punya tubuh sekuat mereka.

Selalu aktif bergerak

Nah kali ini, Anda jangan langsung berharap mendapatkan teknik-teknik yang rumit dulu. Pasalnya, bagaimana pun juga keterampilan teknis mereka akan sulit ditandingi oleh Anda. Jadi, mulailah tiru mereka dari keaktifan gerak terlebih dulu.

Seorang atlet Asian Para Games mampu latihan berjam-jam setiap harinya. Sedangkan  Anda tentu tidak bisa berlatih terlalu lama karena sibuk bekerja. Solusinya, lakukanlah beberapa langkah mudah di bawah ini:

  • Parkirkan  kendaraan Anda agak jauh dari kantor supaya Anda punya kesempatan untuk berjalan kaki dengan jarak yang lumayan.
  • Jika kantor Anda tidak berada di atas lantai 10, tak ada salahnya untuk memilih tangga ketimbang lift.
  • Jika rumah Anda tidak terlalu jauh, cobalah bersepeda ke tempat bekerja Anda.
  • Setiap 2 jam sekali berdiri dan meregangkan tubuh.
  • Sehabis pulang bekerja, jika ada kesempatan, mampirlah ke pusat kebugaran atau lakukanlah saja aktivitas fisik di lingkungan rumah.

Intinya, latih diri Anda dulu untuk menyukai kegiatan aktif bergerak. Karena jika belum menyukai dan belum terbiasa, tips bugar apa pun tidak akan berhasil pada diri Anda.

1 dari 2 halaman

Lakukan latihan di luar ruangan

Selain membatasi ruang gerak dan melihat pemandangan yang itu-itu saja, berlatih dalam ruangan bisa membuat Anda cepat bosan. Akibatnya, Anda pun jadi malas berolahraga, bukan?

Maka dari itu, cobalah lakukan kegiatan atau berlatih di luar rumah. Ketimbang Anda mengayuh sepeda statis terus di dalam rumah, cobalah keliling kompleks rumah atau bahkan ke daerah lebih jauh lagi dengan sepeda Anda. Cara ini akan membuat Anda lebih bahagia dan bersemangat dalam beraktivitas karena adanya energi positif yang Anda peroleh dari luar ruangan.

Jangan ragu tingkatkan intensitas latihan

Nah, apabila Anda sudah terbiasa untuk berolahraga secara teratur, kini giliran Anda untuk meningkatkan intensitas. Namun, lakukan secara bertahap. Gunanya, agar tubuh mampu menghasilkan performa yang lebih baik dari sebelumnya sekaligus meningkatkan metabolisme. Jangan lupa juga untuk mencatat segala perkembangan intensitas latihan Anda, ya!

Fokus pada kualitas latihan Anda

Meningkatkan intensitas dan kuantitas, bukan berarti Anda menyepelekan kualitas olahraga yang Anda lakukan. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, Anda cukup berolahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 60 menit per sesinya. Sisanya? Lakukan saja aktivitas fisik biasa yang sebelumnya sudah disebutkan, seperti berjalan kaki dan lain sebagainya. Atau, ganti agenda nongkrong sepulang kantor dengan melakukan olahraga permainan, misalnya tenis, futsal, bulu tangkis, basket, dan lain sebagainya bersama rekan-rekan Anda.

Jangan sepelekan asupan nutrisi

Sehebat apa pun aktivitas fisik Anda tetapi jika tidak diimbangi dengan nutrisi yang baik, tubuh Anda tidak mendapatkan hasil bugar yang optimal. Hilangkan dulu kebiasaan Anda menyantap gorengan dan meminum kopi secara berlebihan. Ganti kebiasaan itu dengan mengonsumsi buah, sayur, kacang, ikan, serta daging ayam tanpa kulit. Cukupi kebutuhan cairan Anda dengan banyak minum air putih. Tentu hasilnya akan beda ketimbang Anda hanya fokus di latihan fisik.

Seperti itulah kira-kira tips bugar yang bisa Anda terapkan supaya bisa mendapatkan tubuh bugar seperti atlet Asian Para Games. Jangan lupa imbangi aktivitas fisik dengan nutrisi yang tepat. Selain itu, berbahagialah! Sebab, usaha apa pun untuk membuat tubuh sehat akan percuma bila Anda tidak melakukannya dari hati. Jadi, selamat mencoba!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar