Sukses

10 Kebiasaan Tidak Sehat yang Sering Anda Lakukan

Setiap orang punya kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan. Tapi bukan berarti boleh dibiarkan meski semua orang melakukannya.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain lewat mengatur asupan gizi harian dan rutin berolahraga, Anda juga harus menghentikan kebiasaan tidak sehat yang dapat merusak kesehatan. Anda mungkin menganggap kebiasaan itu sangat sepele sehingga abai terhadap dampaknya. Padahal, bisa saja kebiasaan tersebut menghambat pola hidup sehat lain yang telah Anda lakukan.

Dilansir Reader's Digest, berikut ini beberapa kebiasaan yang menurut Anda baik-baik saja padahal nyatanya bisa mencederai kesehatan: 

1. Main gawai di toilet

Ini banyak dilakukan oleh orang-orang saat mereka BAB. Faktanya, kuman hasil buang air besar Anda yang dilepaskan ke udara bisa mendarat di gawai Anda. Bahkan jika Anda mencuci tangan sebelum meninggalkan kamar mandi, bakteri itu masih menempel di layar gawai. Sebisa mungkin, jangan bawa masuk telepon genggam ke kamar kecil.

2. Menggunakan sabun batangan

Tentu, sabun berguna untuk membersihkan kuman. Tapi sabun batangan sebenarnya adalah tempat berkembang biak bagi kuman ketika digunakan oleh banyak orang. Pilihlah formula sabun cair sebagai gantinya.

3. Berbagi handuk tangan

Berbagi adalah kepedulian, tapi tidak jika menyangkut kuman. Sebisa mungkin jangan berbagi handuk tangan, apalagi di rumah. Cuci handuk setidaknya sekali seminggu tapi bisa dilakukan lebih dari satu kali jika Anda punya anak kecil di rumah. Ini dapat mencegah penumpukan bakteri di kain.

4. Tidak mencuci tangan dengan benar

Biasanya banyak orang mencuci tangan sekadarnya saja atau malah tidak menggunakan sabun. Tapi tahukah Anda, jumlah waktu optimal mencuci tangan dengan sabun untuk membuat tangan benar-benar bersih adalah 20 hingga 30 detik.

5. Menggunakan mesin pengering tangan

Saat di toilet umum, Anda mungkin sering menggunakan mesin pengering tangan setelah buang air. Tapi ada bahaya yang mengintai terkait penggunaan alat itu. Sebuah penelitian menemukan bahwa pengering tangan dapat menyebarkan bakteri ke seluruh ruangan, termasuk ke tangan yang baru dicuci. Lebih baik gunakan tisu untuk mengeringkan tangan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

6. Menekan tombol flush tanpa menutup kloset

Setelah buang air, biasanya orang akan menekan tombol flush tanpa dibarengi dengan menutup kloset. Ini kebiasaan yang sangat buruk. Menurut American Journal of Infection Control, ketika Anda menyiram, baik sehabis BAK atau BAB, kuman-kuman sisa buang air yang mengandung bakteri mikroskopis bisa terlempar ke udara.

Jika Anda tidak menutup tutup kloset saat menyiram, bakteri dapat mencemari tangan Anda, permukaan kamar mandi, dan bahkan benda-benda seperti sikat gigi. Bagaimana dengan kloset jongkok? Itu tentu sangat berbahaya. Jika bisa, sediakan penutup tambahan. Jadi, Anda bisa menutupinya sedikit saat menyiram di kloset jongkok.

7. Menggigit pulpen

Bagi banyak orang, menggigit pulpen secara tidak sadar dilakukan saat sedang berpikir atau gugup. Padahal, pulpen yang Anda gigit tidak terjamin kebersihannya. Apalagi jika pulpen tersebut adalah sudah digigit sebelumnya oleh teman Anda. Banyak bakteri bersarang tentunya. Selain itu, menggerogoti pulpen juga tidak bagus untuk gigi-gigi Anda.

8. Membuka sesuatu dengan gigi

Beberapa orang sering membuka sesuatu menggunakan giginya, biasanya yang berasal dari plastik atau kertas. Mulai sekarang, hindarilah kebiasaan ini. Tak hanya berpotensi merusak gigi Anda, tetapi juga dapat menyebarkan kuman. Selain kuman dari mulut Anda sendiri yang ditransfer ke benda tersebut, Anda juga melakukan kontak dengan kuman yang sudah ada di kemasan.

9. Meniup lilin ulang tahun

Tradisi meniup lilin yang ditaruh di kue ulang tahun mungkin perlu dikaji ulang. Saat meniup lilin, Anda melepaskan bakteri yang ada di dalam mulut Anda ke kue tersebut. Meski kemungkinannya kecil untuk benar-benar jatuh sakit dari kuman ini, tapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa meniup lilin melipatgandakan jumlah bakteri di permukaan kue sebesar 1.400%!

10. Makan di dekat laptop atau komputer

Sekarang Anda memiliki alasan untuk tidak makan di dekat laptop atau perangkat komputer, baik di rumah atau di kantor. Bukan untuk membuat Anda jijik, tetapi keyboard komputer Anda kemungkinan besar adalah sarang bagi beberapa kuman yang serius, kecuali Anda membersihkannya secara teratur.

Kebiasaan-kebiasaan tidak sehat di atas harus  Anda tinjau ulang. Ya, memang sulit tentunya menghentikan kebiasaan yang sudah Anda lakukan sejak lama. Tapi kalau bukan sekarang, kapan lagi? Tak mau, kan, Anda dibuntuti kuman-kuman nakal terus-menerus?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar