Sukses

7 Makanan Ini Bikin Konstipasi Tambah Parah

Niat hati ingin melancarkan BAB, jangan sampai Anda salah makan dan malah bikin konstipasi kian parah.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang pasti pernah mengalami masa-masa konstipasi (sulit buang air besar) akibat lupa memenuhi kebutuhan asupan serat harian. Dilansir Reader’s Digest, setidaknya ada 42 juta warga Amerika Serikat AS yang frekuensi BAB-nya kurang dari 3 kali seminggu. Padahal, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda rutin mengonsumsi sayuran dan buah setiap harinya.

Saat Anda mengalami konstipasi, BAB pun harus dikeluarkan dengan susah payah, yakni harus mengejan keras karena terasa seperti ada sumbatan yang menghambat pengeluaran tinja. Kalau pun berhasil dikeluarkan, rasanya juga seperti masih ada yang tidak tuntas! Benar, tidak? Nah, jika sudah begitu, jauhi dulu makanan-makanan yang bisa memperburuk kondisi konstipasi yang Anda alami.

  • Makanan yang dibekukan

Dikutip dari Reader’s Digest, makanan yang dibekukan kerap kali kehilangan nutrisi alaminya, termasuk hilangnya serat yang dibutuhkan tubuh dalam mempertahankan gerakan usus secara teratur. Sedangkan, orang dewasa membutuhkan setidaknya 25 hingga 38 gram serat setiap harinya.  

Tak cuma kehilangan serat, makanan yang dibekukan umumnya mengandung pemanis buatan, pengawet, dan lemak jahat yang akan lambat dicerna oleh usus Anda.

  • Daging merah

Pada dasarnya, daging apa pun tidak memiliki serat yang membantu kelancaran pencernaan, termasuk daging ayam, kalkun, hingga daging sapi (daging merah). Namun, daging merah memiliki banyak lemak ketimbang daging unggas sehingga lebih sulit dicerna dan menyebabkan sembelit.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Minuman beralkohol dan kopi

Banyak minum minuman beralkohol dan kafein, dalam hal ini kopi, hanya akan membuat Anda semakin kekurangan cairan atau dehidrasi. Padahal saat konstipasi, sistem pencernaan Anda membutuhkan lebih banyak asupan air.

  • Cokelat dan biskuit

Mengonsumsi makanan manis terlalu banyak dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda dalam mencerna karena tinggi karbohidrat, rendah serat, dan tinggi lemak, terutama pada cokelat. Cokelat, khususnya cokelat yang tinggi gula, diyakini sering memicu masalah pencernaan dan ketidaknyamanan pada usus.

  • Pisang yang belum matang

Dengan mengonsumsi tiga gram serat per porsi, pisang memang dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun, jangan salah. Pisang yang belum matang benar malah bisa menyebabkan konstipasi karena mengandung pati resistan yang dapat memperburuk sembelit yang sudah ada. Lebih baik, konsumsilah pisang yang sudah benar-benar menguning.

  • Gorengan

Tak hanya buruk untuk kesehatan jantung, terlalu banyak mengonsumsi gorengan juga bisa memparah kondisi sembelit Anda. Sebab, gorengan termasuk makanan super berlemak yang sulit dicerna di dalam usus. Semakin banyak lemak yang Anda makan, semakin tinggi pula risiko Anda terkena konstipasi.

  • Produk olahan susu

Meski bagus untuk kesehatan tulang dan gigi, terlalu banyak mengonsumsi olahan susu, seperti krim dan keju, akan membuat sembelit menjadi parah. Saat produk olahan susu terlalu banyak ada di dalam perut, hal itu akan menyebabkan gejala kembung dan konstipasi parah, terutama buat orang yang memiliki intoleransi laktosa.

Nah, daripada mengonsumsi ketujuh makanan di atas, atasilah konstipasi Anda dengan banyak makan kacang-kacangan serta aneka sayur dan buah. Selain itu, cukupilah kebutuhan cairan Anda dan bantu dengan beraktivitas fisik supaya konstipasi mereda. Yang perlu diingat lagi, bertahaplah dalam mengonsumsi serat supaya tidak menjadi bumerang yang malah membuat perut Anda semakin terasa tidak enak.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar