Sukses

Tak Cuma Olahraga, Makanan Ini Juga Bisa Bakar Kalori

Selama ini orang mengira olahraga adalah jalan satu-satunya untuk membakar kalori. Padahal, 5 makanan ini juga bisa, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Membakar kalori dapat dilakukan dengan berbagai cara, kapan saja dan di mana saja. Coba saja tengok kegiatan sehari-hari seperti mencuci mobil, belanja di supermarket, mengecat rumah, dan lainnya. Mereka juga dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar, lho. Bahkan, bekerja di depan komputer dapat membakar sekitar 40-60 kalori.

Selain olahraga dan aktivitas fisik lainnya, ternyata makanan tertentu juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu membakar kalori. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menurunkan berat badan, dapat mencoba rekomendasi makanan di bawah ini:

  1. Cabai

Cabai mengandung zat kapsaisin yang telah lama dikaitkan dengan peningkatan pengeluaran energi serta oksidasi lemak. "Konsumsi cabai disinyalir mampu memicu mengaktifkan proses-proses tertentu yang menyebabkan tubuh kita bekerja lebih keras untuk mengeluarkan energi menggunakan lemak,” jelas Meg Hagar, MS, RD.

  1. Greek yogurt polos

Greek yogurt polos tanpa gula adalah produk fermentasi yang memiliki kemampuan untuk mengubah mikrobioma usus dan membuat bakteri “baik” dan bakteri “jahat” lebih seimbang. Diketahui bahwa ketidakseimbangan antara kedua jenis bakteri tersebut berhubungan dengan obesitas dan gangguan metabolisme tubuh.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Kimchi

Kimchi, hidangan sayur khas Korea yang difermentasi, adalah asupan bermanfaat buat tubuh Anda. Sama seperti yoghurt, ia difermentasi dan mengandung bakteri sehat yang membantu proses pencernaan tubuh.

Kimchi dibuat dengan campuran garam, cuka, bawang putih, cabai dan rempah-rempah lainnya, dan disajikan dengan nasi, mie atau sup. Anda juga bisa menyesuaikan dengan cara memasak ala kuliner lokal seperti menambahkannya pada telur orak-arik, lauk nasi, hingga salad.

  1. Kombucha

Minuman sehat ini sedang ngetren di kalangan para pelaku gaya hidup sehat. Walau begitu, Anda tidak boleh berlebihan saat mengonsumsi kombucha karena ia mengandung sedikit alkohol akibat proses fermentasi. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah atau mendapatkannya di toko-toko makanan sehat.

  1. Kafein

Siapa sangka, kafein dapat efektif membakar kalori? Anda bisa mendapatkannya dari secangkir minuman seperti teh dan kopi, namun tidak boleh terlalu banyak. Asupan kafein yang berlebihan justru dapat memicu gangguan.

Anda juga bisa membakar kalori dengan asupan lainnya seperti cuka apel, minyak kelapa, minyak alpukat, dan lain-lain. Agar lebih mudah, hitung kebutuhan kalori Anda sehari-hari dengan fitur Health Tools “Kalkulator Kalori & BMI” di KlikDokter. Kalkulator ini berguna untuk menghitung jumlah kalori yang Anda butuhkan berdasarkan berat dan tinggi badan, usia, serta aktivitas.

“Jumlah kalori tersebut dapat dibagi menjadi lebih kurang seperti berikut: 30% untuk makan pagi, 40-50% makan siang, dan 20-30% makan malam. Untuk mengetahui jumlah kalori dari makanan yang Anda konsumsi, Anda dapat melihat buku referensi. Terdapat buku menu yang menunjukkan jumlah makanan yang dikonsumsi setara dengan berapa kalori dari setiap makanan,” ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Selain olahraga dan pola hidup sehat lainnya, Anda dapat mengonsumsi makanan di atas untuk membakar kalori tubuh Anda. Ingat juga untuk menyeimbangkan asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat 50-60% per hari, protein 15% sehari, dan lemak 30% sehari.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar