Sukses

5 Tanda Depresi yang Harus Anda Waspadai

Beban hidup yang semakin berat bisa membuat Anda berakhir pada kondisi depresi. Kenali gejalanya dan atasi sekarang juga!

Klikdokter.com, Jakarta Depresi merupakan sebuah kondisi kesehatan yang sudah tak asing di telinga. Kendati demikian, tak sedikit yang masih belum memahami bagaimana depresi datang dan memberikan gejala pada penderitanya.

Depresi merupakan keadaan umum di mana terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood dari suatu individu. Keadaan ini mengakibatkan gangguan pada aktivitasnya sehari-hari atau hilangnya fungsi seseorang sebagai individu yang utuh.

Menurut dr. Ellen Theodora kepada KlikDokter, faktor penyebab depresi dapat dibagi menjadi tiga: faktor biologis, faktor keturunan dan faktor psikososial. “Ketiga faktor tersebut dapat berdiri sendiri-sendiri maupun saling terkait,” ujar dr. Ellen.

Kenali gejala depresi

Seseorang yang berada pada kondisi depresi dapat menunjukkan tanda dan gejala tertentu. Berikut 5 di antaranya:

  1. Bersembunyi di balik perasaan sendiri

Dalam hati, Anda mungkin bergulat dengan masalah yang belum terselesaikan atau bermasalah. Namun di luar, Anda tidak suka memikirkan apalagi membicarakannya. Anda mungkin terlihat tidak memiliki masalah apa-apa, namun merasa terancam ketika ada seseorang yang ingin mengetahui diri Anda lebih dalam.

Bila mengalami hal-hal seperti itu, Anda sepertinya sudah tenggelam dalam jurang depresi. Segera lakukan tindakan, agar Anda bisa segera bebas dari depresi dan bahaya yang ada di baliknya.

  1. Sulit menjelaskan perasaan

Zona abu-abu alias gamang yang menggambarkan perasaan Anda saat ini bisa menjadi tanda dari depresi. Jika mengalami hal tersebut, Anda secara tidak sadar akan “mematikan” semua emosi yang dirasakan dan memilih untuk bersifat dingin terhadap apa pun.

  1. Berusaha menyibukkan diri

Salah satu cara yang dilakukan orang depresi untuk melawan pikirannya yang sedang “kusut” adalah berusaha menyibukkan diri dengan segala hal.

Jadi, jika Anda menemukan orang yang berupaya menyibukkan diri dengan segala hal, bisa jadi ia sedang berada pada fase depresi. Hal itu semata-mata dilakukannya agar dirinya tak terlalu memikirkan beban yang sedang ditanggungnya saat ini.

  1. Emosi mudah meledak

Tanda-tanda depresi tak hanya berupa tangisan atau kesedihan. Ya, mudah marah atau meluapkan emosi dengan cara yang tidak tepat juga dapat menjadi gejala depresi.

Mereka yang depresi bisa saja berteriak kasar pada orang lain yang tidak bersalah. Bahkan, mereka juga lebih mudah marah saat berada di tempat kerja. Kemarahan ini merupakan tanda depresi yang cukup kronis.

  1. Tidak mampu berpikir jernih

Pikiran yang lamban dan cenderung negatif adalah tanda umum depresi. Biasanya, Anda akan merasa tidak bisa memikirkan hal-hal sejernih dan sejelas dahulu. Kondisi ini merupakan hal yang wajar bagi orang-orang dengan depresi, apalagi jika dibarengi dengan perasaan lain, seperti ragu-ragu dan plin-plan dalam mengambil keputusan.

Memang, gejala-gejala di atas tak melulu disebabkan oleh depresi. Namun demikian, jika mengalami tanda dan gejala tersebut, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau psikiater.

Pasalnya, untuk menentukan diagnosis depresi, orang yang curiga bahwa dirinya mengalami gangguan mental tersebut perlu melakukan wawancara secara langsung dengan dokter atau psikiater. Lewat sesi tersebut, dokter spesialis dapat menilai langsung mood dan perubahan perasaan yang tampak dari wajah, bahasa tubuh, dan lain-lain.

Jika hasilnya positif depresi, maka pasien akan diberikan cara penanganan yang paling sesuai dengan kondisinya. Dengan demikian, depresi dan laju perburukan suasana hati bisa dihentikan agar penderitanya bisa kembali ke taraf hidup normal seperti sedia kala.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar