Sukses

Masker Kefir, Apakah Aman untuk Kesehatan?

Penggunaan masker kefir tengah menjadi tren di kalangan wanita. Banyak dijual bebas secara online, apakah masker kefir aman untuk kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Kefir adalah sebuah produk olahan susu yang digadang-gadang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Mencari masker kefir pun kian mudah, sudah bertebaran secara online di berbagai situs web atau media sosial jual beli. Pertanyaannya, apakah masker kefir aman untuk kesehatan.

Kefir adalah produk yang merupakan hasil fermentasi dan kultur dari susu yang berasal dari daerah Kaukasus. Lokasi tersebut merupakan daerah di Eropa Timur dan Asia Barat di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia yang termasuk Pegunungan Kaukasus dan daerah-daerah rendah lainnya.

Susu yang digunakan biasanya susu kambing, tapi bisa juga dibuat dari susu sapi atau lainnya. Kefir diketahui telah memberikan berbagai dampak positif bagi kesehatan maupun kecantikan, dalam bentuk minuman maupun masker wajah.

Kerap dianggap mirip, kefir mengandung lebih banyak lemak dan protein dibandingkan dengan yoghurt. Selain itu, kefir juga berperan lebih sebagai probiotik. Berdasarkan konsistensinya kefir memiliki konsistensi yang lebih halus dibandingkan dengan yogurt.

Manfaat kefir sebagai minuman kesehatan dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan, rasa tidak nyaman pada perut, konstipasi atau sembelit, intoleransi laktosa, diare yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik, penurunan berat badan, kesehatan tulang, dan kolesterol tinggi. Produk ini juga dapat digunakan untuk mengurangi efek samping dari kemoterapi.

Manfaat masker kefir

Masker kefir bisa digunakan pada semua tipe kulit, tak terkecuali. Masker kefir dapat berguna sebagai eksfoliator, yaitu pengelupas sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan, karena mengandung senyawa kimia asam hidroksi alfa (AHA).

AHA adalah suatu bentuk asam laktat yang menyeimbangkan tingkat pH (keasaman) kulit wajah, sehingga membantu mengurangi keriput dan memperlambat proses penuaan. Fungsi tersebut juga dikarenakan senyawa AHA yang menstimulasi produksi kolagen, sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini.

Selain itu, masker kefir juga memiliki kekuatan antiinflamasi untuk atasi jerawat. Kandungan asam amino pada masker kefir juga sangat baik untuk hidrasi kulit, sehingga bisa membantu mengatasi kulit kering. Tak hanya itu, asam amino ini juga berperan sebagai antioksidan sehingga kulit wajah tidak tampak pudar dan layu.

1 dari 2 halaman

Efek samping masker kefir

Hingga saat ini, secara umum kefir aman digunakan semua orang dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Meski demikian, perlu diketahi bahwa kefir juga dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti perut kembung, mual, kram perut, serta konstipasi. Efek samping ini biasanya terjadi saat awal penggunaan produk kefir, yang umumnya akan hilang sendiri.

Digunakan sebagai masker wajah, penggunaan masker kefir juga bisa sebabkan efek samping yang terjadi saat pemakaian pertama. Efek samping ini bisa berupa rasa gatal akibat kandungan bakteri baik dan asam laktat yang bekerja pada kulit wajah. Selain itu, masker kefir juga dapat menimbulkan rasa perih dan timbul kemerahan pada wajah. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki kulit lebih sensitif.

Namun jangan khawatir, rasa perih tersebut hanya bersifat sementara karena kandungan asam laktat pada kefir yang merangsang pergantian sel kulit baru. Untuk pemilik kulit wajah sensitif, Anda disarankan untuk mengaplikasikan masker kefir lebih tipis ke wajah dan jangan terlalu sering. Sekitar 1-3 kali seminggu cukup.

Masker kefir memang banyak diandalkan wanita untuk mendukung kesehatan dan kecantikan dan penggunaannya ini terbilang aman. Walaupun begitu, Anda juga harus tahu akan efek samping yang bisa timbul. Jika efek samping tak kunjung reda atau justru semakin parah, lebih baik segera berkonsultasi ke dokter. Pastikan masker kefir yang Anda beli teruji di laboratorium resmi agar pemakaiannya aman untuk kulit wajah tanpa menimbulkan efek samping.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar