HomeGaya hidupDiet dan NutrisiJangan Konsumsi 5 Makanan Ini agar Tak Cepat Tua!
Diet dan Nutrisi

Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini agar Tak Cepat Tua!

Bobby Agung Prasetyo, 02 Okt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Catat, 5 makanan ini bikin Anda terlihat lebih tua dan tidak segar. Hindari dari sekarang!

Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini agar Tak Cepat Tua!

Menjaga kesehatan berpengaruh pada banyak aspek kehidupan. Selain menciptakan tubuh yang tetap fit, juga dapat membuat kulit tampak lebih sehat. Hal ini dicirikan dengan warna kulit yang konsisten, tekstur yang halus, terhidrasi sehingga lembap, dan memiliki sensasi yang normal (tidak terasa gatal atau nyeri).

Walau seseorang telah memasuki usia tua, jika dapat menjaga kesehatan dengan baik, bukan tak mungkin ia akan terlihat awet muda. Memilih makanan yang tepat dapat membantu menciptakan kondisi tersebut.

“Salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan menyertakan berbagai jenis bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tepat ke dalam pola makan sehat Anda,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Astrid menjelaskan bahwa ada beberapa nutrisi penting yang dapat membantu memelihara kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari grape seed (biji anggur), vitamin E hingga kolagen.

Sebaliknya, ada sejumlah makanan yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. Apa sajakah makanan tersebut? Seperti dilansir Reader’s Digest, berikut asupan yang dapat membuat Anda tampak lebih tua:

Permen

Permen dengan kandungan pemanis yang tinggi sudah tentu tidak baik untuk kesehatan, khususnya buat kulit. Pemanis dalam permen dapat mengganggu perkembangan dua protein yang menjaga kulit tampak segar dan awet muda, yakni kolagen dan elastin.

Apa pun yang mengganggu protein ini akan memiliki efek negatif, termasuk gula sebagai salah satu musuh terbesar mereka. Ketika gula dicerna, ia meninggalkan puing-puing yang dikenal sebagai produk akhir glikasi lanjut. Zat tersebut membangun dan menempelkan diri ke kolagen yang dapat menyebabkan kerutan dan kekenduran.

Daging hangus

Arang hitam yang tertinggal pada daging sering mengandung hidrokarbon pro inflamasi. Zat ini berbahaya karena dapat menimbulkan peradangan yang merusak kolagen pada kulit. Untuk mencegahnya, masaklah daging secara pas, jangan terlalu sebentar dan jangan pula kelewat lama, hingga malah hangus.

Alkohol

Efek alkohol pada tubuh, khususnya hati, bisa sangat buruk. Ketika fungsi hati sebagai penetralisir racun terganggu, maka ia berpotensi memengaruhi kecerahan dan kesehatan kulit. Jika racun terbentuk di hati dan tidak terurai dengan baik, kulit Anda dapat didera masalah seperti jerawat, kusam, dan kendur.

Karbohidrat olahan

Karbohidrat dicerna menjadi gula murni di dalam tubuh. Dan karena itu, mereka dapat mempercepat penuaan dan melemahkan kolagen serta elastin. Gantilah sumber karbohidrat dengan yang lebih sehat seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran. Jauhi roti putih, kue-kue, dan serealia yang tinggi gula.

Makanan dengan garam berlebih

Apa pun makanan dengan jumlah sodium yang tinggi, contohnya daging yang diawetkan serta keripik kentang, akan mengeringkan kulit. Kelebihan garam dalam tubuh mengakibatkan lebih banyak cairan keluar. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering karena kurangnya cairan dan mengarah pada tampilan yang keriput.

Kiat sederhana untuk awet muda

Jangan biarkan kulit Anda tampak lebih tua hanya gara-gara makanan! Sebagai tambahan, lakukan kiat awet muda berikut ini:

Hindari stres

Tekanan pekerjaan dan banyaknya tuntutan menyebabkan seseorang terjerumus dalam kondisi stres. Stres itu sendiri bisa mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika Anda sering stres, cobalah untuk mengikuti terapi relaksasi, seperti yoga atau sekadar berjalan-jalan dengan sahabat.

Jauhi kebiasaan merokok

Rokok dapat merusak pembuluh darah Anda. Akibatnya, aliran darah ke kulit menjadi terganggu, aliran oksigen menjadi tidak maksimal, sehingga kulit pun menjadi kering dan kusam.

Olahraga teratur

Berolahraga secara rutin dapat mengencangkan otot tubuh sehingga pada akhirnya membuat Anda terlihat awet muda. Selain itu, olahraga juga menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti pengeroposan tulang dan penyakit jantung.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, penting juga untuk memperhatikan gaya hidup lainnya agar terhindar dari penuaan dini. Jika Anda memiliki masalah pada kulit yang berkepanjangan, lakukan konsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk penanganan yang tepat.

[RS/ RVS]

Penuaan DinikulitmakananAwet Muda

Konsultasi Dokter Terkait