Sukses

Cara Memilih Rumah Sakit Bersalin yang Tepat

Persiapan untuk melahirkan sangat banyak. Salah satu yang penting adalah memilih rumah sakit bersalin yang paling sesuai.

Klikdokter.com, Jakarta Melahirkan merupakan salah satu proses yang membutuhkan banyak persiapan. Selain fisik dan mental, pemilihan rumah sakit bersalin yang tepat juga diperlukan agar proses melahirkan bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Tidak dimungkiri, memilih rumah sakit bersalin yang benar-benar sesuai dengan keinginan memang tergolong sulit. Hal ini terutama bila ibu hamil mengedepankan keamanan dan kenyamanan, baik sebelum maupun sesudah proses melahirkan.

Tenang, Anda tidak perlu panik dan was-was. Sejatinya, sebagian besar rumah sakit bersalin yang memenuhi standar pemerintah dapat Anda pilih sebagai sarana melahirkan.

Namun, agar tidak salah pilih, akan lebih baik bila Anda memerhatikan hal ini dalam pemilihannya:

  1. Jarak

Pilih rumah sakit yang tidak terlalu jauh dari rumah Anda. Pastikan pula rumah sakit tersebut mudah diakses, bahkan bila menggunakan kendaraan umum.

Memang, kondisi gawat darurat tidak melulu terjadi. Namun, pada kebanyakan kasus, terutama ibu yang baru pertama kali akan melahirkan, pastinya akan panik ketika sudah mengalami tanda-tanda persalinan.

  1. Dokter kandungan terpercaya

Dokter kandungan merupakan faktor yang cukup besar dalam proses persalinan. Tentunya, sang ibu harus memercayai dokter kandungannya.

Proses persalinan bukan hanya langsung melahirkan, namun terdiri dari beberapa tahap dan pola pernapasan tertentu. Sehingga, kepercayaan ibu kepada dokter kandungan sangat mendukung kelancaran proses persalinan.

Sebaiknya, sang ibu melahirkan dengan dokter kandungan yang memeriksa kondisi janinnya selama 9 bulan untuk mengetahui kondisi ibu. Namun, jika memang tidak bisa, sebaiknya ibu mempersiapkan buku kehamilan dan data lengkap mengenai kehamilan selama ini.

  1. Bidan dan staf rumah sakit

Bidan dan staf rumah sakit lain juga merupakan salah satu faktor pendukung proses persalinan. Tentunya, keramahan dan pelayanan yang baik dari tenaga medis membuat hati sang ibu senang dan nyaman. Hal ini turut berperan dalam memperbaiki kondisi psikis dan mental sang ibu, sehingga proses persalinan akan berjalan dengan lancar.

  1. Inisiasi Menyusu Dini

Program inisiasi menyusu dini (IMD) adalah program yang sangat baik, karena dapat memberikan kekebalan tubuh pada sang bayi yang baru lahir. Sebaiknya, sang ibu mencari tahu apakah rumah sakit bersalin yang dipilih mendukung program ini. Karena, tidak sedikit rumah sakit yang masih harus diberitahu atau sang ibu meminta sendiri untuk melakukan IMD.

  1. Biaya

Biaya tentunya juga salah satu faktor yang harus dipikirkan dalam mempersiapkan persalinan yang aman dan nyaman. Tentunya, melahirkan juga membutuhkan sejumlah biaya, apalagi lagi jika terdapat komplikasi.

Sebaiknya, sebelum persalinan mencapai waktunya, kedua calon orang tua mencari tahu biaya paket melahirkan. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk harga kamar, obat-obatan, perawatan, dan jasa tenaga medis. Setidaknya, calon ibu dan ayah sudah dapat mempersiapkan biaya ketika waktunya bersalin hampir tiba.

Proses persalinan membutuhkan banyak persiapan, tak terkecuali dalam memilih rumah sakit bersalin yang paling tepat. Jangan sembarangan, agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar