Sukses

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan Kulit

Akhir-akhir ini penggunaan masker kefir kian populer. Apa sebenarnya manfaat utama kefir untuk kecantikan kulit?

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa tahun belakang, produk kefir seperti masker makin diminati kaum wanita. Kemudahan untuk mendapatkannya dari toko online turut membuat penggunaan kefir menjadi tren. Namun, klaim bahwa kefir memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit-lah yang menjadi daya tarik terbesar.

Nama kefir berasal dari Turki yang artinya 'merasa baik'. Kefir pada dasarnya merupakan suatu produk minuman hasil dari fermentasi dan kultur susu. Biasanya dibuat dari susu kambing, tapi juga bisa terbuat dari susu sapi atau kelapa.

Kefir berupa kombinasi dari ragi, protein susu dan juga bakteri. Selain umum untuk dikonsumsi, kefir juga bisa digunakan dalam bentuk masker wajah. Keduanya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Kefir sering kali disamakan dengan yoghurt, padahal nyatanya sangat berbeda. Kefir mengandung lebih banyak lemak dan protein dibandingkan yoghurt.

Selain itu, kefir juga diketahui berperan lebih baik sebagai probiotik. Berdasarkan konsistennya, kefir memiliki konsistensi yang lebih halus dibandingkan yoghurt.

Manfaat kefir untuk kesehatan

Kefir memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Bakteri baik yang terkandung dalam kefir adalah Lactobacillus caucasus. Bakteri ini berperan sebagai pengubah kandungan laktosa yang terdapat dalam susu menjadi asam laktat. Inilah yang menyebabkan produk kefir terasa asam.

Bakteri yang ada dalam kefir ini bersama dengan mikroba pencernaan lainnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tak hanya itu, bakteri baik ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit.

Produk minuman yang mengandung kefir dapat membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, dan membersihkan sistem pencernaan. Kefir juga dapat bermanfaat baik bagi kesehatan tulang dan gigi karena kaya akan kalsium dan fosfor.

Selain itu, kefir juga kaya akan vitamin B, kalium, protein dan berperan sebagai antioksidan. Konsumsi secara rutin produk kefir ini akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan dapat bermanfaat pula sebagai penurun berat badan.

Manfaat masker kefir untuk kecantikan kulit

Selain manfaat kesehatan yang diberikan dalam bentuk minuman sehat, kefir juga memberikan banyak manfaat dalam bidang kecantikan. Salah satu penggunaan kefir yang paling populer untuk perawatan kulit adalah dalam bentuk masker.

Masker kefir bisa digunakan untuk semua jenis kulit tanpa terkecuali. Masker ini dapat berperan sebagai asam hidroksi alfa (AHA), yang merupakan salah satu senyawa kimia.

AHA ini sering digunakan sebagai bahan kunci pada banyak produk perawatan kulit. AHA memiliki kemampuan dalam meningkatkan kondisi kulit, yaitu sebagai eksfoliasi (membantu pengelupasan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit) serta menstimulasi produksi kolagen sehingga dapat berperan sebagai agen anti-penuaan.

Proses eksfoliasi ini akan membuat kulit tampak lebih bersih, cerah, rata, halus, kenyal, dan lembut. Untuk memerangi penuaan, masker kefir dapat membantu Anda mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah.

Fungsi probiotik yang dimiliki oleh masker kefir juga mungkin dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada kulit. Tak hanya itu, ada pula manfaat anti-inflamasi sehingga akan membantu meringankan masalah kulit seperti jerawat.

Bermasalah dengan kulit kering? Jangan khawatir karena masker kefir juga diketahui bisa diandalkan dengan cara memberikan dan menjaga kelembapan kulit.

Kefir memang sangat bermanfaat, baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, Anda sebaiknya tak hanya memanfaatkannya dalam bentuk masker kefir untuk kecantikan kulit, tapi juga dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dari dalam. Jika tertarik untuk membeli produk kefir, jangan sembarangan membeli, pilihlah produk dari brand yang tersertifikasi.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar