Sukses

Tips Pemulihan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Setelah operasi gigi bungsu, aktivitas seseorang memang bisa sedikit terganggu. Bagaimana perawatan gigi saat masa pemulihan?

Tumbuhnya gigi bungsu sering disertai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman, sehingga membuat sebagian orang buru-buru ingin mencabutnya.

Pencabutan gigi bungsu hampir selalu dilakukan dengan tindakan operasi. Masa pemulihan setelah operasi gigi bungsu ini sering kali menimbulkan ketidaknyamanan.

Lalu, adakah perawatan setelah operasi gigi untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut? Yuk, simak tips pemulihan pasca operasi gigi belakang berikut ini.

Seputar Gigi Bungsu

Sakit gigi akibat gigi tumbuh di usia dewasa tentu tidak nyaman. Umumnya gigi bungsu muncul saat usia 17 sampai 21 tahun. Alasan inilah yang membuat gigi ini disebut sebagai gigi bungsu, karena tumbuhnya paling akhir di saat usia dewasa.

Gigi bungsu terletak di bagian paling belakang pada setiap sisi, baik di rahang atas maupun rahang bawah.

Tidak banyak orang yang memiliki gigi bungsu tumbuh dengan sempurna. Sebagian besar tumbuhnya dalam keadaan miring atau bahkan terpendam. Jadi, gigi tidak muncul di permukaan gusi sama sekali. Hal ini disebabkan oleh ruang yang kurang bagi gigi bungsu untuk tumbuh.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Mengapa Gigi Geraham Bungsu Perlu Dicabut

Padahal, gigi bungsu yang posisi tumbuhnya miring dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi, seperti:

  • Gigi perlubang pada gigi bungsu atau gigi sebelahnya. Sebab, biasanya sulit untuk membersihkan sisa-sisa makanan, terutama pada sela-sela gigi tersebut.
  • Sakit gigi.
  • Kista.
  • Infeksi.

Nah, karena beberapa alasan inilah tindakan operasi gigi bungsu sebaiknya dilakukan. Pasalnya, apabila hanya ditangani dengan pemberian obat tanpa menghilangkan penyebabnya, rasa sakit akan kembali muncul pada lain waktu.

American Dental Association merekomendasikan agar setiap orang memeriksakan kondisi gigi mereka sebelum umur 20 tahun untuk melihat keadaan gigi bungsu. Dengan begitu, tindakan operasi gigi geraham bungsu tersebut bisa direncanakan sebelum menimbulkan keluhan.

Artikel Lainnya: Mengatasi Bengkak Setelah Operasi Gigi Bungsu

1 dari 3 halaman

Tentang Operasi Gigi Bungsu

Tindakan operasi gigi bungsu termasuk ke dalam operasi kecil (bedah minor), atau sering disebut dengan odontektomi. Operasi kecil ini biasanya menggunakan bius lokal.

Akan tetapi, untuk operasi pengangkatan empat gigi geraham bungsu sekaligus biasanya akan digunakan bius umum dan rawat inap di rumah sakit selama satu hari.

Operasi gigi bungsu biasanya menggunakan teknik pembedahan dan diakhiri dengan penjahitan. Dalam posisi gigi yang sulit, gigi bungsu perlu dilakukan pembelahan dengan bur, lalu diangkat per bagiannya.

Semakin tinggi tingkat kesulitan dan lama pengerjaannya, semakin besar pula pembengkakan saat proses penyembuhan. Namun, hal ini adalah wajar dan Anda tidak perlu panik. Dokter gigi akan meresepkan obat golongan antibiotik dan antinyeri untuk mengatasinya.

Lama masa penyembuhan luka setelah operasi gigi geraham bungsu adalah sekitar satu minggu. Namun, untuk pemulihan tulangnya bisa satu bulan atau bahkan lebih.

Pada awal proses penyembuhan, daerah bekas pencabutan gigi akan berisi bekuan darah sehingga perdarahan akan terhenti. Kemudian, gusi akan mulai tumbuh mengisi dari dasar luka hingga menutup sempurna sampai ke permukaan gusi.

Sekitar satu minggu setelah operasi gigi biasanya dilakukan kontrol, sekaligus lepas jahitan. Sebab, gusi bekas luka biasanya sudah menutup sempurna. Pada beberapa kasus, benang bisa sudah hilang, terlepas sendiri. Hal ini wajar terjadi.

Proses pemulihan yang berlangsung dengan baik dan nyaman sangat bergantung pada kepatuhan pasien terhadap anjuran-anjuran yang telah diberikan oleh dokter gigi.

Artikel Lainnya: Makanan yang Harus Dihindari Setelah Operasi Gigi Bungsu

2 dari 3 halaman

Perawatan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Agar dapat melalui proses penyembuhan dengan nyaman, pasien harus disiplin dalam mengikuti instruksi perawatan setelah operasi gigi yang diberikan oleh dokter gigi. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pasien setelah operasi gigi bungsu:

1. Konsumsi Obat-obatan yang Telah Diberikan

Konsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter setelah operasi gigi penting dilakukan. Obat yang dimaksud, misalnya obat golongan antibiotik, harus diminum sesuai jadwal dan harus dihabiskan. Jika tidak, ketidakpatuhan ini bisa menyebabkan luka bekas pencabutan semakin lama untuk sembuh.

2. Hindari Minuman yang Bersuhu Panas Setelah Operasi

Saat perawatan setelah operasi gigi, Anda harus memperhatikan apa yang dikonsumsi. Anda dianjurkan untuk menghindari minuman yang panas. Sebab, minuman dengan suhu tersebut dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Jadi, bila ingin minum, lebih baik pilih minuman yang dingin atau suhu ruang, kurang lebih dalam 1 x 24 jam pertama.

Artikel Lainnya: Makanan yang Baik Dikonsumsi Sehabis Cabut Gigi

3. Jangan Berkumur atau Meludah dengan Keras

Selanjutnya, setelah operasi, Anda juga disarankan untuk tidak berkumur ataupun meludah dengan keras. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan bekuan darah lepas, sehingga berpotensi menyebabkan perdarahan.

4. Hindari Menyenggol atau Memainkan Luka Bekas Pencabutan dengan Lidah

Saat proses perawatan setelah operasi gigi bungsu, Anda sebaiknya menghindari aktivitas ‘memainkan’ bekas luka pencabutan menggunakan lidah. Pasalnya, pada lidah bisa saja terdapat sisa makanan dan banyak kuman, sehingga bisa menyebabkan luka bekas pencabutan menjadi kotor dan terinfeksi.

5. Hindari Merokok

Bagi Anda perokok, bila ingin luka operasi dapat segera sembuh, sebaiknya hindari kebiasaan ini terlebih dahulu. Merokok dapat memperlama proses penyembuhan dan menyebabkan peradangan di luka bekas pencabutan.

6. Berkumur dengan Air Garam Hangat dan Menyikat Gigi dengan Hati-Hati

Perawatan luka setelah operasi selanjutnya adalah berkumur dan menyikat gigi. Berkumur secara perlahan dengan campuran air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan. Selain itu, menyikat gigi juga bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan di sekitar luka bekas pencabutan.

Berkumur dan menyikat gigi dapat menjaga gigi dari kemasukan sisa makanan atau kotoran, seperti plak atau karang gigi yang bisa menyebabkan infeksi.

Masa pemulihan setelah operasi gigi bungsu memang akan terasa kurang nyaman selama 2-3 hari. Jika instruksi dari dokter gigi tidak dipatuhi, maka bisa menimbulkan komplikasi pasca operasi gigi belakang. Karenanya, kerja sama pasien dalam merawat luka bekas pencabutan sangat diharapkan.

Informasi menarik lain seputar kesehatan gigi dan mulut bisa diperoleh di aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya sekarang juga!

[WA]

1 Komentar