Sukses

Tips Jadi Suami Siaga seperti Chicco Jerikho

Intip persiapan Chicco Jerikho menyambut hadirnya sang buah hati. Anda pun bisa meniru persiapan yang dilakukannya dan menjadi suami siaga.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari pasangan artis Chicco Jerikho dan Putri Marino. Pasangan artis yang menikah pada 3 Maret 2018 lalu, baru saja dikaruniai seorang putri cantik yang diberi nama Surinala Carolina Jarumilind melalui proses persalinan normal, 24 September 2018 lalu.

Dari awal proses persalinan yang berlangsung selama 10 jam lebih, Chicco Jerikho terus mendampingi dan memberikan dukungan pada sang istri. Anda ingin menjadi suami siaga seperti bintang filosopi kopi tersebut? Berikut tipsnya.

  • Ketahui tanda kontraksi persalinan

Istri Anda mungkin terus menerus mengeluh dan mengerang nyeri saat kontraksi datang. Namun sebagai suami Anda tidak perlu panik dan ketahui tanda kontraksi menjelang persalinan (true labour).

Pada true labour, kontraksi terjadi dalam interval yang teratur, berlangsung hingga 30–70 detik, dan jarak antar dua kontraksi semakin dekat. Kontraksi juga terus berlangsung tidak berhenti meskipun mengubah posisi, semakin menguat, dan awalnya terasa pada bagian punggung kemudian menjalar ke arah perut.

  • Kenali tanda–tanda persalinan

Selain adanya kontraksi yang reguler dan semakin intens, ketahui kapan waktu yang tepat Anda perlu membawa istri ke RS. Tanda–tanda tersebut antara lain:

1. Lendir bercampur darah Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan.

Jadi, tunggulah sampai Anda mendapat kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah, sebelum Anda pergi ke rumah sakit. Anda harus menghubungi dokter bila terjadi pendarahan hebat.

2. Air ketuban pecahKantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau. 

  • Partisipasi aktif

Setiap wanita tentu ingin didampingi sang suami dan turut terlibat dalam proses yang mengubah hidupnya. Pastikan Anda sudah menyiapkan tas berisi perlengkapan istri dan calon bayi sejak jauh–jauh hari.

Saat tiba saatnya persalinan, Anda tinggal membawa tas tersebut tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk menyiapkannya. Kendarai mobil secara aman hingga tiba ke RS.

  • Beri perhatian pada istri

Istri Anda mungkin akan mengerang atau berteriak kesakitan setiap kali kontraksi datang. Tidak perlu panik atau bingung. Tenangkan istri dan duduklah di sebelahnya.

Lakukan pijatan lembut pada kaki atau pundak istri. Selain itu Anda juga bisa memberikan segelas air putih setiap kali istri selesai kontraksi. Hidrasi yang baik akan membuat istri Anda lebih berenergi.

Alihkan perhatian istri dari nyeri kontraksi dengan mengajaknya berbincang mengenai hal–hal yang ia sukai. Misalnya membicarakan dekorasi kamar calon bayi atau musik favoritnya.

  • Beranikan diri menemani istri melahirkan

Anda mungkin takut melihat darah dalam jumlah banyak atau takut trauma jika melihat istri kesakitan. Tapi ingatlah bahwa momen kelahiran anak Anda kali ini tidak akan terulang lagi seumur hidup.

Tak ada salahnya mencoba untuk memberanikan diri menemani istri saat proses melahirkan. Kehadiran Anda tentu akan membuatnya merasa lebih nyaman dan tenang. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, mintalah bantuan keluarga terdekat untuk menggantikan Anda menemani istri.

Kelahiran sang buah hati tentu menjadi momen yang dinantikan banyak pasangan, termasuk. Buat para calon ayah yang sedang menantikan momen ini, tips suami siaga seperti Chicco Jerikho tentu bisa diikuti. Selamat menyambut kehadiran si Kecil, ya!

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar