Sukses

Manfaat Masak Bersama Anak di Akhir Pekan

Kehabisan ide liburan? Cobalah memasak bersama si Kecil di akhir pekan dan rasakan sendiri keseruan dan manfaatnya!

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda menyaksikan lomba masak khusus anak di televisi? Jika pernah, mungkin sebagian besar dari Anda kagum dengan kemahiran anak-anak tersebut. Karena meskipun mereka masih berusia di bawah 13 tahun, namun sudah mampu mewujudkan resep masakan menjadi hidangan yang menggugah selera.

Kekaguman terhadap anak-anak berbakat tersebut sebenarnya bisa menginspirasi Anda untuk menjadikannya kegiatan alternatif di akhir pekan. Sebab, tak hanya menyenangkan, memasak juga punya sejumlah manfaat yang baik untuk perkembangan si kecil. Penasaran apa saja manfaatnya?

  1. Membangun kepercayaan diri

Ya, memasak memang bisa meningkatkan kepercayaan diri si Kecil terutama saat Anda banyak melibatkan dirinya untuk membantu menyiapkan alat, bahan, dan ikut serta dalam proses pembuatannya.

Dengan melibatkan anak dalam proses memasak, berarti Anda menunjukkan sebuah kerja sama di dalam tim. Tunjukkanlah bahwa usaha yang dilakukan bersama-sama bisa membuahkan hasil terbaik.

Nah, usai memasak, jangan lupa untuk memuji mereka sebagai tanda bahwa Anda menghargai usahanya. Dengan begitu, si Kecil akan percaya diri dan kedekatan anak dengan orang tua pun semakin erat.

  1. Meningkatkan daya imajinasi

Meski Anda menggunakan resep dalam memasak, tapi tak ada salahnya ‘kan untuk “sedikit bereksperimen” dengan si Kecil? Intinya, ajari anak berani untuk membayangkan dan menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah masakan. Mulai dari menambahkan bahan-bahan lain, menggunakan metode di luar resep, hingga berkreasi dalam menghias makanan.

Walau hasilnya bisa jadi jauh dari kata enak dan indah, yang terpenting si Kecil sudah berani menggunakan imajinasinya dalam menciptakan sesuatu. Dan, ingat, pengalaman adalah guru yang terbaik untuk anak. Hal ini pun bisa melatih kemampuannya dalam berpikir out of the box dan mahir memecahkan masalah di kemudian hari.

  1. Memberikan pengalaman sensorik

Sudah menjadi rahasia umum kalau anak-anak punya rasa keingintahuan yang tinggi, apalagi bila mengeksplorasi hal baru. Nah, dengan memasak, si Kecil jadi punya kesempatan untuk menggunakan semua indranya, mulai dari penglihatan (membaca resep), pendengaran (mendengar suara makanan yang diolah), penciuman (mencium aroma makanan yang sedang dimasak), peraba (memotong, mengaduk, atau bahkan menguleni), dan indra perasa (mencicipi hasilnya).

Selain itu, memasak juga memungkinkan anak untuk fokus pada indranya secara individual maupun kolektif. Jadi, jangan heran bila nanti si Kecil sudah bisa melakukan berbagai hal sekaligus dan menyelesaikannya tepat waktu ketika beranjak dewasa.

  1. Mengasah keterampilan berhitung dan sains

Hampir setiap orang tua akan bangga bila memiliki anak yang mahir berhitung dan menggemari sains. Untuk itu, ajaklah anak Anda untuk memasak bersama, karena kegiatan yang satu ini bisa meningkatkan kemampuan anak dalam mengamati, mengukur, menghitung, dan memprediksi sesuatu.

Ketiga hal tersebut sangat penting dalam ilmu pasti, seperti matematika dan sains, bukan? Bila dilatih dari sekarang dengan kegiatan kreatif seperti memasak, bukan tak mungkin jika anak Anda berhasil menciptakan sebuah inovasi teknologi di kemudian hari.

1 dari 2 halaman

Bagaimana jika anak Anda laki-laki?

Perlu diingat bahwa memasak kini sudah menjadi aktivitas - bahkan pekerjaan - yang dilakukan oleh siapa saja. Baik pria maupun wanita, semuanya boleh dan bisa memasak.

Coba Anda ingat-ingat lagi. Banyak sekali pria di dalam maupun luar negeri yang berprofesi sebagai koki dan memiliki kehidupan yang normal. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir lagi. Cukup awasi dan bimbinglah anak Anda dalam mengembangkan minat, khususnya dalam bidang memasak.

Bila memang memasak di akhir pekan membuat anak Anda bermimpi menjadi koki, tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas menyenangkan ini secara rutin di akhir pekan. Selama impiannya positif, dukungan Anda kepada si Kecil akan sangat berarti.

Mengisi akhir pekan dengan kegiatan masak bersama bisa menjadi pengalaman yang berkesan bagi Anda dan sang buah hati. Jadi, jangan berkecil hati dan langsung kapok bila hasil masakan yang dibuat kurang lezat di percobaan pertama. Coba lagi resep-resep lainnya, dan sesekali lakukanlah kegiatan memasak di luar rumah―misalnya sambil berkemah. Selain seru, kecerdasan anak pun bisa meningkat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar