Sukses

Dapatkan Jantung Sehat dengan 5 Olahraga Ini

Di akhir pekan lakukan berbagai pilihan olahraga yang bisa menyehatkan jantung berikut ini. Siapa tahu, akan menjadi olahraga favorit Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa akhir pekan sudah di depan mata. Setelah disibukkan dengan setumpuk pekerjaan di kantor, Anda dapat mengisi hari libur dengan melakukan kegiatan positif seperti olahraga untuk mendapatkan jantung sehat.

Selain menyehatkan tubuh, olahraga bisa mengisi ulang kembali tenaga dan energi positif yang terkuras di hari kerja. Daripada jalan-jalan terus ke mal, yuk ganti kegiatan akhir pekan Anda dengan lima olahraga yang bisa menyehatkan jantung berikut ini.

  1. Tai chi

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Jack Ma? Pengusaha e-commerce Alibaba yang fenomenal itu masih terlihat bugar meski usianya terbilang tidak muda lagi. Di balik kebugarannya itu, rupanya Jack Ma sering berolahraga tai chi.

Meski memiliki teknik gerakan yang halus, seni bela diri asal Negeri Tirai Bambu ini bisa menguatkan otot, menciptakan fleksibiltas dan kesimbangan tubuh. Tak hanya itu, tai chi juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Dilansir dari TIME, peneliti dari Brown University’s Warren Alpert School of Medicine & Public Health, Elena Salmoriago-Blotcher, melaporkan tai chi sangat baik untuk dijadikan aktivitas pemeliharaan jantung. Selain itu, tai chi juga sangat cocok dilakukan oleh bila Anda malas melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

  1. Joging

“Olahraga yang disarankan untuk kesehatan jantung adalah jenis olahraga aerobik karena dapat membantu meningkatkan energi dan stamina, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, serta membantu membakar kalori untuk mempertahankan berat badan” dr. Sepriani Timurtini Limbong memaparkan.

Aeorobik, termasuk joging, merupakan olahraga ritmik yang cocok dilakukan bila Anda ingin memelihara kesehatan jantung. Sedangkan, olahraga permainan seperti sepak bola, futsal, tennis, dan sejenisnya, kurang dianjurkan karena tidak bersifat ritmik.

American Heart Association (AHA) menganjurkan Anda untuk melakukan kegiatan ini sebanyak 5 kali seminggu dalam durasi 30 menit setiap sesinya, atau total 150 menit. Jika Anda merasa berat melakukannya secara sekaligus, pecahlah 30 menit itu pada pagi, siang, dan sore hari (masing-masing 10 menit).

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Bersepeda

Sama halnya dengan joging, bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga ritmik yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Dikutip dari situs Harvard Medical School, bersepeda dapat membuat jantung terpompa lebih baik, khususnya pada lansia.

Tak hanya itu, bersepeda pun bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, sekaligus memperkuat otot pinggul dan kaki. Bagi lansia, cukup lakukan olahraga bersepeda selama 75 menit, dan lakukan secara rutin dalam satu minggu.

Jangan lupa ajak teman-teman atau anggota keluarga Anda untuk bersepeda bersama agar kegiatan yang menyehatkan ini akan terasa semakin menyenangkan.

  1. Yoga

Menurut dr. Mala Cunningham, pendiri program Cardiac Medical Yoga, olahraga yoga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kapasitas paru, memperbaiki fungsi pernapasan, denyut jantung, sirkulasi, serta meningkatkan tonus otot.

Berlatihlah yoga rutin selama dua kali seminggu. Lakukan hingga delapan minggu berturut-turut, Anda bisa menurunkan risiko terjadinya kelainan irama jantung atau atrial fibrilasi.

Sebagai informasi, Ada 4 gerakan yoga yang direkomendasikan untuk memelihara kesehatan jantung, antara lain:

  • Padangusthasana (big toe pose)

Bermanfaat untuk menguatkan paha, menenangkan otak, mengurangi kecemasan, dan baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

  • Janu sirsasana

Bermanfaat untuk meregangkan, mengurangi kecemasan pada pengidap sakit jantung, mengurangi sakit kepala, hingga insomnia.

  • Supta padangusthasana (reclining big toe pose)

Bermanfaat untuk meredakan sakit punggung serta linu di panggul.

  • Setu bandha sarvangasana (bridge pose)

Bermanfaat untuk meregangkan dada, leher, tulang belakang, mengurangi kecemasan, sakit punggung, hingga insomnia.

  1. Jalan kaki

Bila Anda menginginkan olahraga yang ringan tetapi memiliki segudang manfaat, jalan kaki adalah jawabannya. Dilansir dari Better Health, berjalan kaki mampu membantu Anda dalam menjaga kestabilan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Selain itu, jalan kaki pun bisa memperkuat struktur tulang, mencegah terjadinya osteoporosis dan osteoartritis, sekaligus mengurangi tekanan darah yang terlampau tinggi.

Demikian rekomendasi olahraga sederhana yang bisa Anda jadikan alternatif untuk mengisi akhir pekan. Jangan lupa minum air yang cukup agar tetap terhidrasi. Menyambut Hari Jantung Sedunia, sayangi jantung Anda dengan rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar