Sukses

6 Cara agar Kulit Tetap Sehat Meski Gemar Traveling

Gemar traveling namun ingin kondisi kulit tetap sehat dan terjaga? Ini tips yang wajib Anda terapkan dengan saksama.

Klikdokter.com, Jakarta Berwisata alias traveling adalah salah satu cara seseorang untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Tak heran, sebagian orang menjadikan traveling sebagai agenda rutin tahunan. Apakah Anda salah satu yang juga demikian?

Tidak dimungkiri, traveling memang terbukti efektif untuk melepaskan diri dari hiruk-pikuk sehari-hari. Bahkan, traveling yang dilakukan dengan baik dan benar juga bisa meningkatkan kreativitas, kecerdasan otak, serta kesehatan fisik dan mental.

Namun sayang, di balik manfaatnya yang besar, traveling juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Mulai sekadar berubah warna menjadi lebih kusam, hingga mengalami kekeringan dan membuatnya tak enak dipandang.

Untungnya, kerusakan kulit akibat traveling bisa dicegah dengan cara yang tergolong mudah dan murah. Apa saja caranya?

  1. Membersihkan kulit secara teratur

Saat traveling, kulit Anda menjadi lebih rentan terhadap paparan berbagai kotoran dan kuman penyebab penyakit. Belum lagi keringat bercucuran, yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Jadi, jika ingin kulit tetap sehat, Anda wajib membersihkan kulit secara rutin dan teratur selama traveling dan setelahnya. Selain mandi dua kali sehari, mencuci wajah juga harus dilakukan. Pastikan Anda mencuci wajah menggunakan air bersih dan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit (normal, kering, atau berminyak). Lakukan hal tersebut dua kali sehari saat Anda mandi.

  1. Gunakan tabir surya

Paparan sinar ultraviolet dari matahari berpotensi menyebabkan kekusaman dan penuaan pada kulit. Oleh karena itu, pastikan Anda mengoleskan tabir surya di seluruh bagian kulit 30 sebelum mulai beraktivitas.

Tabir surya dengan SPF 30 sudah cukup memberikan perlindungan bagi kulit, jika Anda mengunjungi destinasi traveling yang tidak terlalu terpapar matahari.

  1. Pakai pelembap

Aktivitas yang padat selama traveling dapat berujung pada kekeringan kulit. Jika sudah kering, kulit Anda akan berkeriput dan timbul garis halus. Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa untuk menggunakan pelembap secara teratur sebelum beraktivitas.

  1. Cukupi asupan air putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan berbagai organ tubuh, termasuk kulit. Bahkan, air putih memiliki peran penting dalam susunan jaringan kulit.

Mencukupi asupan air putih dalam sehari dapat membuat kulit lebih cerah dan kencang. Usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, ke mana pun Anda berpergian.

  1. Konsumsi makanan sehat

Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan, kolagen, dan vitamin E, agar kulit tampak cerah, kenyal, dan terhindar dari penuaan dini.

Antioksidan dapat diperoleh dari stroberi, kale, kubis, bayam, dan wortel. Kolagen dapat diperoleh dari ikan, kacang-kacangan, kedelai, dan daging tanpa lemak. Vitamin E dapat diperoleh dari kacang-kacangan, bayam, brokoli, dan biji bunga matahari.

  1. Waktu istirahat yang cukup

Maksimalkan waktu tidur Anda sebagai momen istirahat bagi tubuh. Lakukan tidur malam selama 7–8 jam dalam sehari.

Saat tidur, Anda memberi kesempatan pada kulit untuk melakukan proses regenerasi atau mengganti sel-sel lama dengan sel-sel baru yang lebih sehat. Dengan begitu, kulit Anda akan menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar kulit tetap sehat meski Anda gemar traveling. Pastikan Anda melakukan tips di atas dengan saksama dan konsisten, agar hasil yang dirasakan bisa benar-benar optimal.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar