HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPerlukah Cheat Day Saat Diet untuk Turunkan Berat Badan?
Diet dan Nutrisi

Perlukah Cheat Day Saat Diet untuk Turunkan Berat Badan?

dr. Sara Elise Wijono MRes, 21 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Cheat day disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang bikin diet sukses. Apa kata medis terkait cheat day saat diet?

Perlukah Cheat Day Saat Diet untuk Turunkan Berat Badan?

Cheat day merupakan suatu hari yang mengizinkan para pelaku diet untuk mengonsumsi apa saja, tanpa memikirkan segala sesuatu tentang diet. Para pelaku diet biasanya memilih akhir pekan sebagai cheat day. Bagaimana dengan Anda?

Jika Anda diet dan memiliki waktu khusus untuk cheat day, maka apa yang sedang Anda lakukan sejalan dengan para binaragawan, atlet profesional, bahkan model. Ya, ini karena cheat day dianggap dapat meringankan diet yang sedang dilakukan, termasuk oleh mereka yang punya kebutuhan berat badan khusus.

Untung dan rugi cheat day

Seperti telah disinggung sebelumnya, cheat day memiliki keuntungan jika Anda melakukannya dengan benar. Beberapa keuntungan tersebut, di antaranya: termasuk:

  • Memberikan motivasi

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang lebih memilih menjalani diet ketat dengan opsi cheat day dibandingkan dengan diet yang kurang ketat tanpa cheat day.

Saat dijalani, mereka dari kelompok cheat day melaporkan lebih termotivasi dan lebih mudah untuk taat pada pola diet yang dilakukan. Selain itu, penurunan berat badan pada kelompok menerapkan cheat day dan yang tidak ditemukan sama saja.

  • Tahan godaan

Adanya cheat day dapat membantu Anda menahan diri dari godaan untuk makan sembarangan selama hari diet. Hal ini bisa terjadi karena Anda telah mengetahui bahwa terdapat waktu untuk boleh mengonsumsi apapun saat cheat day. Hasilnya, Anda lebih mudah menjalani diet dan menolak godaan makanan.

  • Metabolisme lebih baik

Cheat day dipercaya membantu diet dengan mendorong metabolisme tubuh. Hal ini berkaitan dengan kadar hormon leptin yang dihasilkan oleh sel lemak. Leptin berfungsi menjaga keseimbangan energi dalam tubuh dengan memberikan sinyal kenyang kepada otak saat kebutuhan energi sudah dicukupi.

Pengurangan kalori akibat diet bisa menurunkan kadar hormon leptin, sehingga menyebabkan berat badan sulit turun. Selain itu, pembatasan kalori juga diketahui menurunkan kadar T3 (hormon tiroid) sehingga menurunkan laju metabolism.

Efek Negatif Cheat Day

Di balik keuntungan yang berlimpah, cheat day ternyata juga bisa mendatangkan beberapa kerugian. Apa saja?

  • Membuat ingin makan lagi dan lagi

Hari bebas makan alias cheat day berpotensi membuat Anda ingin makan lagi dan lagi, meski sebenarnya sudah merasa kenyang. Dengan kata lain, cheat day sering dijadikan sebagai ajang “balas dendam” untuk mengonsumsi sembarang makanan dengan porsi yang tidak kira-kira.

Tak sekadar itu, cheat day juga bisa menimbulkan persepsi tidak sehat mengenai makanan. Jika dilihat dari istilahnya saja, cheat mengandung makna negatif.

  • Merusak diet

Cheat day juga bisa merugikan, apalagi jika pengendalian pola makan yang Anda lakukan tidak dibarengi dengan olahraga dan penerapan gaya hidup sehat. Jika kasusnya seperti ini, cheat day justru akan membuat Anda menambah pasokan kalori atau lemak yang sebelumnya belum terbakar habis gara-gara pola diet yang salah.

  • Abstinence-violation effect

Saat menjalani cheat day, abstinence-violation effect bisa saja muncul. Ini adalah keadaan ketika Anda kehilangan kontrol untuk menahan pola makan setelah diberikan kebebasan untuk mengonsumsi apa saja.

Contoh nyata dari efek ini adalah pada perokok. Mereka bisa kembali ke kebiasaan merokok setelah berhasil berhenti akibat hanya mencoba satu batang rokok.

Jadi, perlukah cheat day saat diet? Hal ini dikembalikan lagi ke tangan Anda masing-masing. Jika Anda merasa bahwa diet yang dilakukan sudah benar-benar sesuai dan cheat day tidak akan membuat keteguhan hati untuk diet menjadi goyah, silakan terapkan. Namun, jika merasa sebaliknya, akan lebih baik bila Anda tidak menerapkan cheat day saat diet.

Jika Anda merasa bingung untuk menentukan butuh atau tidaknya cheat day pada pola diet yang sedang dijalani saat ini, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau ahli gizi.

[NB/ RVS]

Pola MakanBerat BadanDietCheat Day

Konsultasi Dokter Terkait