Sukses

Ini Dia Superfood Versi Lokal yang Layak Anda Konsumsi

Superfood identik dengan bahan makanan impor yang cenderung mahal dan sulit didapat. Tapi Indonesia juga punya superfood versi lokal, lho!

Setiap tahunnya selalu saja keluar daftar superfood baru sebagai pilihan makanan sehat. Meski demikian, sering kali superfood merupakan bahan makanan impor yang agak sulit diperoleh dan harganya pun cenderung mahal. Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa menerapkan tren superfood versi lokal yang tak kalah kandungan nutrisinya!

Beberapa contoh superfood yang telah mendunia, di antaranya salmon, blueberry, kiwi, biji chia, dan quinoa. Kebanyakan superfood memang berasal dari tumbuhan, meski ada juga yang berasal dari ikan dan produk susu.

Indonesia sebagai negara kepulauan tropis yang kaya akan berbagai sumber makanan, baik hewani maupun nabati, juga memiliki superfood lokal. Nutrisi hebat ini sudah lama dikenal sejak zaman nenek moyang dulu.

Hanya saja, jenis-jenis makanan ini lebih “santun”, dalam arti tidak dilabeli “super” seperti pada beberapa sumber makanan impor. Padahal, dari segi kepadatan nutrisi, superfood lokal ini tak kalah dengan superfood impor. Tak percaya? Berikut ulasan lengkapnya!

1 dari 5 halaman

1. Tempe

Superfood lokal yang pertama ialah tempe. Makanan yang bersumber dari kacang kedelai ini umum ditemui sehari-hari dan popularitasnya sudah mendunia. Tempe merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus atau yang dikenal dengan ragi tempe. 

Proses fermentasi ini selain menambah kaya rasa pada tempe, juga membuatnya lebih mudah dicerna.

Selain itu, senyawa isoflavon di dalam tempe dapat membantu menurunkan kolesterol jahat serta melawan radikal bebas. Superfood asli Indonesia ini juga merupakan sumber kalsium yang tak kalah baik dengan susu, sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. 

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Bayam sehingga Disebut Superfood

2. Sukun

Buah sukun merupakan sumber karbohidrat dengan serat yang baik untuk tubuh. Biasanya, sukun muda kerap dimakan sebagai hidangan sayur, sedangkan sukun yang sudah matang bisa dijadikan camilan atau karbohidrat pengganti nasi.

Entah anak muda sekarang mengetahui eksistensi buah ini atau tidak, tapi perlu diketahui bahwa sukun merupakan sumber protein nabati yang dilengkapi antioksidan, berbagai vitamin, kalsium, dan zat besi. Rasanya pun gurih dan lezat!

2 dari 5 halaman

3. Taoge

Biasa dihidangkan dalam menu pecel atau sebagai pelengkap hidangan rawon, taoge ternyata merupakan salah satu superfood lokal yang selain sehat juga lezat. 

Tak seperti sayuran lainnya yang banyak kehilangan kandungan nutrisinya saat sudah diolah menjadi sebuah hidangan, taoge dapat terus memproduksi berbagai nutrien bahkan setelah dipanen dan diolah.

Selain mengandung vitamin B dan tinggi mineral, taoge juga kaya akan berbagai enzim yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan klorofil yang tinggi pada taoge juga akan membantu detoksifikasi dan membantu regenerasi sel serta molekul-molekul dalam tubuh.

Artikel Lainnya: 7 Superfood untuk Diabetes

4. Bawang Putih

Bawang putih termasuk salah satu superfood lokal yang tinggi nutrisi. Makanan ini mengandung vitamin C, vitamin B6, serta kaya akan serat. 

Tak heran bila superfood lokal ini dapat membantu mengelola kolesterol, mengendalikan tekanan darah, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, ada juga penelitian yang berusaha mempelajari komponen sulfur pada bawang putih dalam membantu mencegah terjadinya berbagai jenis kanker.

5. Daun Brokoli

Siapa sangka brokoli juga termasuk salah satu superfood lokal? Sayuran ini tanpa kita sadari memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dibanding sayuran lainnya. 

Selain mudah didapat, daun brokoli ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan kalium. Khasiat daun brokoli ini juga dipercaya memiliki efek detoksifikasi dan pencegahan kanker.

3 dari 5 halaman

6. Daun Kelor

Daun kelor ternyata kaya akan fitonutrien, vitamin, dan dan antioksidan yang bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan mencegah inflamasi. Vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin K, vitamin B kompleks, dan beragam mineral dalam kelor dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Artikel Lainnya: Cegah Disfungsi Ereksi dengan 7 Superfood Ini

Meski lebih dikenal dapat melancarkan ASI, di sisi lain sayuran ini juga sangat berguna untuk dunia kecantikan. Jadi, memang ada banyak sekali manfaat dari superfood lokal ini. 

7. Ketan Hitam

Salah satu superfood lokal yang tak boleh Anda lewatkan adalah ketan hitam. Ya, beras hitam memiliki kandungan antioksidan antosianin enam kali lebih tinggi daripada beras cokelat atau putih. Antosianin yang dikandungnya mendekati blueberry. Selain menurunkan kadar gula darah, antosianin juga baik untuk kesehatan jantung.

8. Manggis

Di dalam buah manggis terdapat kandungan xanthone. Xanthone ini merupakan obat yang efektif untuk memerangi berbagai penyakit kardiovaskular, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, serta kerusakan fisik dan mental.

4 dari 5 halaman

9. Selada Air

Sayuran berdaun ini kaya akan senyawa glukosinolat yang dapat menghambat kanker payudara, usus besar, paru-paru, dan prostat. Selain itu, selada air ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A dan K, di mana membantu kesehatan mata dan menyehatkan sistem pembuluh darah. 

10. Salak

Jenis buah yang kaya akan kalsium, flavonoid, vitamin C, saponin, dan tanin ini tak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Ingin mengikuti tren pola makan sehat dengan konsumsi superfood tak harus mahal dan susah mencarinya. Superfood lokal yang disebutkan di atas bisa Anda cari di swalayan atau membelinya online.

Superfood lokal bisa Anda andalkan untuk meraih kesehatan tubuh maksimal. Supaya manfaatnya lebih optimal, jangan lupa untuk menggabungkannya dengan olahraga secara rutin, ya!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar