Sukses

Ini Dia 4 Superfood Versi Lokal yang Layak Anda Konsumsi!

Superfood identik dengan bahan makanan impor yang cenderung mahal dan sulit didapat. Tapi Indonesia juga punya superfood versi lokal, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Setiap tahunnya selalu saja keluar daftar superfood baru sebagai pilihan makanan sehat. Meski demikian, sering kali superfood merupakan bahan makanan impor yang agak sulit diperoleh dan harganya pun cenderung mahal. Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa menerapkan tren superfood versi lokal yang tak kalah kandungan nutrisinya!

Ada beberapa makanan tertentu yang dianggap super, yang makan nutrisi tiap porsinya dapat menyokong kesehatan tubuh dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan makanan “biasa”. Beberapa contoh superfood yang telah mendunia di antaranya adalah ikan salmon, blueberry, kiwi, biji chia, dan quinoa. Kebanyakan superfood memang berasal dari tumbuhan, meski ada juga yang berasal dari ikan dan produk susu.

Pilihan superfood dengan kearifan lokal

Indonesia sebagai negara kepulauan tropis yang kaya akan berbagai sumber makanan, baik hewani maupun nabati, juga memiliki superfood versi lokal. Nutrisi hebat ini sudah lama dikenal sejak zaman nenek moyang dulu.

Hanya saja, jenis-jenis makanan ini lebih “santun”, dalam arti tidak dilabeli “super” seperti pada beberapa sumber makanan impor. Padahal, dari segi kepadatan nutrisi, superfood versi lokal ini tak kalah dengan superfood impor. Tak percaya? Berikut di bawah ini adalah ulasannya!

1 dari 5 halaman

1. Tempe

Siapa tak kenal tempe? Makanan yang bersumber dari kacang kedelai ini umum ditemui sehari-hari dan popularitasnya sudah mendunia. Tempe merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus atau yang dikenal dengan ragi tempe. Proses fermentasi ini selain menambah kaya rasa pada tempe, juga membuat nutrisi dalam kacang kedelai sebagai bahan tempe lebih mudah dicerna.

Selain merupakan sumber protein nabati yang sehat, tempe juga memiliki banyak manfaat bagi berbagai fungsi tubuh manusia. Kandungan isoflavon di dalam tempe terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga melawan radikal bebas.

Tempe juga merupakan sumber kalsium yang tak kalah baiknya dengan susu, sehingga tempe dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

2 dari 5 halaman

2. Sukun

Buah sukun merupakan sumber karbohidrat dengan serat yang baik untuk tubuh. Biasanya, sukun muda kerap dimakan sebagai hidangan sayur, sedangkan sukun yang sudah matang bisa dijadikan camilan atau karbohidrat pengganti nasi.

Entah anak muda sekarang mengetahui eksistensi buah ini atau tidak, tapi perlu diketahui bahwa sukun merupakan sumber protein nabati yang dilengkapi antioksidan, berbagai vitamin, kalsium, dan zat besi. Rasanya pun gurih dan lezat!

3 dari 5 halaman

3. Taoge

Biasa dihidangkan dalam menu pecel atau sebagai pelengkap hidangan rawon, taoge ternyata merupakan salah satu superfood lokal yang selain sehat juga lezat. Tak seperti sayuran lainnya yang banyak kehilangan kandungan nutrisinya saat sudah diolah menjadi sebuah hidangan, taoge dapat terus memproduksi berbagai nutrien bahkan setelah dipanen dan diolah.

Selain mengandung vitamin B dan tinggi mineral, taoge juga kaya akan berbagai enzim yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan klorofil yang tinggi pada taoge juga akan membantu detoksifikasi dan membantu regenerasi sel serta molekul-molekul dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

4. Bawang putih

Meski kerap digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan di Indonesia, bawang putih sudah terkenal di berbagai belahan dunia sebagai salah satu superfood kaya manfaat dan nutrisi. Banyak negara mengolah bawang putih untuk dijadikan manisan, acar, bahkan dimakan langsung demi mendapatkan manfaat maksimal dari bahan makanan ini.

Bawang putih merupakan sumber mangan, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik serta kaya akan serat. Superfood ini juga terbukti efektif untuk membantu mengatasi kolesterol dan mengontrol tekanan darah, sekaligus menyokong fungsi sistem imun tubuh. Bahkan, ada juga penelitian yang berusaha mempelajari komponen sulfur dalam bawang putih dalam membantu mencegah terjadinya berbagai jenis kanker.

Ingin mengikuti tren pola makan sehat dengan konsumsi superfood tak harus mahal dan susah mencarinya. Superfood versi lokal yang disebutkan di atas bisa Anda cari di swalayan atau beli online dari toko yang menjual makanan impor. Superfood lokal bisa Anda andalkan untuk meraih kesehatan tubuh maksimal. Supaya manfaatnya lebih optimal, jangan lupa untuk menggabungkannya dengan olahraga secara rutin, ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar