Sukses

Rutin Minum Susu Bisa Cegah Alzheimer

Minum susu bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, ternyata rutin minum susu bisa cegah Alzheimer!

Klikdokter.com, Jakarta Minum susu diketahui bisa membawa berbagai manfaat bagi tubuh untuk segala usia. Mulai dari menjaga kesehatan tulang, baik untuk jantung, hingga bisa melindungi peminumnya dari beberapa jenis kanker. Tak hanya itu, hasil studi menemukan bahwa rutin minum susu juga bisa mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Alzheimer merupakan sebuah kumpulan gejala akibat kematian sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer identik sebagai penyakit yang menyerang kelompok lansia. Namun, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah sedini mungkin!

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, risiko seseorang mengidap Alzheimer akan meningkat seiring bertambahnya usia. Umumnya, seseorang dapat terkena Alzheimer mulai usia 60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki riwayat keluarga dengan Alzheimer, misal orang tua, juga memiliki risiko serupa.

Manfaat susu untuk kesehatan otak dan cegah Alzheimer

Dari kacamata medis dan berbagai hasil studi, ada banyak cara untuk mencegah terjadinya Alzheimer di masa tua nanti. Nah, menurut sebuah studi, ada temuan yang menunjukkan bahwa rutin minum susu, yaitu 3 gelas sehari, dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Dilansir dari Telegraph, studi yang dipublikasikan di “The American Journal of Clinical Nutrition” tersebut menyebut bahwa susu mengandung antioksidan alami yang melindungi otak dari kerusakan. Para peneliti menemukan korelasi antara konsumsi susu dan tingkat yang lebih tinggi dari antioksidan yang disebut glutathione. Antioksidan diyakini membantu mencegah stres oksidatif dan kerusakan yang disebabkan oleh senyawa kimia reaktif.

Senyawa tersebut dihasilkan selama proses metabolisme normal di otak. Sementara itu, diketahui bahwa stres oksidatif terkait dengan penyakit dan kondisi termasuk Alzheimer, Parkinson, dan banyak kondisi lainnya.

Profesor ahli diet dan nutrisi Debra Sullivan dari University of Kansas Medical Center, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa timnya sudah mengira bahwa susu tak hanya penting bagi tulang dan otak, tapi juga memberikan manfaat yang signifikan pada otak.

Studi ini melibatkan 60 partisipan guna mempelajari tingkat glutathione dalam tubuh. Mereka yang baru saja minum susu ditemukan memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi. Hasil penemuan ini dipercaya relevan karena sifat pelindung dari glutathione yang mencegah kerusakan pada otak. Menurut Prof. Debra, kerusakan tersebut bisa saja mengerak dan merusak otak dalam waktu yang lama. Jika dibiarkan, penumpukan  itu meningkat dan dapat merusak otak.

Cegah Alzheimer dengan rutin minum susu!

Semakin rutin Anda minum susu, maka semakin tinggi pula tingkat glutathione yang didapat. In-Young Choi, salah satu peneliti studi ini, mengatakan jika seseorang menyeimbangkan konsumsi susu secara rutin dengan diet sehat serta olahraga, implikasinya terhadap kesehatan otak akan lebih besar.

"Antioksidan adalah sistem pertahanan internal tubuh untuk melawan kerusakan ini, dan tingkat antioksidan di otak dapat diatur oleh berbagai faktor, seperti penyakit dan pilihan gaya hidup,” ujarnya.

Meski demikian, masih dibutuhkan studi lanjutan agar hasil yang menyebut rutin minum susu bisa cegah Azheimer menjadi lebih valid. Uji kontrol juga perlu dilakukan untuk memastikan khasiat sebenarnya dari segelas susu untuk kesehatan tubuh. Namun, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumi susu karena khasiatnya untuk kesehatan tubuh tak diragukan lagi. Kombinasikan dengan pola makan sehat, olahraga secara teratur, dan istirahat cukup agar manfaat yang didapat maksimal. Jangan lupa untuk pilih susu rendah lemak, ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar